Apa itu Dompet Bitcoin: Panduan Lengkap untuk Pemula 2021

Banyak dari para pemula yang belum mengetahui apa itu dompet Bitcoin dan apa fungsinya sebab fenomena uang digital ini tergolong baru dan banyak istilah yang masih terdengar asing di telinga mereka, termasuk Anda. Apakah dompet Bitcoin itu benar-benar ada dan memiliki bentuk fisik? Jika Ada, apakah dompet tersebut bisa dibawa kemana-mana seperti layaknya dompet di saku celana kita? Dan banyak lagi pertanyaan-pertanyaan seputar dompet Bitcoin yang unik ini. 

Kali ini di artikel yang singkat ini, kami akan mencoba memaparkan dompet Bitcoin (wallet Bitcoin) dengan bahasa yang lebih mudah dimengerti. Selamat membaca!

Apa itu Bitcoin Wallet (Dompet Bitcoin)?

Dompet Bitcoin secara sederhana dapat diartikan sebagai sebuah program perangkat lunak untuk menyimpan Bitcoin. Dinamakan juga dengan nama dompet digital, dompet Bitcoin juga berfungsi sebagai tempat penyimpanan informasi yang relevan seperti kunci privat yang aman yang digunakan untuk mengakses alamat Bitcoin dan menjalankan transaksi.

Dengan kata lain, dompet Bitcoin memfasilitasi pengiriman dan penerimaan Bitcoin, dan memberikan kepemilikan saldo Bitcoin kepada pengguna.

Kenapa Anda perlu memiliki Bitcoin wallet/dompet Bitcoin?

Lalu pertanyaan berikutnya adalah kenapa calon investor seperti Anda akan memerlukan dompet Bitcoin? Seberapa pentingkah fungsinya?

Seperti diketahui bersama bahwa Bitcoin merupakan sebuah mata uang digital. Dikarenakan Bitcoin tidak eksis dalam bentuk fisik, maka mata uang ini secara teknis tidak dapat disimpan dimanapun. Hal ini berbeda dengan uang fisik yang bisa disimpan di dalam sebuah dompet fisik.

Bitcoin mengandung kunci-kunci privat – yang digunakan untuk mengakses alamat dan tanda tangan transaksi Bitcoin publik Anda- yang perlu disimpan secara aman. Sebuah kombinasi antara kunci publik penerima dan kunci privat Anda inilah yang memungkinkan adanya transaksi pada Bitcoin.

Ada beberapa bentuk dompet Bitcoin sesuai dengan berbagai faktor seperti keamanan, keamanan, aksebilitas, dan seterusnya. Anda dapat memilih salah satunya sesuai dengan keperluan investasi Bitcoin Anda.

Perlu diingat juga bahwa menjaga keamanan dompet Bitcoin Anda itu penting sekali untuk dilakukan sebab dompet Bitcoin sangat rentan dengan serangan para peretas (hacker). Sejumlah penjagaan dan proteksi akan mencakup enkripsi dompet dengan sebuah password yang rumit dan memiliki sebuah opsi penyimpanan dingin yang menyimpan Bitcoin secara offline. Tidak hanya itu, Anda juga disarankan untuk sesering mungkin memback-up dompet Anda.  

Jenis-jenis Bitcoin wallet

Faktanya, seperti disinggung di atas, ada beberapa jenis dompet Bitcoin yang tersedia hingga saat ini, yaitu dompet kertas (paper wallet), dompet mobile, dompet web dan dompet desktop. Sebelum menjatuhkan pilihan ke salah satu dari 4 (empat) jenis dompet ini, alangkah baiknya Anda mempertimbangkan segala kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh masing-masing dompet tersebut. Sebuah dompet yang baik adalah dompet yang bisa memenuhi keperluan trading Bitcoin Anda. 

Berikut ini, dipaparkan empat jenis dompet secara lebih detail sebagai berikut:

1) Paper wallet atau dompet kertas

dompet bitcoin kertas

Pada dasarnya dompet kertas merupakan sebuah dokumen yang berisi alamat publik untuk menerima Bitcoin dan sebuah kunci privat, yang memungkinkan Anda untuk membelanjakan atau mentransfer Bitcoin yang disimpan pada alamat itu. Dompet kertas seringkali dicetak dalam bentuk kode-kode QR agar Anda bisa secara cepat memindainya dan menambahkan kunci-kunci ke sebuah dompet perangkat lunak untuk membuat transaksi. Dompet kertas dapat dihasilkan dengan menggunakan layanan seperti BitAddress atau Bitcoin Paper Wallet yang memungkinkan para pengguna membuat alamat Bitcoin yang acak dengan kunci privat miliknya.

Harga pembelian: Sejauh ini bisa didapatkan secara gratis

Dompet kertas ini juga tak lepas dari sejumlah kelebihan dan kekurangan yang perlu Anda perhatikan sebagai berikut:

Kelebihan-kelebihan

  • Sebuah metode non-teknis untuk menyimpan token-token kripto Anda
  • Kunci-kunci yang disimpan secara offline, akan benar-benar kebal dari serangan para peretas, termasuk malware yang dapat mencatat penekanan tombol para pengguna
  • Dapat dibuat secara gratis sebab ada beberapa website yang sudah menyediakan alat-alat (tools) gratis untuk membuat dompet Bitcoin jenis ini
  • Anda bisa menyalin atau meng-copy dompet kertas Anda menjadi dua salinan atau lebih dan meletakkannya di beberapa lokasi aman yang berbeda, untuk berjaga-jaga jika dompet kertas Anda hilang atau rusak.

Kekurangan-kekurangan:

  • Karena dompet Bitcoin Anda berbentuk kertas, maka hal itu mudah rusak yang bisa saja disebabkan oleh kecipratan cairan atau tersentuh api atau tintanya luntur.
  • Agak sulit digunakan untuk trading setiap hari
  • Proses pembuatan dompet tidak aman jika Anda melakukan sedikit kesalahan
  • Adanya masalah penggunaan dimana biasanya dompet kertas cenderung untuk mendorong pembuatan kembali alamat. Karenanya, akan lebih mudah bagi orang lain untuk menemukan identitas Anda dengan melacak tanda tangan kunci privat-nya.

2) Mobile wallet (Dompet Mobile)

Jika Anda aktif menggunakan Bitcoin setiap hari misalnya saja untuk membayar barang-barang keperluan di toko atau mendagangkannya secara langsung, maka dompet Bitcoin jenis mobile ini dapat menjadi opsi yang menarik bagi Anda.

Dompet ini berjalan sebagai sebuah aplikasi pada ponsel pintar Anda yang menyimpan kunci-kunci privat Anda serta memungkinkan Anda untuk membayar segala sesuatunya secara langsung dari HP Anda. Lebih jauh lagi, beberapa aplikasi akan memungkinkan para penggunanya untuk menggunakan fitur komunikasi jarak dekat, dimana mereka dapat menggunakan ponsel mereka tanpa perlu menyediakan informasi apapun sama sekali.

Meskipun demikian, sebagai calon investor Bitcoin yang lebih menyukai penggunaan dompet mobile, Anda mesti mengetahui kelebihan dan kekurangan dompet jenis ini supaya tidak salah pilih. Adapun beberapa kelebihan dan kekurangannya sebagai berikut:

Kelebihan-kelebihan:

  • Mungkin lebih aman jika dibandingkan dengan wallet web yang beroperasi secara online
  • Dapat secara mudah dijalankan untuk melakukan transaksi
  • Menawarkan fitur-fitur tambahan seperti pemindaian kode QR.

Kekurangan-kekurangan:

  • Sayangnya, dompet jenis ini bukanlah opsi dompet yang paling aman. Karena itulah, dompet mobile tidak cocok bagi investor Bitcoin yang menyimpan dana dalam jumlah yang sangat besar.

Harga pembelian: Sejauh ini dapat diunduh secara gratis pada Google Play ataupun App Store tergantung sistem operasi mobile Anda.

Contoh-contoh dompet mobile yang baik

Nama dompetSistem OperasiFitur-Fitur Tersedia
FreeWalletAndroid, IOSPenyimpanan dingin, penarikan dari dan ke mata uang kripto apa saja
EdgeAndroid, IOSPengetahuan Zero, sign-on tunggal, otentikasi 2 faktor 1 sentuhan
Atomic WalletAndroid, IOSSangat ramah pengguna, 500 lebih aset, pertukaran cepat, opsi beli kripto, aplikasi bebas pengamanan

3)  Web wallet atau dompet Web

Dari namanya saja Anda pasti mengerti bahwa dompet ini berbentuk web. Itu artinya dompet web memiliki fungsi untuk menyimpan kunci-kunci privat Anda pada sebuah server, yang secara terus-menerus online dan dikendalikan oleh pihak ketiga.

Disebut juga dengan dompet online, dompet web akan mengizinkan Anda untuk mengakses Bitcoin Anda melalui jaringan internet. Provider dompet ini akan menyimpan kunci privat Bitcoin Anda pada server-nya. Website servis ini bisa saja mengirimkan Anda kode Kripto, dimana mereka akan menyimpan kunci-kunci Anda dan akan memberikan Anda kemampuan untuk mendapatkan akses kepada kunci Anda.

Servis-servis yang berbeda menawarkan fitur-fitur yang berbeda pula, dan beberapa dompet web dapat dihubungkan dengan dompet mobile atau desktop Anda serta mengulangi alamat Anda melalui perangkat yang Anda punya.

Jika Anda tertarik menjatuhkan pilihan pada jenis dompet ini, maka ada baiknya jika Anda mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki oleh dompet web:

Kelebihan-kelebihan:

  • Memungkinkan Anda untuk melakukan transaksi Bitcoin yang sangat cepat
  • Memungkinkan Anda untuk memiliki kemampuan mengelola berbagai mata uang kripto
  • Dapat digunakan secara nyaman bagi mereka yang aktif trading

Kekurangan-kekurangan:

  • Adanya risiko dan bahaya yang mengancam keamanan online Anda seperti peretasan dan scam
  • Adanya risiko yang mengancam sistem komputer Anda dari bahaya virus
  • Yang menyimpan Bitcoin Anda bukanlah Anda, tetapi pihak ketiga yang mengelola server tersebut.

Harga pembelian: Gratis

Contoh-contoh dompet mobile yang baik

ServisFitur-Fitur yang tersedia
CoinbaseSolusi satu stop, sebuah bursa terintegrasi dengan dompet
Lumi WalletGratis, mudah, dan antar muka klien yang menghasilkan sebuah dompet yang mendukung BTC, ETH dan berbagai token ERC20
CirclePara pengguna dapat menyimpan, mengirim, menerima dan membeli Bitcoin

4) Desktop wallet/Dompet Desktop

Dompet desktop merupakan salah satu jenis dompet Bitcoin yang dipasang pada komputer desktop dan menyediakan pengguna kendali penuh terhadap dompet. Jenis dompet ini berfungsi sebagai sebuah alamat bagi penggunanya untuk mengirimkan dan menerima Bitcoin-Bitcoin. Dompet juga mengizinkan penggunanya untuk menyimpan sebuah kunci privat.

Secara umum, dompet desktop lebih aman dibandingkan dengan dompet web dan dan dompet mobile sebab tidak mengandalkan pihak ketiga untuk menjaga data mereka sehingga sulit untuk dicuri. Bagaimanapun juga, dompet desktop sangat cocok bagi mereka yang melakukan trading Bitcoin dengan jumlah kecil dari komputer mereka.

Namun Anda juga mesti tahu apa kelebihan dan kekurangan yang melekat pada dompet desktop yang dirangkum sebagai berikut:

Kelebihan-kelebihan:

  • Simpel, gampang, dan nyaman digunakan sebab Anda sudah terbiasa dengan penggunaan PC komputer atau laptop
  • Token-token mata uang kripto tidak disimpan secara online
  • Memiliki kemampuan mengakses yang lebih baik ke mata uang kripto dengan keamanan koin

Kekurangan-kekurangan:

  • Memerlukan software yang mesti di-update terus menerus
  • Rentan terhadap ancaman virus dan malware, jika terinfeksi pada hard drive Anda
  • Jika hard drive Anda mengalami crash dan koin belum di backup, maka kemungkinan aset Bitcoin Anda akan hilang.

Harga pembelian: Sejauh ini dapat diperoleh secara gratis dengan mendownloadnya yang disesuaikan dengan sistem operasi komputer/laptop Anda.

Contoh-contoh dompet desktop yang baik

NamaSistem OperasiFitur-Fitur yang tersedia
ElectrumWindows, Mac OS, LinuxSalah satu dompet desktop yang paling populer, kuat, efektif dan aman, sumber terbuka, memungkinkan Anda untuk menggantikan transaksi berbiaya pada transaksi yang sudah tersiarkan, yang mempercepat proses konfirmasi; tagging alamat; enkripsi
ExodusWindows, Mac OS, LinuxSangat ramah pengguna dan mudah dimengerti, dapat diandalkan
Atomic WalletWindows, Mac OS, LinuxMendukung lebih dari 500 aset, kunci-kunci terenkripsi pada perangkat Anda, pertukaran cepat, opsi beli kripto, aplikasi bebas pengamanan, pusat bantuan 24/7

5) Hardware wallet/Dompet perangkat keras

Dompet perangkat keras (hardware) merupakan jenis dompet Bitcoin yang agak unik yang menyimpan kunci-kunci privat pengguna pada sebuah alat hardware yang aman. Itu dianggap merupakan cara penyimpanan Bitcoin yang paling aman. Selama ini tidak ada insiden pencurian Bitcoin dan data-data dari dompet hardware. Tidak seperti dompet kertas yang seringkali harus diimpor ke dalam software, dompet hardware dapat digunakan secara aman dan interaktif. Terlebih lagi, jenis dompet ini kebal dari virus komputer, dana yang tersimpan tidak dapat ditransfer ke luar alat pada teks biasa, dan pada banyak contoh, software-nya adalah sumber terbuka.

Setelah Anda mengetahui apa itu dompet hardware dan penjelasan singkatnya, berikut ini dipaparkan beberapa kelebihan dan kekurangan dari jenis dompet ini :

Kelebihan-kelebihan:

  • Menawarkan cara-cara yang paling aman untuk menyimpan mata uang kripto dibandingkan dengan jenis-jenis dompet Bitcoin lainnya
  • Menyediakan opsi back-up dan pemulihan seandainya alat hilang atau salah tempat
  • Menawarkan keamanan yang lebih baik melalui password berupa PIN sehingga dana yang tersimpan tidak mudah diambil jika alat itu dicuri.

Kekurangan-kekurangan:

  • Harganya lebih mahal jika dibandingkan dengan cara-cara penyimpanan Bitcoin lainnya
  • Memiliki aksesibilitas yang terbatas karena dompet hardware perlu terhubung dengan laptop atau desktop untuk menjalankan transaksi atau mengakses dana. Sekarang ini, beberapa dompet hardware memberikan opsi sambungan melalui bluetooth atau melalui sebuah aplikasi ponsel pintar.

Harga pembelian: mulai dari $30 hingga ratusan dollar tergantung fitur dan fungsi tambahan.

Contoh-contoh dompet hardware yang baik

NamaHargaFitur-Fitur yang tersedia
 Ledger Nano S58 EuroLayar; dua tombol yang perlu dipencet secara bersamaan untuk mengkonfirmasi transaksi, yang mencegah para peretas meretasnya dan mengkonfirmasi pembayaran; Kode PIN; kapal kotak (box ship) dengan sebuah segel anti rusak.
Trezor$99Layar; dua tombol; dompet dapat dibackup sampai dengan 24 kata frasa pass; Kode PIN
KeepKey$99Layar; layar digital dan body logam; Kode PIN; randomisasi nomor; dapat dibackup sampai dengan 24 kata; pemulihan dapat dilakukan dengan ekstensi Chrome

Bagaimana saya pilih dompet bitcoin yang baik?

Saat Anda ingin membeli Bitcoin pertama kalinya, maka Anda perlu memiliki sebuah dompet untuk menyimpan Bitcoin Anda. Ada beberapa jenis dompet Bitcoin yang sudah dipaparkan di atas dan mungkin Anda bingung dengan dompet manakah yang ingin dipilih.

Berikut ini cara memilih dompet Bitcoin yang baik dan tepat:

  • Faktor keamanan merupakan suatu hal yang paling utama

Saat akan memilih sebuah dompet, maka hal penting yang perlu Anda pertimbangkan adalah keamanan. Misalnya jika ini adalah dompet web, maka Anda perlu mengecek apakah website memiliki HTTPS atau HTTP? Sebab pada umumnya HTTPS akan memiliki protokol keamanan. Selain itu, coba cek apakah dompet menawarkan login yang aman dan kuat atau tidak? Apakah dompet menawarkan otentikasi 2 faktor (2FA)? Dan lain-lain.

  • Menyediakan Multisignature (Multisign)

Setelah faktor di atas, Anda juga perlu melihat apakah dompet menawarkan opsi multisig atau tidak. Ini merupakan metode yang disukai saat mengamankan Bitcoin Anda dari pencurian dan peretasan. Dengan adanya multisig, mengharuskan lebih dari satu kunci untuk mengizinkan transaksi Bitcoin.

  • Memiliki Bitcoin Anda

Jika Anda tidak memiliki akses kepada kunci-kunci privat pada Bitcoin di dompet Anda, maka secara teknis Anda tidak dapat mengendalikan terhadap uang kripto Anda. Artinya kemampuan untuk memiliki kunci privat berarti Anda akan selalu dapat mengontrol Bitcoin, dan bisa memindahkannya ke dalam atau keluar dompet.

  • Adanya transparansi

Anda perlu mengecek apakah penyedia dompet bersikap transparan dalam menjalankan dompet dan menjelaskan siapa mereka, dan apakah kode dompet itu open source (sumber terbuka)? Jika tidak, maka akan sulit untuk memastikan penyedia dompet mengamankan Bitcoin Anda. Karena itu, pastikan bahwa open source tetap update.

  • Adanya anonimitas

Apakah anonimitas penting bagi Anda? Apakah Anda perlu mendaftar menggunakan dompet dan menggunakan email saja untuk melakukan verifikasi? Apakah ada proses verifikasi pengguna yang mengharuskan Anda menyediakan sejumlah dokumen saat pembuatan dompet?

  • Perhatikan pengalaman pengguna

Apakah dompet itu mudah digunakan atau justru malah memusingkan para penggunanya? Secara teori, dompet haruslah dibuat semudah dan sesimpel mungkin saat digunakan. Mungkin sebuah dompet mobile akan lebih cocok bagi Anda jika menginginkan fleksibilitas dan kemudahan. Atau jika Anda pengguna yang sudah berpengalaman, Anda dapat mengunduh sebuah klien Bitcoin penuh secara langsung ke mesin Anda.

  • Melakukan back-up terhadap dompet Anda

Melakukan hal ini juga dianggap langkah penting selanjutnya. Karena itulah, Anda perlu mengecek apakah penyedia dompet menyediakan sebuah cara untuk membackup dompet? Apakah backup tersebut terenkripsi? Apakah proses restorasi backup dapat dilakukan secara mudah?

  • Coba periksa apakah dompet itu memiliki reputasi yang baik?

Ini termasuk salah satu pertanyaan paling penting yang perlu Anda perhatikan. Jika ingin tahu apakah sebuah dompet itu memiliki reputasi yang positif, maka Anda dapat mencari tahu pada berbagai ulasan, forum Bitcoin dll apa yang mereka katakan mengenai kualitas dan performa dompet tersebut. Anda juga bisa menanyakan secara langsung kepada para anggota forum dengan memintakan pendapat mereka.

Baca Juga: 8 Dompet Bitcoin Terpercaya dan Berguna di Indonesia 2021

Kesimpulan

Dompet Bitcoin merupakan suatu hal yang penting saat Anda ingin memulai trading dan investasi Bitcoin. Sejauh ini, ada beberapa jenis dompet mata uang kripto yang tersedia dan Anda bisa memilih salah satunya setelah mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan dari masing-masing jenis dompet Bitcoin tersebut.

Namun jika Anda lebih suka cara yang lebih fleksibel dan cepat, Anda bisa mencoba untuk bergabung dengan sebuah broker trading terbaik seperti Mitrade yang mendukung mata uang kripto ini. Anda dapat memulai pendaftaran Mitrade untuk membuat akun secara cepat dan mudah.


Bagikan Artikel

Tinggalkan Komentar

Don`t copy text!