Mengenal Apa Itu Ethereum Dan Opsi Alternatif Investasi Aman dan Menguntungkan(Panduan 2021)

Sejak harga ethereum meroket beberapa waktu silam, masyarakat di Indonesia mulai banyak yang memburu jenis mata uang kripto ini dengan berbagai cara, salah satunya dengan cara mining ethereum. Mereka mulai mencari tahu apa itu ethereum dan bagaimana cara mendapatkannya secara mudah dan cepat. Mereka kini mulai mendiskusikan topik ethereum di berbagai forum dan seminar. Ya, saat ini ethereum sudah dianggap sebagai cryptocurrency paling besar kedua setelah Bitcoin yang diprediksikan harganya akan semakin naik di masa-masa yang akan datang. 

Karena itulah pada kesempatan kali ini, kami akan membahas lebih dalam mengenai ethereum dan hal-hal apa saja yang terkait pada mata uang unik ini. Mudah-mudahan tulisan ini bisa menambah wawasan dan pengetahuan saat Anda punya rencana berinvestasi pada aset ethereum.  

Anda penasaran dengan jenis mata uang kripto ini? Atau apakah  Anda ingin tahu cara-cara investasi pada ethereum paling gampang dan cepat supaya trading Anda bisa membuahkan hasil sesuai harapan Anda? Yuk, sudah saatnya Anda menyimak artikel ini hingga tuntas. Saya harap Anda tidak melewatkan poin-poin pembahasan yang penting seperti di bawah ini:

Mari bersama-sama kita bedah satu persatu pembahasan ketujuh poin di atas!

Apa itu Ethereum?

Apa itu Ethereum

Sebelum masuk ke pembahasan lebih dalam, disini kami akan mengartikan terlebih dahulu apa itu ethereum. 

Ethereum bisa diartikan sebagai jaringan komputer tidak terpusatkan (desentralisasi) yang dibangun pada teknologi blockchain. Atau dengan kata lain, ethereum adalah sebuah platform blockchain, sementara ETH merupakan mata uang pada platform ethereum. Pada kenyataannya tidak seperti jenis-jenis mata uang lainnya seperti bitcoin, ethereum lebih dari sekedar alat tukar atau penyimpanan nilai. 

Ethereum ini terdistribusikan dimana setiap orang yang berpartisipasi pada jaringan ethereum memegang sebuah salinan yang identik dari buku induk (ledger), yang mengizinkan mereka untuk melihat transaksi-transaksi yang lalu. Dan ethereum juga tidak terpusatkan, dimana itu tidak dijalankan atau dikelola oleh sebuah entitas yang terpusat (seperti bank sentral), tapi dikelolah oleh semua pemegang buku induk atau ledger.

Dalam sejarah singkatnya, ethereum digambarkan pertama kali oleh seorang pakar programming bernama Vitalik Buterin di tahun 2013 yang membuat sebuah aplikasi yang tidak terpusatkan (desentralisasi). Platform yang kemudian dikembangkan, akhirnya menjadi cikal bakal dari lahirnya ethereum. Dan di tahun 2015, ethereum ini diperkenalkan dengan jenis cryptocurrency-nya yang bernama ether, dan hingga saat ini berkembang sangat pesat dan menjadi pesaing utama bagi mata uang bitcoin. 

Harga Ethereum Hari Ini 

Tentunya Anda ingin mengetahui harga 1 ethereum berapa rupiah, bukan begitu? 

Hingga saat ditulisnya artikel ini pada tanggal 11 Juli 2021, harga ethereum Indonesia sudah menyentuh nilai yang cukup fantastis, meskipun tidak sebesar nilai bitcoin tentunya, yaitu Rp 30.489.269,11 atau jika dalam mata uang dollar AS yaitu sebesar $ 2.108,53. Tentunya harga ini akan berubah-ubah setiap harinya.

Cukup mahal juga ya harga ethereum sekarang? Lalu bisakah Anda tetap bisa berinvestasi ethereum dengan modal yang hanya kecil dan terbatas? Jangan bingung, ya! Dan silahkan baca terus artikel ini sampai habis untuk menemukan solusi yang tepat atas kekhawatiran Anda!

Grafik Harga ETH

Pada kenyataannya, harga ethereum akan selalu berubah-ubah setiap waktunya, bisa naik dan juga bisa turun tergantung dari sejumlah faktor. Sebagai seorang trader atau investor, Anda perlu mencermati faktor-faktor ini supaya kegiatan trading dan investasi Anda bisa mendatangkan keuntungan yang maksimal sekaligus meminimalisir segala risiko yang mungkin ada. 

Lalu hal-hal apa saja yang bisa mempengaruhi harga ethereum ini?

Berikut ini faktor-faktornya:

  1. Ketersediaan Ethereum

Tidak seperti bitcoin yang memiliki keterbatasan jumlahnya di pasar, ethereum tidak memiliki batasan pasokan sepanjang masa. Bagaimanapun juga, unit-unit ether ini masih bisa ditambahkan, dan di waktu bersamaan malah menghilang, yang menyebabkan ketersediaan ethereum akan mengalami naik turun atau fluktuasi.  

  1. Penetapan regulasi

Saat ini masih banyak negara termasuk Pemerintah dan Bank Sentral tidak mengakui status ethereum sebagai alat tukar dan juga sebagai instrumen investasi. Karenanya semakin banyak negara yang mengeluarkan regulasi-regulasi yang mendukung penggunaan ethereum, maka harganya juga akan mengalami kenaikan. Begitu juga sebaliknya. 

  1. Pemberitaan Media

Pemberitaan media memainkan peranan yang sangat penting dalam memicu permintaan (demand) pada mata uang kripto termasuk ethereum. Faktanya kebanyakan media global lebih berfokus pada penggunaan bitcoin, bukan ethereum. Tapi jika media-media mainstream ini juga memberitakan lebih banyak mengenai ethereum secara positif, maka dipastikan harganya juga akan naik.  

  1. Kemajuan teknologi

Faktanya adalah masa depan teknologi blockchain ini tidak diketahui secara pasti. Akan tetapi, integrasinya pada sejumlah area termasuk pada sistem-sistem pembayaran dan platform-platform crowdfunding bisa menaikkan nilai ethereum di masa depan. 

  1. Manipulasi pasar

Mata uang ethereum ini tergolong baru di dunia kripto, dan karenanya ada sejumlah faktor yang kurang baik yang bisa mempengaruhi harganya di pasar, seperti terjadinya manipulasi pasar, kejahatan siber, dan lain-lain. Misalnya saja mungkin ada beberapa orang yang melakukan jual atau beli secara artifisial atau berpura-pura membeli ethereum dengan tujuan untuk mendongkrak harganya di pasar global. 

Apa perbedaan antara ether dan ethereum?

Mungkin saja Anda pernah mendengar istilah ethereum dan ether dalam dunia bitcoin dan mata uang kripto. Apakah kedua istilah itu memang berbeda? Jika berbeda, apa saja perbedaan antara ether dan ethereum yang perlu Anda perhatikan?

Berikut ini 4 (empat) poin perbedaannya

  1. Ether merupakan bahan bakar yang digunakan untuk memberikan tenaga pada jaringan, sementara ethereum adalah jaringan (network) yang dimaksud yang ditenagai oleh ether itu.
  2. Ethereum itu tidak bisa diperjualbelikan, sementara ether bisa dibeli dan juga bisa dijual.
  3. Ethereum adalah platform perangkat lunak yang berbasis blockchain, sementara ether adalah aset mata uang kripto yang mengoperasikan jaringan ethereum.
  4. Ethereum memiliki berbagai aplikasi, sementara ether hanya memiliki satu aplikasi yang berfungsi untuk menjalankan operasi-operasi pada teknologi blockchain. 

Nah, setelah Anda mengerti apa saja perbedaan-perbedaannya, sekarang mari kita lihat bagaimana cara memperoleh ethereum ini!

Bagaimana cara mendapatkan mata uang virtual ethereum?

Jika Anda tertarik berkecimpung dalam dunia investasi mata uang kripto, terutama ethereum ini, maka Anda perlu tahu cara-cara untuk memiliki mata uang yang unik ini. Seperti jenis mata uang kripto lainnya, memiliki ethereum ini juga bisa dilakukan dengan mudah karena terdiri dari beberapa cara yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. 

Setidaknya ada 3 (tiga) cara untuk memperolehnya yang akan dijelaskan sebagai berikut:

Dengan Cara Membeli Ethereum

Dalam hal ini, Anda sebenarnya tidak membeli ethereum sebab itu adalah jaringannya, tapi Anda membeli ether dan lalu menggunakannya pada jaringan ethereum. Mengerti kan, ya? Oleh karenanya, Anda harus memilih sebuah exchange mata uang kripto untuk bisa membelinya seperti Coinbase, Binance atau Kraken. Setelah itu Anda bisa melakukan deposit uang (boleh Dollar atau Rupiah) untuk membeli ethereum di waktu yang Anda anggap paling tepat. Oh ya, Anda juga bisa menyimpan unit-unit ethereum Anda di sebuah wallet/dompet digital, loh. 

Menambang/mining Ethereum

Selain cara di atas, anda juga bisa melakukan menambangan ethereum. Nah, sama halnya dengan jenis mata uanga kripto lainnya, mining ethereum juga dapat dilakukan tiga cara yaitu:

  • Pool mining, dimana Anda bergabung pada sebuah pool untuk melakukan penambangan bersama para penambang lainnya dimana unit ethereum yang didapatkan akan dibagi secara merata di antara Anda dan mereka. 
  • Personal mining, dimana Anda sendiri yang melakukan mining dengan mempersiapkan perangkat lunak dan perangkat keras serta hal-hal  lainnya yang diperlukan untuk memecahkan teka-teki matematika yang sangat sulit dan rumit sehingga jika berhasil, Anda akan diberikan sebuah hadiah berupa unit ethereum. 
  • Cloud mining, dimana Anda menyewa jasa yang ditawarkan sebuah perusahaan penyedia cloud untuk melakukan penambangan ethereum. Cara mining jauh lebih praktis dan lebih murah dibandingkan cara yang kedua, namun Anda perlu berhati-hati dalam memilih sebuah perusahaan penyedia jasa cloud yang kredibel. 

Memperoleh Ethereum secara gratis

Memangnya bisa dengan cara seperti itu? Ya, tentu saja bisa, dan dengan cara ini, Anda tidak perlu keluar uang banyak untuk memperoleh mata uang kripto ini. Yaitu, Anda bisa mencoba mengunjungi beberapa website yang menyediakan ethereum secara gratis, yang seringkali dinamakan dengan istilah Ethereum faucet atau keran ethereum, seperti ethereum-faucet.org, ethereumfaucet.info, cc24 dan banyak lagi. 

Website-website ini menawarkan hadiah berupa unit etherum yang kecil jika anda berhasil melengkapi captchas atau berinteraksi dengan beberapa iklan. Hanya saja kebanyakan website ini akan membatasi jumalh unit yang bisa Anda dapatkan walaupun itu kecil sekali.

Apa saja kelebihan dan kekurangan ethereum?

Setiap jenis mata uang kripto pasti tidak akan pernah terlepas dari sejumlah plus minusnya, termasuk ethereum. Iya, ethereum bisa dikatakan tidak begitu lumrah digunakan di masyarakat yang jauh lebih mengenal bitcoin daripada ethereum. Karena itu, Anda disarankan untuk mengetahui keunggulan dan kekurangan jenis mata uang kripto ini.  

Lalu apa sajakah kelebihan dan kekurangan ethereum yang perlu Anda ketahui? Silahkan simak poin-poin berikut ini secara baik!

Kelebihan-kelebihan ethereum:

  • Merupakan jaringan yang besar dan eksis

Ethereum sudah teruji selama bertahun-tahun yang memiliki  sebuah komunitas global yang besar yang memiliki komitmen tinggi, dan bahkan dianggap sebagai ekosistem terbesar pada blockchain dan mata uang kripto sampai saat ini.

  • Memiliki berbagai fungsi disamping sebagai mata uang digital

Pada kenyataannya ethereum juga bisa digunakan untuk memproses tipe-tipe transaksi keuangan yang lain, mengeksekusi smart contract dan menyimpan data-data untuk aplikasi pihak ketiga.

Nah, tentunya ethereum sendiri tidak bisa terlepas dari sejumlah kekurangan yang perlu Anda perhatikan dengan baik. Berikut ini 3 (tiga) poin kekurangan jenis mata uang kripto ini sebagai berikut:

Kekurangan-kekurangan ethereum:

  • Terdapat biaya-biaya transaksi yang semakin naik

Seperti mungkin Anda ketahui, popularitas ethereum yang semakin berkembang juga akan berdampak pada semakin tingginya biaya-biaya transaksi. Biaya transaksi ethereum yang disebut dengan ‘gas’ ini pernah tercatat paling tinggi pada bulan Februari 2020 sebesar $ 23 per transaksi. Hmm, besar sekali, bukan?

  • Mempunyai potensi bagi terjadinya inflasi pada mata uang kripto

Sementara ethereum mempunyai batasan rilis per tahunnya sebesar 18 juta saja, namun itu tidak memiliki batasan atas peluncuran koin sepanjang waktu. Ini bisa berarti bahwa sebagai sebuah aset investasi, ethereum dapat berfungsi lebih banyak seperti halnya penggunaan mata uang Dollar atau Rupiah.  Menarik juga, ya!

  • Memiliki masa depan yang sulit diketahui

Pada dasarnya, ethereum ini terus berkembang dan bertambah baik, dimana perkembangan yang terjadi sekarang yaitu ethereum 2.0 cukup menjanjikan fungsi-fungsi yang baru dan efisiensi yang lebih besar. Tapi pada akhirnya update yang besar pada jaringan akan menciptakan ketidakpastian pada aplikasi-aplikasi yang sedang digunakan. 

Ethereum vs Bitcoin, Apa saja perbedaan antara ethereum dan bitcoin?

Nah mungkin Anda, para pembaca yang budiman, akan bertanya-tanya apa sih perbedaan antara ethereum dengan bitcoin itu. Bukankah keduanya sama-sama mata uang kripto yang diperoleh dengan cara-cara yang sama yaitu dengan ditambang atau dibeli melalui exchange? Lalu apa saja perbedaan-perbedaan dasar yang terdapat pada keduanya.

Untuk mengobati rasa penasaran Anda, baiklah disini saya akan mencoba memberikan sebuah tabel yang berisikan perbandingan antara ethereum dan bitcoin secara singkat yang perlu Anda simak secara baik, sebagai berikut:

NamaETH Bitcoin
Tanggal Peluncuran30 Juni  2015 9 Januari 2008 
PenciptaVitalik Buterin Satoshi Nakamoto
Token AsliETHBTC
Metode RilisInitial Coin Offering (Penawaran Koin Inisial)Genesis Block Mined (Blok Awal yang Ditambang)
Suplai MaksimumTidak ada batasan21.000.000 keping
Celah Pasar16,6 miliar~135,6 miliar
KonsensusProof of work Proof of work
AlgoritmaEthashSha-256
Waktu Blok12 detik240 detik
TPS Maksimum25 7
Smart Contract (Kontrak Pintar)YaTidak Ada
Sumber dari@coin98.net

Bagaimana cara saya trading ethereum dalam konsep CFDs

Anda ingin melakukan trading pada aset ethereum dengan modal yang terbatas, namun Anda merasa terkejut dengan harganya yang sangat mahal yang mencapai ribuan dollar ini? Jangan khawatir sebab kami sudah menemukan sebuah solusi yang tepat bagi Anda, yaitu trading dengan konsep CFDs atau Contract for Differences.

Lalu apa sih CFDs itu? Dengan CFDs, Anda bisa membeli sebuat aset investasi termasuk berbagai jenis mata uang kripto, namun Anda tidak benar-benar memiliki aset tersebut. Dengan kata lain, Anda hanya bisa mengambil keuntungan dari selisih antara harga jual dan beli ethereum misalnya. 

Sudah mengerti dengan penjelasan ini? Baiklah, disini saya akan memberikan sebuah contoh yang sangat simpel. Untuk bisa membeli koin ethereum, Anda perlu bergabung dengan salah satu broker trading populer dan terbaik yang beroperasi secara online seperti broker Mitrade  yang menyediakan mata uang digital ini yang menawarkan Anda dengan harga jauh lebih murah, tapi perlu dicatat disini, bahwa Anda tidak benar-benar memiliki ethereum yang sebenarnya. 

Lalu bagaimana Anda bisa untung meskipun Anda benar-benar tidak mempunyai ethereum? Apakah menurut konsep CFDs ini, ethereum dapat dijual kembali dengan cepat dan gampang?

Jangan khawatir, Anda masih bisa untung kok dan saya jamin profit Anda juga akan maksimal jika prediksi pada trading Anda tepat! 

Berikut ini dua hal kelebihan paling utama yang bisa Anda petik saat melakukan trading dengan konsep CFDs, yaitu:

  1. Anda tetap bisa memperoleh keuntungan, tidak masalah jika pasar ethereum dalam keadaan naik maupun turun. Anda akan tetap untung karena Anda bisa menjual kembali ethereum secara cepat dan mudah kapan saja saat harga jualnya lebih tinggi dibandingkan dengan harga belinya. Selisih antara harga jual dan harga beli ini adalah keuntungan Anda! Cukup lumayan, bukan?
  1. Anda bisa memperoleh ethereum dengan modal yang cukup kecil  dengan profit yang maksimal. Kok bisa? Iya tentu saja bisa sebab biasanya para broker trading terpercaya akan memberikan sebuah fasilitas bernama rasio leverage untuk menaikkan daya beli Anda supaya dapat dapat membeli ethereum yang memang sangat mahal ini. 
  1. Anda tidak perlu membuka akun exchange atau memiliki dompet/wallet digital untuk menyimpan ethereum yang sudah Anda beli. Terlihat lebih simpel, bukan? Hal ini juga akan menghemat biaya, tenaga dan waktu Anda. 

Mengapa melakukan trading ethereum dengan broker Mitrade?

Di luar sana ada banyak sekali pilihan broker forex yang menawarkan trading pada aset ethereum. Anda pasti bingung sebab Anda harus memilih salah satu yang terbaik dan paling aman saat melakukan transaksi, bukan begitu?

Kebingungan Anda mungkin akan semakin bertambah sebab ratusan broker forex ini menawarkan berbagai kelebihan dan kemudahan yang sama. Tapi sekali lagi kami katakan, Anda tidak perlu khawatir sebab kami sudah punya jalan keluarnya untuk Anda yaitu broker Mitrade. 

Iya benar sekali, broker Mitrade adalah salah satu broker trading yang paling direkomendasikan di tahun ini sebab mempunyai sejumlah keunggulan yang tidak didapatkan pada broker lainnya. Kami jamin bahwa proses registrasi dan verifikasi data-data Anda akan sangat mudah dan cepat dilakukan, juga pastinya gratis. Jika Anda ingin mencoba bermain trading ethereum terlebih dahulu pada platform trading Mitrade yang bisa diunduh secara gratis, maka Anda bisa mendaftar akun demo secara gratis dengan jumlah uang virtual sebesar $ 50.000. cukup banyak, ya?

Mau tahu beberapa kelebihan broker Mitrade dibandingkan dengan broker-broker trading lainnya? Yuk silahkan perhatikan poin-poin berikut ini!

  1. Mitrade memiliki status hukum yang jelas alias legal. Lisensi operasionalnya diperoleh dari sebuah badan otoritas keuangan Australia bernama ASIC (Komisi Sekuritas dan Investasi Australia) dan juga dari Cayman Islands Monetary Authority (Otoritas Moneter Kepulauan Cayman).
  1. Mitrade sudah menyabet banyak sekali penghargaan bergengsi internasional terutama dalam hal memberikan kepuasaan pada para pelanggannya, seperti broker trading dengan perkembangan paling pesat di dunia oleh International Business Magazine; Broker forex terbaik se-Asia dan Platform trading seluler paling baik oleh Forex Awards; dan banyak lagi. 
  1. Selain ethereum, Mitrade juga menawarkan 5 cryptocurrency/mata uang kripto yang volume trading paling besar di dunia seperti Bitcoin, XRP, litecoin, BCH. Anda cukup melakukan deposit minimal $ 50 untuk bisa membeli jenis-jenis mata uang kripto ini karena Mitrade juga menawarkan fasilitas rasio leverage yang cukup tinggi. 
  1. Mitrade hanya membebankan spread yang sangat rendah dan tidak mengenakan komisi sama sekali alias zero commission. Selain itu, untuk transaksi pada produk-produk tradingnya termasuk ethereum, Mitrade juga tidak mengenakan biaya apapun.  Kebijakan Mitrade semacam ini sangat cocok bagi para investor dan trader pemula yang punya modal yang terbatas.  

Jadi, kami sudah memberikan solusi yang kami anggap tepat dengan melakukan trading ethereum dengan konsep CFDs, dan rekomendasi broker Mitrade sebagai broker trading yang akan memberikan banyak keuntungan kepada Anda. 

Kesimpulan 

Aset ethereum diprediksi akan menjadi incaran para investor di masa depan, sebab sering mengalami tren kenaikan harga yang positif akhir-akhir ini. Karena itulah, investasi pada aset ini bisa jadi opsi yang menarik untuk saat ini. Menariknya, investasi pada ethereum tidak sesulit dibayangkan, sebab bisa dilakukan secara cepat dan mudah dengan konsep trading CFDs yang tidak memerlukan modal yang besar. Untuk itulah, Anda bisa bergabung dengan salah satu broker trading terbaik dan teraman seperti broker Mitrade untuk bisa meraih profit yang maksimal dan juga menawarkan berbagai kemudahan lainnya, termasuk dari proses registrasi, verifikasi, dan transaksi-transaksi lainnya.   

Selamat berinvestasi ethereum ya, dan semoga sukses selalu!


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan