Cara Beli Saham Online 2021 (Panduan Mulai Cepat)

Beli saham online menjadi opsi alternatif yang banyak diambil para trader di Indonesia sebab ternyata memiliki keunggulan yang tidak bisa ditemukan pada cara lainnya.

Saat ini, jika Anda tertarik menggeluti trading dalam aset saham, maka Anda tidak perlu lagi pergi menuju kantor-kantor cabang sebuah perusahaan broker untuk mendaftar dan membuat akun.

Mau tahu cara beli saham online di tahun 2021 ini secara lebih detil lagi? Silahkan terus baca artikel singkat ini untuk memulai trading saham Anda dengan cepat dan mudah!

Hal-hal Yang Perlu Diketahui Sebelum Beli Saham Online ?

Sebelum melangkah lebih lanjut mengenai panduan beli saham online, ada baiknya saya paparkan terlebih dahulu hal-hal apa sajakah yang perlu Anda ketahui sebelum anda beli saham online, sebagai berikut:

  • Silahkan pilihan perusahaan sekuritas terpercaya dan terbaik

Langkah utama yang perlu Anda lakukan sebelum membeli saham adalah memilih perusahaan broker yang sudah memiliki reputasi yang baik. Artinya Anda perlu memeriksa terlebih dahulu mengenai informasi dasar pada website resmi masing-masing, terutama terkait legalitas perusahaan dan lisensi yang diperoleh dari sebuah badan otoritas keuangan yang diakui di dunia internasional. Anda bisa melakukan riset atau membaca berbagai ulasan yang diberikan oleh para trader berpengalaman. 

Misalnya saja jika Anda memilih Mitrade sebagai broker kepercayaan Anda, maka pilihan Anda sudah tepat sebab broker asing ini sudah teregulasi secara transparan oleh Komisi Sekuritas dan Investasi Australia (ASIC) dan Cayman Islands Monetary Authority (CIMA).

Jika Anda sudah menjatuhkan pilihan kepada sebuah broker, maka silahkan buat akun saham dengan mengikuti instruksi-instruksi yang diberikan hingga Anda dapat melakukan jual beli saham dengan lancar dan mudah.

  • Silahkan luangkan waktu Anda untuk mempelajari saham

Anda perlu meluangkan waktu Anda sesaat untuk belajar mengenai dasar-dasar trading saham. Anda bisa berdiskusi dengan para trader lainnya di berbagai forum internet, atau mengikuti seminar/webinar yang diberikan oleh trader profesional.

Anda perlu juga mempelajari analisa fundamental dan analisa teknikal. Atau salah satu cara terbaik yang bisa dilakukan oleh seorang trader pemula seperti Anda adalah dengan mendapatkan akun demo yang disediakan oleh hampir seluruh perusahaan broker saham pada platform aplikasi mobile-nya. 

Di Mitrade sendiri, Anda akan memperoleh akun demo secara gratis sebesar $ 50.000 sebagai uang virtual yang bisa Anda gunakan secara mudah dan bebas untuk berlatih trading saham.

  • Pilih saham yang memiliki modal besar

Anda perlu mempertimbangkan untuk membeli saham bermodal besar atau saham big cap yang nilainya bisa mencapai ratusan triliun Rupiah. Biasanya saham tersebut akan tersedia baik pada bursa efek lokal maupun asing. Misalnya Anda bisa mempertimbangkan saham-saham yang dikeluarkan oleh perusahaan raksasa Indonesia, seperti PT Gudang Garam, PT Bank Central Asia, dll.

Di Mitrade sendiri misalnya, Anda akan memiliki akses pembelian kepada 35 saham Amerika Serikat yang paling populer, seperti Google, Amazon, Tesla, Facebook dan lain-lain. 

  • Lakukan trading saham sesuai dengan kemampuan finansial Anda

Jika Anda hanya memiliki modal yang pas-pasan, maka tak perlu memaksakan diri untuk membeli saham yang dari perusahan-perusahan besar. Anda bisa membeli saham dari sebuah perusahaan lebih kecil, namun memiliki fundamental yang baik. 

Atau apabila modal Anda kecil, maka jangan khawatir atau bersedih, sebab banyak perusahaan broker saham seperti broker Mitrade ini yang sudah menawarkan rasio leverage yang cukup tinggi bagi para trader yang memiliki modal kecil. Anda dapat melakukan trading dengan volume besar meskipun modal Anda pas-pasan.

  • Silahkan kalkulasikan PER yang rendah

Bagi pemula, alangkah bijaknya Anda mengkalkulasikan terlebih dahulu Price to Earning Ratio atau PER. PER merupakan perbandingan antara harga saham dengan keuntungan perusahaan per tahun. Anda disarankan memilih saham dengan PER rendah sebab akan memberikan keuntungan tinggi dibandingkan dengan nilai sahamnya.

  • Perhatikan baik-baik perkembangan politik dan ekonomi domestik dan luar negeri

Segala perkembangan politik dan ekonomi yang terjadi di dunia dan kawasan akan secara langsung mempengaruhi harga saham di bursa efek Indonesia dan pasar saham global pastinya. Anda perlu cermat mengamatinya sebelum memutuskan untuk membeli sebuah saham, demi menghindarkan peluang risiko kerugian yang lebih besar di kemudian hari. 

Ada Dua Cara Beli Saham Online Bagi Investor

Jika Anda seorang trader atau investor dan merasa bingung dengan cara bagaimana membeli saham, maka di bagian ini saya akan menjelaskan secara singkat dua cara utama membeli saham via online.

Namun yang perlu Anda ketahui, langkah pertama yang harus diambil sebelum membeli saham secara online ini adalah dengan memilih sebuah broker saham terpercaya dan terbaik,  dimana di sana Anda dapat melakukan registrasi dan membuat akun. Anda hanya mengikuti sejumlah instruksi yang diberikan dari proses registrasi hingga verifikasi dan penyetoran dana sebagai deposit awal untuk akun baru Anda.

Berikut ini merupakan dua cara membeli saham online bagi trader dan investor seperti Anda:

1) Beli saham online melalui bursa saham Indonesia

Salah satu cara membeli saham adalah dengan membelinya di bursa saham Indonesia. Namun dalam hal ini, Anda tidak diperbolehkan secara langsung membeli di bursa itu, tapi harus melalui sebuah perusahaan sekuritas sebagai perantara. Kalian bisa memilih salah satu dari puluhan perusahaan sekuritas nasional yang sudah terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Untuk lebih jelasnya, silahkan simak langkah-langkah membeli saham di bursa saham Indonesia via perusahaan sekuritas berikut ini:

  • Silahkan lakukan pendaftaran dan membuat akun

Setelah Anda menjatuhkan pilihan pada sebuah perusahaan sekuritas terpercaya, maka Anda dapat mendatangi kantor cabang dari perusahaan tersebut untuk melakukan pendaftaran. Untuk pembukaan rekening saham bisa dilakukan secara online lewat website atau aplikasi.

Biasanya, beberapa berkas lain juga diperlukan sebagai syarat pembukaan rekening efek, antara lain:

Foto Copy KTP (Kartu Tanda Penduduk)

Foto Copy NPWP (Nomor Peserta Wajib Pajak)

Foto Copy Buku Tabungan

Jika Anda ingin tahu perusahan sekuritas mana sajakah yang direkomendasikan di Indonesia di tahun 2021, silahkan Baca juga: 10 sekuritas terbaik di indonesia

  • Mengunduh aplikasi trading yang disediakan oleh broker saham.

Ini merupakan metode yang mudah dan murah (terjangkau) untuk pembukaan akun saham online dalam waktu beberapa menit, mengingat proses pembukaan rekening di bursa efek terbilang cukup repot.

  • Silahkan setorkan sejumlah uang sebagai modal deposit Anda

Apabila kalian sudah membuat akun saham, mata otomatis Anda akan terdaftar pada sistem yang bernama JATS atau  Jakarta Automated Trading System (Sistem Trading Otomatis Jakarta). Setelah itu, Anda perlu menyetorkan sejumlah dana ke sebuah rekening bernama Rekening Dana Nasabah/RDN. Anda bisa menanyakan nomor rekening RDN kepada broker saham yang telah dipilih. Nah, biasanya besaran setoran dana akan bergantung kepada  kebijakan setiap broker saham yang dipilih.

Di Indonesia, biasanya calon investor akan dikenakan kewajiban penyetoran dana minimal 5 juta rupiah, tapi ada juga broker yang mewajibkan penyetoran lebih kecil dari itu. Anda perlu menanyakan terlebih dahulu seputar besaran setoran kepada broker pilihan Anda. Jika sudah melakukan penyetoran, maka Anda sudah bisa melakukan jual beli saham dengan perantara perusahaan sekuritas tersebut.

  • Memilih saham yang menurut Anda baik dan menguntungkan

Langkah berikutnya adalah memilih saham mana sajakah yang akan menguntungkan nantinya. Disini Anda perlu untuk melakukan analisa fundamental mengenai perusahaan-perusahaan yang sahamnya akan Anda beli, misalnya saja apakah sejauh ini perusahan sudah tumbuh dengan baik, maupun dinyatakan sehat dari hal putaran finansial, apakah perusahaan ini menghasilkan profit yang terus bertambah setiap waktunya.

Selain itu, Anda perlu menentukan waktu yang paling tepat untuk membeli saham dengan mempertimbangkan grafik fluktuasi harga saham di pasar modal.  Hal ini akan mendorong Anda untuk memutuskan apakah membeli saham sekarang atau nanti saja.

  • Mulailah beli saham online

Langkah terakhir adalah membeli saham dari perusahaan yang Anda nilai akan menguntungkan di masa depan setelah melakukan hal-hal di atas.

Beberapa Kekurangan Jual Beli Saham Aktual

Banyak orang memilih melakukan tansaksi jual-beli saham lewat bursa saham Indonesia karena dari segi keamanan sudah terjamin. Akan tetapi, di samping keunggulan tersebut, ada juga kekurangan menjual dan membeli saham di bursa efek, di antaranya:    

  ● Jual beli saham membutuhkan banyak modal

Salah satu kekurangan membeli saham aktual di bursa efek Indonesia adalah Anda perlu mengeluarkan jumlah uang yang tidak kecil. Anda mungkin sudah tahu bahwa minimal pembelian saham adalah sebesar 1 lot yang terdiri dari 100 lembar saham.

Nah, biasanya di Indonesia, saham yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan ke publik atau dikenal dengan istilah Initial Public Offering ini dihargai antara 100 rupiah sampai 300 rupiah. Jadi misalnya jika Anda ingin membeli 100 saham, maka Anda perlu punya modal 30.000 rupiah jika harga per lembar sahamnya 300 rupiah.

Tapi jumlah ini biasanya tidak disarankan sebab profitnya nanti tidak akan besar. Karena itulah Anda akan disarankan untuk membeli 10.000 lembar saham, sehingga modal yang diperlukan adalah Rp 3.000.000.

  ● Likuiditas dan kondisi perdagangan yang dibatasi.

Pembelian saham yang riil memang sangat menarik dan menggiurkan sebab akan memberikan keuntungan keuangan yang cepat. Namun ternyata trading saham juga akan mengalami pembatasan, terutama terhadap saham-saham yang memiliki likuiditas tinggi.

Akan ada limit pembelian sebuah saham oleh perusahaan  karena jumlah lot yang ditawarkan ini ditentukan oleh perusahaan penerbit. Di Indonesia sendiri, sekarang ini jumlah pembelian saham akan dibatasi hingga 100 juta rupiah. 

  ● Biaya transaksi tinggi.

Salah satu kekurangan yang layak dipertimbangkan saat Anda membeli saham riil adalah adanya pembebanan komisi, pajak, idx levy, dll. Hal ini tentu saja akan  menjadi beban terutama bagi para trader yang sering melakukan trading, karena setiap kali mereka trading, maka mereka diwajibkan membayar biaya-biaya tersebut. Jika mereka modal banyak, mungkin tidak menjadi masalah, tapi bagaimana dengan trader yang hanya punya uang pas-pasan saja?

Perhatikan contoh disini dengan baik!

Saya membeli saham dari sebuah perusahaan A, dimana harga per lembar sahamnya adalah 1000 rupiah. Minimal pembelian saham adalah 1 lot yang berisi 100 lembar. Saya membeli 1 lot, berarti saya harus membeli 100 lembar saham. Sekarang bagaimanakah perhitungannya?

KeteranganPerhitunganNilai Uang
Transaksi beli1000 rupiah x 100 lembar100.000 rupiah
Bianya TransaksiKomisi broker 0,1%, pajak PPN 0,03%, idx levy 0,03%,0,1% x 100.000= 10.000 0,03% x 100.000 = 3000 0,03%x 100.000 =  3000
Total dana yang diperlukan   116.000 rupiah

Transaksi hanya satu arah.

Seperti Anda ketahui, transaksi yang terjadi pada pasar saham biasanya adalah transaksi satu arah, dimana Anda mula-mula membeli saham dan kemudian menjualnya sesudah menunggu beberapa waktu kemudian. Dikarenakan mengandung transaksi hanya satu arah, maka anda tidak boleh melakukan short atau melakukan sell saham Anda sebab keuntungan di pasar saham hanya dapat dipetik saat harga bergerak naik saja. Jadi selisih antara harga beli dan harga jual inilah yang menjadi keuntungan Anda.

  ● Ada banyak aturan dan prosedur yang harus diikuti.

Selain membuka rekening saham dimana Anda perlu mengisi beberapa formulir yang dibutuhkan, itu juga membutuhkan waktu dalam pemrosesan order dan penarikan dana. Misalnya saja proses jual beli saham di bursa efek di Indonesia selama ini bisa memakan waktu 3 hari kerja. Jika Anda menjual saham, maka akan membutuhkan waktu 2 hari. Contohnya jika Anda menjual saham hari Senin, maka dana akan masuk ke rekening dan bisa ditarik pada hari Rabu. 

  ● Waktu transaksi dibatasi hingga  8 jam selama 5 hari kerja

Akibat dibatasi waktu transaksi setiap hari selama 8 jam dan 5 hari kerja saja, maka banyak trader yang juga disibukkan dengan pekerjaan utama mereka sehingga mereka tidak punya waktu lagi melihat informasi transaksi pada jam-jam tersebut. Selain itu, karena sangat dibatasi waktu transaksinya, maka banyak trader yang akan kehilangan peluang jual beli yang menguntungkan secara tepat waktu.

Proses pembukaan akun agak repot 

Ini mungkin menjadi salah satu kendala terbesar bagi para calon trader saat ingin membuka sebuah akun saham. Biasanya perusahaan sekuritas di Indonesia mengharuskan mereka untuk menyediakan sejumlah dokumen seperti Identitas diri atau Kartu Tanda Penduduk, data usaha atau pekerjaan Anda, data ahli waris, dan bahkan buku rekening tabungan Anda.

2) Trading saham derivatif dengan broker CFD

Cara beli saham online dengan broker CFD

Selain membeli saham online di bursa saham Indonesia, Anda bisa juga melakukan derivatif saham dengan broker trading CFD (Contract for Difference). Lalu apa itu derivatif saham?

Dalam dunia finansial, derivatif saham ini mengacu kepada sebuah kontrak perjanjian keuangan antara dua pihak atau lebih untuk melakukan pembelian atau penjualan pada sebuah aset atau komoditas (dalam hal ini saham) pada waktu dan harga yang sudah disepakati bersama.

Dalam hal ini, anda perlu mempertimbangkan saham derivatif sebab memiliki sejumlah keunggulan yang akan dijelaskan sebagai berikut:

Transaksi dua arah

Anda akan memiliki kesempatan untuk melakukan transaksi dua arah, dimana Anda dapat melakukan buy, lalu ditutup dengan melakukan jual saham derivatif. Atau sebaliknya, Anda dapat menjual saham, lalu kemudian ditutup dengan cara membelinya.

Tanpa biaya transaksi saham dan pajak

Salah satu keunggulan lainnya adalah Anda tidak perlu membayar berbagai biaya-biaya transaksi. Anda juga tidak perlu membayar pajak seperti pajak PPN  (Pajak Pertambahan Nilai) dll. Biaya yang dikenakan hanya spread yang dibebankan broker CFD kepada Anda yang sangat terjangkau. Anda bisa lihat spread yang dikenakan oleh broker asing seperti Mitrade sangatlah kecil.

Waktu transaksi lebih lama yaitu 5 hari dan 24 jam

Dengan saham derivatif, maka Anda akan memiliki waktu transaksi yang lebih lama yaitu 24 jam dari hari Senin hingga hari Jumat. Berbeda dengan saham sungguhan, maka transaksi di bursa efek, akan dibatasi hanya 8 jam saja per harinya.

Akses ke pasar keuangan yang lebih besar

Anda akan memiliki akses lebih luas lagi ke pasar modal global yang banyak menyediakan saham-saham menguntungkan. Misalnya saja jika anda memilih broker saham CFD terpercaya seperti Mitrade, maka Anda akan memiliki peluang besar untuk melakukan transaksi jual beli saham-saham asing (Amerika Serikat) yang sangat populer itu, seperti Facebook, Google, Apple, dll.

Dapat memulai trading dengan cepat dan mudah

Anda hanya perlu mempersiapkan KTP dan rekening bank, maka segala proses dari proses registrasi hingga verifikasi dapat diselesaikan secara online dalam beberapa menit, tidak lebih dari 5 menit saja. Anda dapat menyetor uang sebagai deposit awal dengan modal yang kecil dan memulai trading saham.

Dapat Menggunakan leverage dan margin untuk berdagang

Pada derivatif saham ini, maka Anda akan memiliki kesempatan untuk menggunakan fasilitas leverage dan margin. Dengan fasilitas ini, maka Anda tidak perlu memiliki modal yang besar untuk melakukan trading dengan volume yang lebih besar. Keuntungan yang diperoleh pun akan sama. Jadi intinya, trading pada derivatif saham ini sangat cocok bagi para trader yang memiliki modal yang pas-pasan. 

Agar investor memahami peran leverage, penulis membandingkan perdagangan dengan leverage dan perdagangan dengan leverage pada tabel berikut:

PerbedaanTrading Tanpa LeverageTrading Dengan Leverage
Leverage01:20
Harga pembukaan100.000100.000
Harga penutup110.000110.000
Lot transaksi                        1 lot1 lot
Dana yang diperlukan         100.0005.000
Komisi dan pajakAdaTidak Ada
Keuntungan10.00010.000
ROI 10% 50%

Kekurangan trading pada saham derivatif:

Tentunya trading pada jenis saham ini, tidak akan terlepas dari sejumlah kekurangan yang melingkupinya. Berikut ini adalah beberapa kekurangannya:

  ● Investor sebenarnya tidak memiliki saham

Jika membeli jenis saham ini, maka Anda tidak benar-benar memiliki sahamnya secara sungguhan. Anda juga tidak akan dianggap sebagai salah satu dari pemilik saham perusahaan. Anda hanya mendapatkan keuntungan dari naik turunnya atau fluktuasi harga saja. 

  ● Perdagangan dengan leverage melibatkan risiko tinggi.

Leverage ini ibarat pedang bermata dua. Meskipun leverage dapat meningkatkan keuntungan, tetapi juga dapat memperbesar kerugian trading Anda. Karena itulah Anda perlu mengelola trading Anda sebijak mungkin. Misalnya saja disarankan Anda untuk menggunakan  berbagai alat manajemen risiko di platform aplikasi trading, seperti stop loss, trailing stop loss, dan perlindungan saldo negatif untuk melindungi modal.

  ● Investor harus memilih pialang dengan hati-hati.

Banyak dari broker, baik lokal maupun asing yang beroperasi secara online tidak memiliki lisensi dan regulasi yang jelas dan transparan. Hal ini akan sangat membahayakan uang dan data-data pribadi di akun Anda. Karena itulah untuk mengantisipasi hal ini, maka silahkan pilih badan otoritas regulator keuangan dunia yang sangat ketat dan sudah memiliki reputasi internasional yang baik seperti Financial Conduct Authority/FCA di Inggris dan  Australian Securities and Investments Commissions/ASIC di Australia.

Perbedaan antara perdagangan saham di bursa saham dan broker CFD

PerbedaanBeli saham di bursaBeli saham dengan broker CFD                  
Hak sahamadatidak ada
Saham ASBeli saham di bursa efek duniaBeli saham dengan broker CFD
Leveragetidak adaada
Likuiditasmediumtinggi
Risikotinggitinggi
Modal yang diperlukantinggirendah
Komisiadatidak ada
Kena PajakYatidak ada
Metode tradingbeli rendah jual tinggitransaksi dua arah

Ringkasan

Sekarang Anda sudah mengetahui dua cara beli saham online. Anda dapat memilih cara yang sesuai dengan gaya investasi Anda.

Misalnya saja jika Anda  tidak  memiliki banyak modal tetapi ingin ekspektasi keuntungan yang lumayan dengan periode jangka pendek, maka Anda  disarankan untuk melakukan trading pada saham derivatif. Namun sebaliknya, jika Anda memiliki modal yang banyak, dan menyukai investasi pada periode jangka panjang, maka Anda bisa membeli saham sungguhan.

Memilih Pialang Saham Yang Terpercaya Dan Terbaik

Jika Anda berminat berinvestasi pada saham, maka ada banyak perusahaan pialang atau broker secara online yang menawarkan segala keunggulan dan kemudahan. Anda perlu melakukan riset terlebih dahulu sebelum menjatuhkan pilihan terhadap satu perusahaan pialang terpercaya, sebab investasi saham mengandung risiko yang tidak kecil.

Untuk inilah, saya akan rekomendasikan Mitrade sebagai broker saham pilihan Anda yang terpercaya. Broker Mitrade termasuk salah satu broker yang paling direkomendasikan di tahun 2021 bagi para trader dan investor saham di Indonesia.

Baca Juga: 5 Broker Saham Online Terbaik di Indonesia 2021

Lalu kenapa saya sarankan Mitrade sebagai suatu broker yang tepat untuk Anda?

Di Mitrade ini terdapat lebih dari 30 saham populer AS yang diperdagangkan dengan komisi 0. Pada saat yang sama, Anda hanya perlu melakukan setoran dan dengan minimal deposit $50.

Selain itu, Anda juga akan ditawarkan opsi memilih akun demo sebesar $ 50.000 sebagai uang virtual untuk simulasi perdagangan tanpa risiko. Anda hanya cukup mendaftar untuk akun demo, dan silahkan manfaatkan alat-alat pembelajaran yang berguna untuk mempertajam pengetahuan dan keahlian Anda dalam trading sebelum membuat akun live dengan uang riil.

Selain itu, Mitrade ini dapat dikatakan sangat cocok untuk para trader pemula untuk memulai trading. Ada beberapa konten dan artikel mengenai edukasi trading pada website-nya yang dipandu oleh para trader profesional dan berpengalaman. Anda juga dapat mengunduh platform aplikasi mobile Mitrade yang didesain sangat simpel dan sederhana sehingga mudah digunakan oleh para investor pemula.

Lalu pertanyaan utama sekarang, apakah trading di Mitrade itu aman?

Sebelum memulai trading melalui sebuah broker internasional, mungkin pertanyaan yang sering muncul adalah seputar legalitas broker itu sendiri, apakah broker tersebut menjamin keamanan terhadap dana dan data-data pribadi para pelanggannya?

Saya tegaskan bahwa Mitrade ini merupakan broker yang legal, bukan scam, tidak menipu dan bukan abal-abal. Pendapat saya bertumpu kepada adanya fakta bahwa Mitrade diketahui sudah memiliki lisensi broker internasional yang lengkap yaitu dari pemerintah Australia: Komisi Sekuritas dan Investasi Australia (ASIC) yang telah menyetujui pemberian Lisensi Layanan Keuangan Australia (AFSL 398528).

Menurut peraturan Australia, dana klien akan disimpan dalam akun perwalian sehingga akan aman; dan lisensi yang diberikan oleh Cayman Islands Monetary Authority dengan nama Lisensi Lengkap Usaha Investasi Efek, Nomor Lisensi 1612446.

Saya sendiri secara langsung telah mengecek legalitas Mitrade pada website resmi dari dua badan otoritas regulator keuangan tersebut, dan saya mendapatkan fakta yang menarik bahwa Mitrade adalah broker trading yang sudah diatur oleh hukum secara jelas dan penuh transparan. Jadi kini Anda tidak perlu lagi merasa ragu-ragu untuk melakukan trading dan investasi dengan broker Mitrade ini.

Tips-Tips Memilih Saham yang Bagus Ketika Beli Saham Online

Sebelum menentukan pilihan atas sebuah saham, ada baiknya Anda perhatikan dahulu tips-tips memilih saham yang bagus dan tepat supaya Anda tidak menyesal nantinya, sebagai berikut:

  • Perhatikan terlebih dahulu jenis-jenis indeks

Sebelum memilih saham, Anda perlu melihat pergerakan indeks secara komplit di sebuah pasar modal. Dengan melihat hal ini, maka Anda bisa mengetahui tren performa saham-saham tersebut, apakah mengalami penurunan atau kenaikan harganya.

  • Silahkan lakukan terlebih dahulu analisa fundamental

Anda perlu melakukan analisa fundamental terhadap performa suatu perusahaan secara keseluruhan yang sahamnya akan Anda beli, termasuk dari segi finansial dan prospek perusahaan di masa depan. Dengan jenis analisa ini, Anda bisa mencari tahu seputar pendapatan dan profit, nilai buku hingga perbandingan laba atau Price Earning Ratio.

  • Silahkan lakukan analisa teknikal

Anda juga disarankan untuk menggunakan jenis analisa ini. Dengan analisa ini, Anda akan mencari tahu mengenai data historis seputar perubahan harga saham, volume trading, dan indikator pada market lainnya.

  • Harap meng-update informasi setiap waktu

Anda juga perlu tetap meng-update informasi seputar perusahaan yang sahamnya Anda beli atau perusahan lainnya di bidang yang sama. Anda juga perlu meng-update informasi seputar berbagai perkembangan politik, ekonomi dan keuangan di dunia yang mempengaruhi pasar modal Indonesia. Perkembangan pada isu-isu ini akan secara langsung mempengaruhi harga saham yang Anda miliki.

Nah jika Anda  telah mengetahui bagaimana memilih sebuah broker terpercaya dan bagaimana memilih saham yang bagus, sekarang mari kita praktekkan langkah-langkah trading dengan broker Mitrade!

Langkah-langkah untuk Beli Saham Online Dengan Mitrade

1. Silahkan gunakan e-mail untuk mendaftar dan menyelesaikan penilaian risiko. Anda juga boleh menggunakan akun Google dan Facebook Anda untuk melakukan login.

2. Silahkan isi formulir pembukaan akun dengan menjawab sejumlah pertanyaan yang tersedia pada kolom. Lalu silahkan unggah dokumen identifikasi dan dokumen bukti alamat (tagihan bank atau tagihan listrik, seperti tagihan listrik, air atau telepon, berlaku dalam 6 bulan). Silahkan tunggu proses verifikasi akun dalam beberapa menit sebab Mitrade akan memeriksa data dan dokumen yang sudah  dikirimkan.

3. Silahkan lakukan penyetoran dana ke akun Mitrade Anda.  Anda dapat melakukan penyetoran dengan berbagai metode pembayaran tanpa membayar biaya deposit. Minimal deposit di Mitrade hanya $ 50 atau sekitar Rp700.0000.

4. Silahkan cari saham untuk diperdagangkan yang Anda sukai. Sekarang, di Mitrade sudah tersedia saham-saham Facebook, Google, Apple, Amazon, Adobe, Walt Disney, Microsoft, Walmart dan Alibaba, dan banyak lagi. Ada sekitar lebih dari 30 saham AS yang bisa Anda pilih untuk diperdagangkan.

5. Silahkan buka posisi beli atau jual. Jika Anda memprediksikan bahwa harga saham akan naik, Anda membuka order beli, dan sebaliknya, jika Anda memprediksikan bahwa harga saham akan turun, maka silahkan buka order jual.

6. Silahkan pantau posisi Anda dan lacak pergerakan grafik saham. Ketika harga mencapai ekspektasi Anda, silahkan lakukan penutupan order dan dapatkan keuntungan.

Sekarang juga sesudah Anda mengetahui langkah-langkah terperinci untuk membeli saham, mulailah mengunduh dan mendaftarkan akun Mitrade untuk memperdagangkan saham favorit Anda. Selamat trading bersama Mitrade dan semoga sukses ya!

Kesimpulan

Sebagai trader pemula, Anda perlu mengetahui cara beli saham online yang banyak disediakan oleh perusahaan-perusahaan sekuritas terpercaya, baik lokal maupun internasional. Anda bisa memilih salah satunya.

Namun tidak semua perusahaan itu menawarkan keunggulan yang sama. Karena itulah, Anda perlu jeli dan bijak dalam menjatuhkan pilihan pada suatu broker, terutama terkait legalitas dan lisensi operasional, pembebanan biaya transaksi dll. Jika Anda hanya memiliki modal kecil, maka saham derivatif bisa jadi opsi menarik di tahun 2021 ini supaya Anda tetap memperoleh keuntungan yang besar meskipun modal tradingnya kecil.


Bagikan Artikel

Tinggalkan Komentar

Don`t copy text!