Mudah! Cara Trading Bitcoin Dengan Modal Kecil 2021

Trading bitcoin tradisional sering kali menyulitkan bagi pemula. Sebenarnya ada cara trading Bitcoin dengan modal kecil. Di artikel ini, Anda akan mempelajari cara trading bitcoin CFD mudah dan dengan modal kecil.

Apa Itu Trading Bitcoin?

 cara trading Bitcoin dengan modal kecil

Bitcoin merupakan cryptocurrency pertama dan paling banyak ditradingkan, dibuat pada tahun 2009 oleh pihak yang tak dikenal, yang dikenal sebagai Satoshi Nakamoto. Walaupun pada awalnya, mata uang digital disambut dengan banyak keraguan dan disebut sebagai penipuan oleh institusi dan pemerintah di seluruh dunia, tapi beberapa tahun terakhir bitcoin sudah diterima sebagai pembayaran yang sah di banyak negara, termasuk Australia dan Indonesia. Kondisi ini membuat masyarakat tertarik tentang seperti apa cara trading bitcoin?

Penerimaan masyarakat terhadap mata uang kripto dalam skala besar terbukti dengan adanya lonjakan tajam penggunaan bitcoin, dimana harga Bitcoin meroket dari sekitar $400 pada Januari 2016 menjadi di atas $4.000 pada Agustus 2017, lalu melonjak drastis menjadi $9.000 pada November 2017.

Trading Bitcoin merupakan kondisi bagaimana kamu bisa berspekulasi tentang pergerakan harga bitcoin. Walaupun ini secara tradisional melibatkan pembelian bitcoin melalui pertukaran dan berharap harganya akan naik pada waktunya, trader cryptocurrency semakin menggunakan derivatif untuk berspekulasi tentang naik dan turunnya harga dengan memanfaatkan volatilitas bitcoin.

Dengan Mitrade, kamu bisa mengambil posisi pada harga bitcoin dengan derivatif finansial seperti CFD. Produk ini memungkinkan kamu memanfaatkan pergerakan harga di kedua arah tanpa mengambil kepemilikan koin yang mendasarinya – artinya kamu tak perlu bertanggung jawab atas keamanan token bitcoin apa pun.

Mengapa Banyak Orang Menyukai Trading Bitcoin CFD?

Banyak trader mencari eksposur cryptocurrency dengan broker mapan melalui CFD karena jenis opsi investasi ini punya beragam manfaat dibandingkan pembelian dan penjualan langsung cryptocurrency. Berikut ini beberapa penyebab mengapa banyak orang menyukai trading dengan bitcoin CFD.

1. Pengaturan Mudah

Trading cryptocurrency tradisional sering dikaitkan dengan masalah teknis. Orang yang tak paham teknologi terkadang akan takut dengan prosedur pembukaan wallet, proses verifikasi pada pertukaran mata uang kripto, dan nuansa terkait kripto lainnya. Berbeda dengan Bitcoin CFD, mereka cenderung memiliki pengaturan akun yang mudah, fitur trading satu klik, layanan pelanggan yang ramah, dll.

2. Leverage Trading

Akses ke peluang leverage tinggi mungkin merupakan alasan paling populer untuk mentradingkan mata uang kripto melalui CFD. Alat ini memungkinkan trading dengan lebih banyak modal daripada yang sebenarnya dimiliki trader. Artinya dengan leverage 5: 1, kamu hanya perlu $500 untuk membuka posisi senilai $2.500 dan mendapatkan profit yang cukup besar bahkan dengan pergerakan harga yang kecil.

3. Instrumen Teknis Lanjutan

Saat mentradingkan CFD untuk bitcoin dengan broker, kamu punya banyak pilihan teknologi dan instrumen manajemen risiko yang kamu inginkan, termasuk alat stop loss dan take profit. Mempertimbangkan volatilitas pasar bitcoin yang sangat tinggi, tool ini mungkin berguna dan melindungi kamu dari kerugian fatal. Pada saat yang sama, dukungan analitis yang ditawarkan oleh broker membantu membuat keputusan investasi yang tepat dan meningkatkan kinerja kamu secara keseluruhan.

4. Regulasi Yang Lebih Baik

Sebagian besar broker CFD diatur oleh CySec, FCA, ASIC (misalnya MiTrade), atau pengawas keuangan terkemuka lainnya. Ini berarti bahwa trader di perusahaan trading lebih terlindungi dari penipuan, praktik buruk, dan pencurian langsung. Selain itu, bila terjadi kebangkrutan atau keadaan buruk lainnya, trader bisa mengajukan kompensasi dan mendapatkan semua atau sebagian uang mereka.

5. Kecepatan Trading

Karena kamu tak benar-benar membeli atau menjual aset digital dengan CFD, semua transaksimu dieksekusi dalam sepersekian detik di platform trading broker. Ini memberimu fleksibilitas dan kemungkinan untuk bereaksi dengan cepat terhadap pergerakan pasar. Sementara itu, transaksi mata uang kripto di blockchain bisa memakan waktu berjam-jam bahkan berhari-hari tergantung pada koin dan kapasitas jaringan, yang berarti bahwa trader tak akan mendapatkan keuntungan dari perubahan pasar yang cepat.

Cara Trading Bitcoin Dengan Modal Kecil

Sebelum bertrading bitcoin dengan modal kecil melalui CFD, tentu sangat penting bagi kamu untuk mengetahui perbedaan antara trading bitcoin tradisional dan trading bitcoin CFD. Berbedaan ini akan membantumu memutuskan bahwa memang trading dengan Bitcoin CFD-lah yang lebih baik.

Baca Juga: 5 Aplikasi Trading Terbaik Di Indonesia 2021

Kerugian Trading dengan Bitcoin Tradisional

Walaupun bertrading Bitcoin punya beberapa keuntungan besar, ada juga kerugian tertentu. Pada penjelasan berikut, kita akan membahas kerugian utama dari trading Bitcoin tradisional.

Volatilitas yang Tinggi Berarti Resikonya Juga Tinggi

Cryptocurrency (termasuk bitcoin) bisa sangat fluktuatif. Sementara volatilitas penting bagi trader untuk menciptakan peluang trading yang menguntungkan, namun volatilitas yang sangat besar juga bisa meningkatkan risiko trading. Bila digabungkan dengan leverage, volatilitas tinggi bisa sangat berbahaya. Trader harus punya aturan manajemen risiko yang ketat untuk mengontrol kerugian mereka saat bertrading Bitcoin.

Teknik populer untuk mengontrol kerugian dan mengelola risiko di pasar yang bergejolak adalah dengan mengambil risiko hanya sebagian kecil dari akun trading kamu. Sebagai aturan praktis, jangan mengambil risiko lebih dari 2% pada setiap trading, yang memungkinkan kamu untuk tetap mampu bertahan jika pasar bergejolak.

Volatilitas Bitcoin bisa diukur dengan indikator Average True Range. Indikator ini akan menghitung volatilitas suatu instrumen dengan mengembalikan yang terbesar sebagai berikut: tinggi saat ini dikurangi terendah saat ini, tinggi saat ini dikurangi penutupan sebelumnya (nilai absolut), dan terendah saat ini dikurangi penutupan sebelumnya (nilai absolut.) Hasilnya adalah moving average dari rentang sebenarnya. Semakin tinggi volatilitas Bitcoin, semakin tinggi pembacaan ATR.

Grafik Harga Historis Pendek

Bitcoin awalnya dirilis pada Januari 2009, yang berarti bahwa data harga historis yang tersedia untuk trader cukup pendek dibandingkan dengan mata uang tradisional lain. Faktanya, menggunakan data harga sebelum tahun 2017 tak masuk akal saat mentradingkan Bitcoin, karena tahun itu menkamui awal dari kenaikan yang luar biasa dalam nilai mata uang kripto.

Agar analisis teknis berfungsi dan untuk mempertahankan level teknis yang penting, pasar harus punya sejumlah besar trader aktif yang bersedia bertindak dan mempertahankan level tersebut.

Peraturan

Dengan meningkatnya popularitas Bitcoin, tak mengherankan bila negara dan pemerintah ingin mengontrol bagaimana cryptocurrency digunakan. Karena transaksi Bitcoin bersifat anonim (tidak ada cara untuk melacak pengirim dan penerima dana, hanya alamat wallet mereka), cryptocurrency sering digunakan untuk pembelian barang dan jasa ilegal.

Status hukum Bitcoin berbeda dari satu negara ke negara lain. Beberapa negara mengizinkan penggunaan dan trading Bitcoin, sementara yang lain sudah sepenuhnya melarangnya. Ini sepenuhnya legal untuk menggunakan Bitcoin di sebagian besar negara maju, termasuk Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Eropa Barat, Australia, dan Jepang, juga di Turki, Afrika Selatan, dan sebagian besar Amerika Selatan.

China dan India punya beberapa batasan hukum atas penggunaan Bitcoin, sementara di beberapa negara cryptocurrency sepenuhnya dilarang.

Mudahnya Cara Trading Bitcoin Dengan Modal Kecil

Pelajari Apa Yang Menggerakkan Harga Bitcoin

Untuk memanfaatkan peluang pergerakan harga bitcoin, kamu harus terlebih dahulu memahami faktor-faktor yang berdampak pada harga bitcoin:

  • Pasokan Bitcoin. Pasokan bitcoin saat ini dibatasi pada 21 juta, yang diperkirakan akan habis pada tahun 2140. Pasokan yang terbatas berarti bahwa harga bitcoin bisa meningkat bila permintaan naik di tahun-tahun mendatang.
  • Pers yang buruk. Setiap berita terbaru yang menyangkut keamanan dan nilai bitcoin akan berdampak negatif pada harga pasar bitcoin secara keseluruhan
  • Integrasi. Profil publik Bitcoin bergantung pada integrasinya ke dalam sistem pembayaran baru dan kerangka kerja perbankan. Bila ini berhasil dilakukan, permintaan mungkin naik yang akan berdampak positif pada harga bitcoin.
  • Peristiwa penting. Perubahan regulasi, pelanggaran keamanan, dan pengumuman bitcoin makroekonomi semuanya bisa memengaruhi harga. Setiap kesepakatan antara pengguna tentang cara mempercepat jaringan juga bisa menyebabkan kepercayaan pada bitcoin meningkat – yang akhirnya mendorong harga naik

Pilih Gaya Dan Strategi Trading Bitcoin

1. Cara Bertrading Bitcoin Dengan Day Trading

Pada Bitcoin Day Trading berarti kamu akan membuka dan menutup posisi dalam satu hari trading, jadi kamu tak akan punya eksposur pasar bitcoin dalam semalam. Ini berarti kamu akan menghindari biaya pendanaan semalam (overnight funding) pada posisimu. Strategi ini cocok bila kamu ingin mendapat untung dari pergerakan harga bitcoin jangka pendek, dan ini bisa memungkinkan kamu untuk memanfaatkan volatilitas harian dalam harga bitcoin.

2. Cara Trading Bitcoin Dengan Trading Tren

Trading tren berarti mengambil posisi yang sesuai dengan tren saat ini. Misalnya, bila pasar dalam bullish trend, Kamu akan open pisisi buy dan bila tren bearish, kamu akan open posisi sell. Bila tren ini mulai melambat atau berbalik, Kamu akan berpikir untuk menutup posisi trading kamu dan membuka yang baru agar sesuai dengan tren yang sedang berjalan.

Dapatkan Eksposur Ke Bitcoin Dengan Derivates Bitcoin

Trading derivatif bitcoin dengan MiTrade berarti bahwa alih-alih punya bitcoin secara langsung, kamu akan berspekulasi tentang harganya dengan CFD. Efek positifnyanya, kamu akan bisa mengambil posisi pada harga bitcoin yang naik dengan ‘long’ atau turun dengan ‘go short’. Berikut manfaat lain dari trading bitcoin CFD bersama MiTrade:

  • Leverage dan margin: CFD selalu ditradingkan dengan leverage, yang berarti kamu hanya perlu menyetorkan deposit – dikenal sebagai margin – untuk mendapatkan eksposur pasar penuh
  • Likuiditas yang dalam: berkat basis klien MiTrade yang besar, pasar bitcoin MiTrade sangat likuid. Ini berarti Kamu lebih cenderung membuat order kamu dipenuhi dengan harga yang Kamu inginkan.
  • Hedging: hedging dengan derivatif bisa menjadi cara yang efektif untuk melindungi portofolio kamu dan melindungi diri dari penurunan pasar

Putuskan Apakah Akan Membeli Atau Menjual

Trading derivatif keuangan memungkinkan untuk membeli atau menjual, tergantung pada sentimen pasar saat ini. Long berarti kamu mengharapkan harga bitcoin naik, dan short berarti kamu mengharapkan harga turun.

Tetapkan Stop Dan Limit Kamu

Stop dan limit adalah alat manajemen risiko yang penting – dan kamu punya beberapa pilihan saat bertrading dengan MiTrade:

  • Normal Stop akan menutup posisi kamu pada tingkat yang ditentukan, tapi normal stop bisa menyebabkan selip bila harga pasar yang mendasarinya berubah dengan cepat.
  • Trailing stop mengikuti pergerakan pasar yang menguntungkan untuk mengunci keuntungan, sekaligus membatasi risiko penurunan. Tapi, trailing stop juga bisa terkena selip.

Buka Dan Pantau Trading Kamu

Untuk membuka trading bitcoin, kamu akan open buy bila kamu berpikir bahwa harga akan naik atau dijual bila kamu berpikir harga akan turun. Sesudah tradingmu terbuka, kamu perlu memantau pasar untuk memastikan bahwa harga bergerak sesuai dengan yang Kamu prediksi.

Indikator teknis yang tersedia di platform trading MiTrade bisa membantu kamu untuk menentukan apa yang mungkin bisa dilakukan pada pergerakan harga bitcoin selanjutnya. Indikator juga bisa membantu kamu memantau kondisi pasar saat ini seperti tingkat volatilitas atau sentimen pasar.

Tutup Posisi Kamu Untuk Mengambil Untung Atau Memotong Kerugian

Kamu bisa menutup posisi kamu kapan pun Kamu ingin mengambil untung, atau untuk memotong kerugian yang sudah mencapai tingkat yang membuatmu tak nyaman. Keuntunganmu akan dibayarkan langsung ke akun tradingmu, sementara kerugian akan dikurangkan dari saldo akun Kamu.

Cara Trading Bitcoin Dengan Mitrade

Kamu bisa trading Bitcoin CFD di Mitrade. Mitrade merupakan broker trading forex dan CFD online yang berbasis di Melbourne Australia, diatur oleh ASIC (AFSL 398528). Dengan komisi nol, MiTrade menawarkan spread kompetitif, leverage hingga 200 kali, serta eksekusi order yang cepat dan bisa diandalkan.

  • Biaya Kompetitif, Trading 24 jam
  • Komisi nol, biaya overnight rendah, dan spread kompetitif dan transparan.
  • Leverage Tinggi Setoran Rendah
  • Trading Kapan Saja di Mana Saja
  • Ukuran minimum per trading adalah serendah 0,01 lot untuk banyak pasar. Manfaatkan hingga 200:1.
  • Kamu akan menikmati trading yang mulus melalui aplikasi seluler iOS dan Android bersama dengan platform web.
  • Likuiditas yang baik, efisien dan nyaman
  • Menyediakan lebih dari 100 instrumen trading global populer.
  • Berikut ini Spesifikasi kontrak untuk Trading cryptocurrency di Mitrade:

Kesimpulan

Kamu pasti bisa mendapat untung dari cara trading bitcoin tersebut, dan kemampuan kamu untuk mencapai keuntungan akan bergantung pada kedalaman analisis pasar kamu, pengetahuan pasar kamu, dan kondisi pasar yang mendasarinya.

Alasan mengapa trading CFD mata uang kripto populer dibandingkan dengan pembelian BTC yang sebenarnya adalah karena trading CFD mata uang kripto tak memerlukan pembukaan wallet digital atau akun dengan pertukaran mata uang kripto. Investasi dan trading pada mata uang crypto seperti bitcoin menggunakan skema CFD sangat sederhana dan tidak menyulitkan. Bahkan kamu bisa menggunakan mata uang fiat seperti Dollar Amerika (USD) atau dollar Australia.

Trading bitcoin berfungsi dengan memungkinkan kamu mengambil posisi spekulatif pada pergerakan harga bitcoin dengan derivatif keuangan seperti CFD .

Ini akan memungkinkan kamu untuk mengambil posisi beli dan berspekulasi tentang kenaikan harga, serta posisi pendek dan berspekulasi tentang penurunan harga. Akurasi prediksi kamu dan ukuran pergerakan pasar akan menentukan untung atau rugi Kamu.

Trading bitcoin CFD bisa berisiko karena volatilitas di pasar. Tapi, saat kamu membuka akun dengan MiTrade, kamu akan mendapatkan akses ke semua manajemen risiko dan alat pendidikan MiTrade. Ini termasuk penggunaan platform dan sumber daya pendidikan yang tersedia di MiTrade – sehingga kamu bisa mengendalikan tradingmu.

MiTrade punya lisensi untuk menjalankan bisnis investasi dan bisnis aset digital oleh Otoritas Moneter di Australia (ASIC), jadi setiap modal di akun kamu disimpan secara terpisah ke dana MiTrade – yang berarti bahwa walaupun suatu saat MiTrade bangkrut, uang kamu tetap terlindungi.


Bagikan Artikel

Tinggalkan Komentar

Don`t copy text!