Seputar Harga Bitcoin Hari Ini 2021(Mata Uang Rupiah)

Mungkin Anda sudah pernah mendengar bahwa terdapat banyak sekali jenis mata uang kripto yang diperkenalkan hingga saat ini. Namun di antara mata uang tersebut, Bitcoin merupakan jenis mata uang yang paling populer untuk diperdagangkan dari waktu ke waktu sebab diperkirakan harganya akan melambung tinggi. Karenamya, mengetahui harga bitcoin hari ini sangatlah penting, tertarik dengan bitcoin? langjutkan simak nih!

Mata uang digital yang diperkenalkan sejak tahun 2009 ini, sekarang ini bahkan sudah menjadi opsi menarik sebagai alat pembayaran di kalangan para trader yang dapat dipindahkan dan diperjualbelikan secara cepat dan gampang.

Para trader secara berkesinambungan mencari informasi mengenai harga Bitcoin hari ini yang dikonversikan dengan mata uang dari negara masing-masing. Di Indonesia sendiri, harga satu keping uang digital ini pada saat ini sudah mencapai kurang lebih Rp 484.000.000. Sungguh menggiurkan, bukan?

Walaupun jumlah Bitcoin yang ada di dunia sekarang ternyata terbatas, diperkirakan hanya kurang lebih 21 juta, dengan sejumlah kekurangan dari penggunaan mata uang kripto ini, akan tetapi masih banyak yang memburunya.

Di Indonesia sendiri lahir sejumlah komunitas dan forum yang membahas perkembangan nilai Bitcoin. Para trader yakin bahwa investasi dan trading pada Bitcoin akan membawa profit yang menguntungkan di masa mendatang.

Oleh sebab itulah, tak mengherankan bahwa para trader dan investor, tidak masalah mereka ini pemula atau sudah berpengalaman, akan berusaha untuk meng-update informasi mengenai perkembangan harga Bitcoin dari hari ke hari.

Mereka berharap keuntungan yang optimal dengan menjualnya kembali lebih tinggi dari harga belinya, sehingga dari selisih jual beli inilah, profit dari trading Bitcoin akan terealisasi.

Akan tetapi sebelum masuk ke pembahasan harga Bitcoin hari ini dalam kurs Rupiah, ada baiknya dipaparkan terlebih dahulu beberapa hal seputar mata uang yang paling populer ini.

Harga Bitcoin Hari Ini Pada Platform Trading Mitrade

Anda dapat melihat pergerakan harga Bitcoin hari ini dari waktu ke waktu melalui chart platform yang disediakan oleh broker trading terpercaya dan terbaik Mitrade, secara langsung yang dikonversikan ke dalam kurs mata uang Rupiah.

Chart ini menggunakan grafik yang mudah dimengerti oleh semua trader, baik trader pemula dan yang sudah berpengalaman.

Apa itu karakter mata uang Bitcoin?

Mungkin banyak dari kita yang beranggapan bahwa Bitcoin dan bagaimana cara melakukan jual belinya sangatlah rumit dan bahkan terdengar tidak masuk akal, sebab mata uang ini tidak seperti kebanyakan mata uang yang diperdagangkan dalam bentuk fisik atau kongkrit.

Mata uang digital ini dibuat melalui sistem penambangan. Tapi penambangan seperti apa? Kita mungkin saja tak tahu mengenai proses penambangannya secara mendetail. Hal demikian disebabkan bahwa selama ini kita telah mengenal uang dalam bentuk kertas ataupun logam.

Padahal kenyataannya tidak serumit yang dibayangkan. Bitcoin yang pertama kali diperkenalkan oleh seseorang atau sebuah grup dengan nama samaran Satoshi Nakomoto ini, diketahui melalui suatu sistem buku besar global yang memiliki sinkronisasi pada seluruh koneksi internet, dimana siapa saja dapat mengakses akun buku besar itu pada waktu yang sama, tak masalah darimana dia berasal dan mengaksesnya.

Dengan demikian, uang digital ini bisa dipindahkan atau ditransferkan secara instan dari satu orang ke orang lain tanpa perlu melakukan pembayaran biaya transfer dan tanpa perlu khawatir adanya keterlambatan transfer.

Selain itu, anda juga dapat memanfaatkan jenis mata uang kripto ini untuk melakukan pembelian secara online, dan bahkan penerimaan gaji, dan lain sebagainya.

Berikut ini ada (4) empat karakter mata uang Bitcoin yang perlu anda ketahui:

1. Bisa dijadikan alat pembayaran yang sah

Seperti dipaparkan sebelumnya bahwa ternyata Bitcoin ini, selain dapat diperjualbelikan melalui wallet/dompet seseorang yang sudah dikomputerisasi, juga dapat menjadi alat pembayaran yang sah, meskipun masih banyak negara yang belum mengizinkan penggunaan Bitcoin sebagai alat bayar yang sah sebab tidak ada jaminan keamanan. Selain itu, penggunaan Bitcoin ini rentan dengan berbagai risiko dan bahaya. Anda dapat mentransfer mata uang kripto ini secara mudah, dan bahkan jauh lebih cepat dibandingkan dengan mata uang kovensional lainnya.

2. Penggunaan Bitcoin ini anonim, alias tanpa nama dan tidak diketahui namanya

Jika bank-bank konvensional mengharuskan nasabahnya untuk memberikan informasi sedetail mungkin termasuk alamat rumah, nomor telepon, catatan keuangan, dan banyak lagi, namun hal ini tidak berlaku bagi Bitcoin.

Anda tidak perlu memberikan informasi-informasi tersebut saat ingin menggunakan atau jual beli Bitcoin sebab wallet Anda sesungguhnya tidak perlu dihubungkan dengan data-data demikian.

Jadi dengan Bitcoin, anda akan membuat sebuah alamat dengan sangat cepat, tidak perlu fee, tidak perlu cek atau kartu kredit, dan juga tidak perlu berbagai pertanyaan untuk dijawab.

3. Bitcoin hampir serupa dengan komoditas emas

Jika Anda masih belum bisa membayangkan mata uang digital ini, maka bayangkanlah jika Bitcoin ini hampir serupa dengan komoditas emas. Oleh sebab itulah, banyak yang beranggapan bahwa Bitcoin dapat disebut juga dengan emas 2.0 atau emas digital.

Jika membayangkan Bitcoin seperti instrumen emas, maka Bitcoin pun ternyata akan dapat ditransferkan atau dipindahkan dari satu orang ke orang berikutnya dan pastinya dapat diperdagangkan.

4. Bitcoin ini tidak terpusatkan (desentralisasi)

Bitcoin ini merupakan sistem yang berdiri sendiri tanpa memerlukan seorang ahli yang mengelolanya. Jika mata uang konvensional di seluruh negara memiliki pusat yang mengelola mata uang tersebut, namun tidak begitu halnya dengan mata uang digital ini. Penggunaan Bitcoin dapat dikatakan seperti keberadaan internet dimana tidak ada suatu entitas atau orang pun yang mengendalikannya. Jadi cukup unik, bukan?

Faktor-Faktor Apa Saja Yang Menentukan Harga Bitcoin Hari Ini?

Faktor-Faktor Menentukan Harga Bitcoin Hari Ini

Pada trading Bitcoin, ada sejumlah faktor yang akan mempengaruhi harga bitcoin hari ini. Semua investor yang mencari keuntungan dari jual beli Bitcoin, seharusnya melakukan analisa terhadap faktor-faktor ini.

Bagaimana nilai mata uang digital ini ditetapkan setiap harinya dan bagaimana caranya sistem itu meng-update harganya dari waktu ke waktu?

Satu hal yang pasti adalah cara kerja naik turun jenis mata uang kripto ini dapat disamakan dengan mata uang lainnya atau instrumen keuangan lainnya. Harganya akan selalu fluktuatif, naik turun, yang biasanya akan sangat tergantung kepada suplai dan demand/permintaan pasar.

Secara umum nilai Bitcoin akan tergantung kepada 3 (tiga) faktor sebagai berikut:

1. Distribusi Bitcoin dan volumenya

Seperti diketahui bersama, masyarakat dunia baru saja mengenal uang digital ini sekitar satu dekade yang lalu. Oleh karena itulah tak mengherankan, jika dibandingkan dengan instrumen investasi dan trading lainnya seperti forex, emas, saham, maka jumlah Bitcoin yang beredar akan jauh lebih sedikit.

Misalnya sampai dengan tahun 2015, total jumlah Bitcoin yang sedang beredar di pasar mata uang kripto berkisar 14 jutaan keping. Adapun saat ini menurut sebuah laporan, ada sekitar 18 juta Bitcoin yang tengah beredar saat ini. Jumlah ini pastinya akan berubah dari waktu ke waktu, bahkan setiap 10 menit jika blok-blok baru ditambang. Sekarang saja, setiap blok baru menambah 6.25 Bitcoin untuk bersirkulasi. Dan diperkirakan ada sekitar 21 juta total Bitcoin, artinya hanya tersedia sekitar 3 juta keping Bitcoin yang harus ditambang.

Akibat adanya keterbatasan inilah, tak mengherankan apabila nilai Bitcoin cenderung naik setiap waktunya, yang membuat para trader semakin bersemangat untuk melakukan transaksi trading pada aset yang unik ini.

Baca Juga: 9 Cara Mendapatkan Bitcoin Gratis dengan Cepat dan Mudah, Siapa Pun Bisa!

2. Faktor spekulasi dari para trader global

Banyak pemilik Bitcoin menggunakan mata uang digital ini bukan sebagai alat tukar, namun sebagai alat trading yang menguntungkan.

Para Trader dituntut untuk selalu memonitor perkembangan isu-isu internasional termasuk isu politik, ekonomi dan sosial yang akan secara langsung mempengaruhi harga jual Bitcoin di pasaran.

Contohnya apabila terdengar ada satu negara yang menolak Bitcoin di negaranya, maka ini akan berpengaruh kepada turunnya harga Bitcoin yang membuat para pemilik untuk segera menjualnya demi menghindari resiko penurunan drastis harganya.

Sebaliknya, jika ada kabar perusahaan raksasa Amazon yang akan mengizinkan pembelian barang-barang dengan menggunakan Bitcoin, maka ini akan membuat para trader segera berburu membeli Bitcoin sebab harganya diperkirakan akan melambung tinggi di masa-masa mendatang.

3. Regulasi yang terkait dengan mata uang kripto

Faktor lainnya yang akan mempengaruhi nilai Bitcoin di bursa dunia adalah regulasi. Pada dunia trading online, akan terjadi percepatan yang sangat tinggi. Dengan demikian, para badan regulator di masing-masing negara akan memberikan perhatian yang lebih besar pada industri Bitcoin tersebut.

Tentunya Pemerintah di banyak negara akan menjadi aktif untuk memonitor berbagai aktivitas yang terkait dengan pencucian uang dan hal-hal lainnya yang menyangkut penggunaan mata uang digital ini. Faktanya sekarang ini pada sejumlah negara, pertumbuhan Bitcoin tidak menghadapi pembatasan apapun. Akibatnya, banyak pengguna di negara-negara tersebut menganggap penggunaan Bitcoin sebagai tindakan yang sah.

4. Faktor kerentanan akan adanya aksi-aksi kejahatan dan penipuan

Satu lagi faktor yang akan mempengaruh naik turunnya harga Bitcoin adalah faktor rentannya Bitcoin akan aksi-aksi kriminal yang dilakukan secara virtual.

Dengan melihat bahwa harga uang digital ini akan terus naik, maka hal ini akan mengundang penjahat di dunia virtual melakukan penipuan dengan target para trader/investor Bitcoin.

Para penipu ini akan berusaha meyakinkan para investor tersebut untuk mempercayakan Bitcoin yang mereka miliki kepada para penipu ini dengan alasan bahwa mereka dapat dengan mudah melipatgandakan keuntungan dari penjualan Bitcoin.

Kasus-kasus penipuan seperti ini pastinya akan berpengaruh buruk terhadap nilai Bitcoin sehingga harganya pun akan turun drastis. Dengan demikian, kepercayaan para trader dan investor terhadap penggunaan mata uang digital ini akan semakin menyusut yang secara langsung akan membuat harga Bitcoin ini anjlok di pasaran sebab sudah tidak ada lagi rasa percaya (trust).

Mengapa Harga Bitcoin Hari ini Bervariasi Di Masing-Masing Negara?

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah mengapa.png

Jika Anda melihat harga Bitcoin hari ini, maka dapat dikatakan bahwa sesungguhnya tidak ada standar yang baku untuk menetapkan harga Bitcoin yang bisa dijadikan sebagai referensi.

Artinya begini, Anda akan mendapatkan harga Bitcoin yang berbeda-beda pada sejumlah exchange (pasar) mata uang kripto yang berbeda yang berada pada berbagai negara di dunia pada saat yang bersamaan.

Bursa atau pasar Bitcoin atau lebih dikenal dengan sebutan exchange mungkin saja berbeda dari segi suplai dan demand/permintaan. Ada exchange yang memperoleh suplai yang tinggi, namun pada saat bersamaan, ada juga exchange yang menerima suplai yang lebih rendah, dan seterusnya.

Mengapa hal ini terjadi? Sebab mata uang digital ini sangatlah unik, tidak terikat dengan mata uang lainnya dan lokasi geografis sebuah negara, atau bahkan pasar mata uang digital manapun. Sebagai mata uang yang tidak terpusatkan, maka tak heran tidak ada standar yang baku dalam menetapkan harga Bitcoin.

Anda perlu ingat bahwa kurs yang ditayangkan oleh mesin pencarian Google dan para broker trading yang selalu menayangkan harga Bitcoin dari waktu ke waktu adalah besaran estimasi harga Bitcoin secara rata-rata yang bersumber dari trading yang berlangsung pada pasar Bitcoin global.

Terkait hal ini, perusahaan Google menggunakan API dari Coinbase untuk menghitung harga Bitcoin pada waktu riil, dan lalu menayangkan harga uang digital tersebut dengan kalkulasi mata uang dollar Amerika, tanpa memperhitungkan biaya-biaya lainnya.

Secara sederhananya begini. Jika anda ingin mengetahui harga Bitcoin melalui mesin pencarian Google yang langsung dikonversikan ke dalam kurs rupiah, maka Google akan menunjukkan kurs rata-rata di exchange Bitcoin ke dalam USD, yang kemudian akan dikonversikan ke dalam mata uang Rupiah.

Dengan demikian, Anda akan langsung mendapatkan harga 1 keping Bitcoin dengan nilai yang sudah dikonversikan ke dalam Rupiah.

Mengapa Trader Membeli Bitcoin Melalui Broker?

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah yuhuu.png

Para trader pemula yang ingin membeli Bitcoin biasanya akan mencari informasi via Google seputar exchange terbaik di negaranya. Mereka akan melakukan riset terlebih dahulu sebab exchange paling populer tidak selalu menjamin akan menjadi tempat terbaik untuk membeli Bitcoin.

Anda memang dapat secara langsung membeli Bitcoin di exchange yang tersedia. Tapi tentu saja, sebagai pemula, maka Anda mesti berpikir dua kali mengenai sejumlah risiko yang mengitarinya, sebab mata uang kripto yang mencakup Bitcoin ini merupakan aset finansial yang paling unik dan baru.

Oleh sebab itulah, perlu digunakan cara lain yang jauh lebih efisien dan efektif. Salah satu dengan melakukan transaksi jual beli Bitcoin melalui sebuah broker trading yang menyediakan mata uang kripto tersebut.

Berikut ini 3 (tiga) alasan mengapa anda perlu menggunakan broker saat membeli Bitcoin:

1. Wadah untuk likuiditas yang lebih besar

Setiap aset yang ingin diperjualbelikan, maka akan diperlukan seseorang atau wadah untuk memfasilitasi jual beli itu yaitu exchange. Semakin banyak orang membeli atau menjual pada bursa itu, maka exchange tersebut akan dianggap likuid.

Broker Bitcoin akan selalu mengawasi pasar dan berperan sesuai instruksi dari trader untuk membeli atau menjual harga perkiraan. Dengan menggunakan pembelian dan penjualan yang tersebar di seluruh exchange yang memiliki likuiditas yang paling tinggi, broker akan mampu meningkatkan likuiditas order kombinasi untuk Bitcoin.

2. Menawarkan biaya-biaya spread dan slippage yang lebih

Dengan menggunakan broker, maka para trader akan diuntungkan dengan perolehan harga pasar terbaik, spread paling rendah dan slippage yang kecil yang akan meningkatkan keuntungan mereka di masa-masa mendatang.

3. Lebih efisien terutama bagi para trader pemula

Berdasarkan volume trading harian, pasangan mata uang kripto di pasar exchange akan memiliki book order mereka sendiri untuk setiap aset melawan mata uang lain seperti USD, EURO dll.

Ini berarti akan tersedia likuiditas yang lebih sedikit pada exchange yang pada akhirnya akan menghasilkan biaya spread dan slippage yang lebih besar untuk aset yang diperdagangkan.

Sementara itu, keuntungan besar yang ada pada sebuah broker yang menyediakan mata uang kripto adalah kemampuannya dalam menawarkan aset-aset tanpa perlu khawatir adanya risiko likuiditas yang lebih rendah.

Ini tidak hanya berarti bahwa broker tersebut menawarkan biaya-biaya spread dan slippage yang lebih rendah, tapi berarti juga bahwa para pelanggan dapat menggunakan satu mata uang seperti Bitcoin, mengelola portofolio-nya dan menyimpan aset pada satu lokasi tanpa harus mendaftarkan lagi pada berbagai exchange untuk diperdagangkan.

Baca Juga: Cara Beli Bitcoin Di Indonesia Bagi Pemula 2021

Mengapa Memilih Broker Mitrade Sebagai Broker Trading Mata Uang Kripto?

Ada beberapa alasan mengapa Anda disarankan memilih Mitrade sebagai broker trading terpercaya anda untuk mata uang Bitcoin ini, sebagai berikut:

  • Mitrade meyediakan 5 (lima) jenis mata uang dengan volume trading terbesar di dunia yaitu Bitcoin (BTC), ethereum (ETH), XRP, litecoin, dan Bitcoin cash.
  • Selain sudah mendapatkan regulasi yang jelas dari dua badan otoritas regulasi yang diakui dunia yaitu Australian Securities and Investments Commision (ASIC) dan Cayman Islands Monetary Authority (CIMA). Mitrade juga seringkali memperoleh banyak penghargaan bergengsi seperti Broker Forex Asia Terbaik dan Platform Trading Mobile Terbaik oleh Forex Awards di tahun 2020, dan banyak lagi.
  • Selain aman dan mudah dalam proses registrasi dan verifikasi, hingga deposit awal yang sangat terjangkau yaitu $ 50, Anda juga akan ditawarkan akun demo dengan uang virtual sebesar $ 50.000 yang bisa anda gunakan untuk berlatih trading pada mata uang kripto.
  • Mitrade menawarkan berbagai keunggulan lainnya yang tidak ditawarkan oleh broker-broker lain, baik lokal maupun internasional, seperti 0 komisi, spread yang sangat rendah, dan juga mendukung metode transfer dana deposit dan penarikan dana melalui bank-bank lokal yang berada di Indonesia.
  • Memiliki tim layanan pelanggan yang profesional yang mendukung penggunaan bahasa Indonesia. Kini Anda tak perlu khawatir lagi sebab Anda dapat berkomunikasi untuk bertanya apa saja terkait masalah trading dalam bahasa Indonesia tanpa hambatan.

Kesimpulan

Harga Bitcoin hari ini telah melampung tinggi, dan Bitcoin kini juga menjadi harapan baru bagi para trader untuk meraih keuntungan berlipat ganda sebab harganya cenderung meningkat dari waktu ke waktu.

Meskipun diperkirakan memiliki jumlah yang sangat terbatas, namun usaha perburuan, penambangan serta trading jual beli mata uang kripto, terutama Bitcoin ini terlihat sangat dinamis, padahal ada sejumlah risiko yang juga perlu diwaspadai.

Hampir dapat dikatakan bahwa semua trader yang menggeluti aset Bitcoin akan selalu memonitor pergerakan harga Bitcoin hari ini setiap harinya. Bagi para trader Bitcoin Indonesia, mereka akan dapat melihat harga Bitcoin yang selalu diperbaharui setiap waktunya dalam kurs Rupiah.

Mereka bisa melihat perubahan harga bitcoin hari ini melalui sebuah broker yang menyediakan perdagangan mata uang kripto. Jadi Anda yang masih pemula dalam menggeluti trading Bitcoin, sekarang tidak perlu khawatir lagi, sebab sebuah broker trading terbaik dan terpercaya seperti Mitrade akan menjadi opsi broker yang menarik di tahun 2021 ini.


Bagikan Artikel

Tinggalkan Komentar

Don`t copy text!