Cara Beli Bitcoin Di Indonesia Bagi Pemula 2021

Bagi para trader di Indonesia yang ingin berkecimpung di dunia trading mata uang kripto, terutama Bitcoin, haruslah tahu cara beli Bitcoin di Indonesia supaya tidak salah melangkah. Para trader pemula biasanya terlebih dahulu akan membekali mereka dengan pengetahuan dasar seputar Bitcoin sebelum terjun ke perdagangan aset finansial ini. Mereka mulai menyadari, meskipun trading Bitcoin penuh dengan risiko, namun terdapat kecenderungan akhir-akhir ini bahwa harganya semakin naik dari hari ke hari.

Nah sebenarnya untuk mengetahui cara membeli Bitcoin di Indonesia ini sangatlah mudah dan simpel. Anda kini tidak perlu khawatir lagi sebab Anda bisa mempelajari langkah-langkah ini secara cepat. Cara-cara ini tidaklah serumit yang mungkin pernah dibayangkan Anda sebelumnya.

Secara singkat, cara beli Bitcoin di Indonesia mencakup ke dalam beberapa langkah berikut ini:

1. Silahkan pilih sebuah dompet Bitcoin yang cocok menurut pertimbangan Anda

2. Silahkan pilih platform exchange yang tepat

3. Silahkan lakukan registrasi dan lalu selesaikan proses KYC atau Know Your Customer

4. Silahkan beli Bitcoin sesuai modal uang Anda

Cukup simpel, bukan? Nah sekarang ini, akan kami paparkan secara lebih detail mengenai langkah-langkah cara beli Bitcoin di Indonesia yang perlu Anda ketahui sebagai berikut:

Step 1 # Cara Beli Bitcoin di Indonesia: Pilihlah Sebuah Dompet Bitcoin

Sebelum membeli Bitcoin, terlebih dahulu Anda perlu memilih sebuah dompet Bitcoin yang banyak tersedia secara online. Dompet Bitcoin ini dapat diartikan secara simpel sebagai wadah penyimpanan Bitcoin Anda, dimana dompet ini juga bisa berfungsi untuk menyimpan semua informasi terkait Bitcoin serta memvalidasi setiap transaksi yang menggunakan Bitcoin tersebut.      

Cara beli bitcoin di Indonesia: Pilihlah sebuah dompet Bitcoin

Perlu diketahui oleh Anda bahwa sejauh ini terdapat 5 (lima) tipe dompet yang mendukung transaksi jual beli dan penyimpanan Bitcoin sebagai berikut:

1) Dompet Mobile  

  

Sesuai namanya, dompet ini adalah tempat menyimpan Bitcoin yang berbasis aplikasi mobile, terutama untuk penggunaan sistem operasi Android dan IOS. Anda dapat mengunduhnya di Google Play dan Apple Store secara gratis dan cepat. Karena bersifat mobile, jenis dompet ini bisa Anda gunakan dimana saja Anda berada untuk mendukung transaksi jual dan beli, pembayaran Bitcoin dan lain-lain. Hanya dengan melakukan scanning QR Code ataupun NFC perangkat mobile Anda, dompet mobile yang Anda akan segera melakukan fungsi-fungsi tersebut.

Dalam perkembangannya ada beberapa aplikasi dompet Mobile yang bisa Anda unduh dan gunakan tergantung kepada sistem operasional perangkat mobile Anda, seperti misalnya yang sangat populer di dunia adalah Bitcoin Wallet untuk Android, Bitwallet, Bitalo, Paytune untuk IOS, Coinbase baik untuk Android maupun IOS, Jaxx, Coinomi dan lain sebagainya.

Anda perlu hati-hati dengan penggunaan dompet jenis mobile ini sebab jika ada kerusakan pada ponsel pintar Anda atau terjadi peretasan/hacking, maka akan mungkin menyebabkan hilangnya Bitcoin Anda.

2) Dompet Web

Sesuai namanya, dompet Bitcoin ini berbasis Web yang dipersiapkan oleh penyedia-penyedia dompet web yang merupakan pihak ketiga. Penyedia dompet web ini menawarkan fleksibilitas bagi para penggunanya saat mengakses dompet Bitcoin dalam format web yang disediakan. Karena itulah, Anda perlu mempertimbangkan faktor-faktor keamanan jika ingin memilih jenis dompet ini sebab Anda akan mempercayakan uang Bitcoin Anda sepenuhnya kepada pihak penyedia dompet ini. Artinya, Bitcoin anda mungkin saja akan hilang dengan mudah apabila ternyata pihak penyedia dompet Web ini menghilang atau tutup.

Apabila ingin memilih jenis dompet Bitcoin berbasis web ini, maka nama-nama seperti Xapo, Blockchain, Counterwallet, Coinbase perlu Anda pertimbangkan.

3) Dompet desktop

Jika Anda merupakan seorang yang senang memandang lama komputer, Anda juga bisa memili dompet desktop yang bisa Anda unduh dan install di komputer PC Anda secara instan baik untuk penggunaan sistem operasi Windows ataupun Apple Imac.

Ada beberapa aplikasi dompet desktop yang bisa diunduh dengan gratis seperti Multibit, Armory yang merupakan hasil upgrade dari Bitcoin QT, Electrum yang dianggap dompet tercepat dan tidak rumit, namun memiliki fitur yang sangat terbatas, dan banyak lagi.

Sama seperti dengan dompet berbasis aplikasi mobile, Anda juga perlu hati-hati dengan risiko hilangnya Bitcoin Anda jika komputer Anda mengalami kerusakan atau terdapat aksi peretasan data-data Anda.

4) Dompet perangkat keras/hardware    

Nampaknya dompet jenis perangkat keras dapat dijadikan opsi yang cukup menarik untuk dipilih. Anda hanya perlu membeli dompet tipe ini untuk menyimpan Bitcoin dan kunci-kunci privat Anda pada sebuah perangkat keras yang aman. Adapun prinsip utama dari penggunaan dompet tipe ini adalah menyediakan keamanan penuh dari risiko terjadinya hacking pada komputer atau perangkat mobile Anda, dibandingkan dengan penggunaan dompet desktop atau aplikasi mobile.

Ada sejumlah pilihan dompet perangkat keras yang cukup populer di dunia, seperti Ledger Nano X, Trezor T, dan lain-lain.

5) Dompet kertas/paper

Dompet jenis kertas atau paper merupakan sebuah nama untuk metode penyimpanan Bitcoin yang sudah tidak populer lagi saat ini. Metode ini dianggap sudah tidak aman lagi meskipun biayanya sangat murah, dan sejak tahun 2016 sudah banyak ditinggalkan oleh para trader Bitcoin di seluruh dunia.

Dompet kertas ini bisa didefinisikan sebagai secarik kertas yang mengandung baik kunci-kunci privat maupun publik dan sebuah alamat Bitcoin tunggal.

Perlu diketahui oleh Anda, untuk menyimpan Bitcoin, dompet kertas ini akan menggunakan frasa seed (sekumpulan kata-kata yang menyimpan seluruh informasi yang diperlukan untuk memulihkan dana Bitcoin secara on-chain), dimana Anda menuliskan 12 hingga 24 kata-kata secara acak yang dihasilkan oleh dompet jenis ini.

Jika ingin membuat dompet jenis paper, maka langkah pertama yang mesti dilakukan adalah memilih sebuah generator seperti bitaddress.org, atau walletgenerator.net, dan lain sebagainya.

Baca Juga: 8 Dompet Bitcoin Terpercaya dan Berguna di Indonesia 2021

Step 2 # Cara Beli Bitcoin di Indonesia: Pilih Platform Exchange yang Tepat

Langkah kedua yang mesti dilakukan sebelum membeli Bitcoin di Indonesia adalah Anda perlu memilih sebuah platform exchange yang sesuai dengan penilaian Anda. Di dunia trading mata uang kripto, kini sudah banyak tersedia exchange-exchange yang menyediakan platform, baik itu internasional maupun nasional yang bisa Anda pilih secara mudah dan cepat.

Kami merekomendasikan agar Anda memilih sebuah platform yang disediakan oleh exchange yang dinyatakan legal dan memiliki regulasi keuangan yang jelas. Untuk lebih jelasnya mengenai exchange-exchange legal dan populer baik di Indonesia maupun dunia, silahkan baca artikel kami mengenai Cara Investasi Bitcoin Bagi Pemula: Panduan Lengkap 2021

Faktanya terdapat ratusan platform exchange yang bisa dipilih oleh Anda yang dapat digolongkan ke dalam 3 (tiga) kategori sebagai berikut:

1) Pertukaran melalui peer-to-peer (P2P)   

 

Sesuai namanya, transaksi Bitcoin menggunakan platform ini akan memangkas jasa perantara dimana para penjual dan pembeli akan dapat melakukan transaksi Bitcoin secara langsung. Para penjual itu akan memiliki keleluasaan untuk menentukan harga Bitcoin yang mereka inginkan, dan bahkan pula menentukan metode pembayaran yang diterima. Dengan menggunakan cara seperti ini, akan meningkatkan privasi dan kerahasiaan transaksi Anda.

Bagaimana pun juga jika Anda adalah seorang penjual dengan menggunakan metode ini, maka Anda juga bisa saja menentukan harga lebih tinggi dari harga Bitcoin di bursa exchange. Sebaliknya jika Anda merupakan seorang pembeli, Anda mungkin saja akan memperoleh harga lebih murah 1 hingga 15% dibandingkan harga di pasaran, jadi ini sangat menguntungkan Anda.

Dalam hal ini, Anda bisa memilih Paxful dan localBitcoins sebagai platform exchange untuk Bitcoin Anda, dimana platform seperti localBitcoins sudah menyediakan pembayaran dengan berbagai metode seperti transfer bank lokal, kartu kredit, e-wallet termasuk OVO, DANA dan Go-Pay, Paypal, Skrill dan banyak lagi.

Selain Bitcoin, ada juga jenis mata uang kripto yang juga diperdagangkan melalui metode peer to peer ini seperti Tether, Litecoin, Ethereum dll. Untuk lebih detilnya, Anda bisa mengunjungi masing-masing website resminya.

Namun ternyata saat mengambil metode platform ini, maka hal ini tidak akan lepas dari sejumlah keunggulan dan juga kekurangan yang perlu Anda ketahui, seperti dijelaskan berikut ini:

Keuntungan-keuntungan:

  • Tidak memerlukan pihak ketiga atau perantara untuk menyelesaikan transaksi
  • Bisa memperoleh harga Bitcoin dengan harga yang lebih murah dibandingkan harga di pasaran.

Kekurangan-kekurangan: 

  • Likuiditas yang terbatas akan mempengaruhi harga Bitcoin pada platform
  • Ada risiko tertundanya penerimaan Bitcoin hingga berjam-jam bahkan berhari-hari apabila penjual Bitcoin menggunakan layanan escrow.

2) Broker-Broker Bitcoin

Jika Anda memilih broker-broker Bitcoin yang populer dan terpercaya seperti Luno dan Indodax, maka biasanya Anda akan disuguhkan platform-platform yang ramah penggunaan untuk melakukan transaksi jual beli Bitcoin secara cepat dan mudah. Broker-broker ini akan memberikan keleluasaan pembayaran untuk koin digital Anda dengan menggunakan USD maupun IDR (Rupiah Indonesia), tergantung kenyamanan Anda.

Metode pembayaran yang bisa Anda ambil termasuk kartu kredit (Master Card dan Visa), transfer lokal bank, e-wallet populer di Indonesia seperti DANA, OVO, Go-Pay dan lain-lain.

Tidak hanya Bitcoin, pada broker-broker ini juga menyedian berbagai mata uang kripto lainnya seperti Ethereum, Ripple, Cardano, Dogecoin dan lain-lain.

Selain itu, Anda juga perlu mengetahui beberapa keuntungan dan kekurangan broker-broker mata uang kripto ini yang dirangkum sebagai berikut:

Keuntungan-keuntungan:

  • Biasanya menyediakan lebih banyak jenis mata uang kripto selain Bitcoin
  • Bitcoin akan lebih aman jika terjadi peretasan dan pencurian data-data dan Bitcoin Anda
  • Menyediakan platform trading yang ramah pengguna dan tidak rumit.

Kekurangan-kekurangan:

  • Biasanya membebankan biaya yang lebih tinggi dibandingkan opsi lainnya, termasuk biaya membayar jasa broker dll.

Baca Juga: 12 Aplikasi Trading Bitcoin Terbaik di Indonesia 2021

3) Platform trading mata uang kripto  

Anda juga dapat memilih opsi platform yang ketiga yang ditawarkan oleh exchange seperti Binance dan Huobi. Dengan platform ini, Anda dibolehkan untuk membeli Bitcoin dengan menggunakan mata uang kripto lainnya. Exchange-exchange ini cenderung menawarkan biaya yang lebih rendah dibandingkan dengan broker-broker dan menyediakan akses yang lebih ke berbagai macam koin untuk diperdagangkan.

Bagaimanapun juga, Anda biasanya akan diminta untuk sudah memiliki mata uang kripto lainnya supaya dapat menggunakan tipe pertukaran ini. Jadi saya kira, platform trading ini tidak begitu cocok untuk para trader pemula.

Untuk pembayaran, Anda akan ditawarkan berbagai opsi metode yang ditawarkan sesuai dengan kenyamanan Anda termasuk transfer bank, kartu kredit dan debit, dan lain sebagainya. Untuk informasi lebih detil, Anda perlu mengunjungi masing-masing platform tersebut.

Platform trading ini juga menyediakan berbagai macam mata uang kripto selain Bitcoin seperti Ethereum, Ripple, Litecoin, Dogecoin dan lain sebagainya.

Jika Anda berminat mengambil platform ini, maka Anda juga perlu mengetahui sejumlah keuntungan dan kekurangan platform-platform ini yang dirangkum sebagai berikut:

Keuntungan-keuntungan:

  • Biasanya menyediakan lebih banyak mata uang kripto untuk diperdagangkan
  • Menawarkan platform trading yang didesain secara menarik dan profesional
  • Menawarkan biaya-biaya yang lebih terjangkau dibandingkan dengan broker-broker.

Kekurangan-kekurangan:

  1. Tidak direkomendasikan bagi para trader yang benar-benar pemula
  2. Perlu dicek regulasinya untuk menjamin keamanan uang Anda dari broker yang tidak teregulasi.

Catatan Tambahan    

Untuk keefisienan dan kenyamanan Anda terutama jika Anda tidak mempunya sebuah dompet Bitcoin apapun, maka Anda bisa memilih opsi lainnya yang lebih cepat dan mudah, yaitu dengan cara membelinya pada platform trading yang disediakan oleh berbagai broker lokal maupun asing yang populer dan terpercaya seperti Etoro dan Mitrade.

Namun perlu diketahui disini, bahwa membeli Bitcoin melalui broker-broker trading ini sama artinya dengan Anda membeli Bitcoin dalam bentuk kontrak atau CFD dimana Anda tidak benar-benar memiliki unit atau keping Bitcoin sungguhan. Maksudnya adalah Anda akan memperoleh keuntungan finansial dari adanya selisih transaksi jual beli Bitcoin yang dilakukan oleh broker-broker tersebut. Anda memprediksikan bahwa harga Bitcoin akan naik di masa depan, dan karenanya Anda memutuskan untuk bergabung pada broker itu untuk membeli Bitcoin dan menahannya untuk dijual kembali nantinya saat nilai Bitcoin mencapai harga yang diharapkan. 

Jika ingin tahu kelebihan-kelebihan membeli Bitcoin pada broker-broker trading, maka saya akan kemukakan beberapa kelebihan itu untuk menjadi bahan pertimbangan Anda, sebagai berikut:

  • Gampang dalam proses pendaftaran, verifikasi serta penyetoran deposit awal untuk membuat sebuah akun baru yang hanya mengambil waktu beberapa menit saja.
  • Adanya penawaran berupa rasio leverage yang akan meningkatkan laba investasi pada Bitcoin Anda meskipun modal yang Anda miliki kecil. Contohnya saja dengan rasio leverage 1: 5 yang ditawarkan sebuah broker, sementara modal Anda hanya $ 50, namun Anda dibolehkan membuka posisi senilai $ 250.
  • Tidak perlu memiliki bitcoin wallet
  • Broker-broker CFD asing seperti Mitrade sudah memperoleh lisensi dari badan regulator keuangan yang diakui dunia yaitu Australian Securities and Investments Commision (ASIC) dan Cayman Islands Monetary Authority (CIMA) yang akan sangat menjamin keamanan atas dana dan data pribadi Anda.
  • Eksekusi trading Bitcoin sangat cepat dan praktis karena dengan CFD Anda tidak benar-benar memiliki unit-unit Bitcoin. Oleh karena itu, faktor ini akan memberikan Anda efisiensi waktu, fleksibilitas dan membiarkan Anda bereaksi secara cepat pada pergerakan market Bitcoin.

Namun bagaimanapun juga, selain terdapat keuntungan trading Bitcoin melalui broker-broker dalam bentuk CFD, maka ada juga sejumlah kekurangannya, sebagai berikut:

  • Broker-broker biasanya membebankan sejumlah biaya-biaya kepada Anda seperti spread dan biaya jika Anda melakukan hold (menahan posisi) yang dihitung per harinya. Namun biasanya biaya-biaya tersebut tidak besar. Misalnya broker Mitrade menawarkan biaya spread yang sangat rendah dan bahkan mengenakan zero komisi kepada para penggunanya. 
  • Harus terjalin sikap saling percaya antara Anda dan broker tersebut. Anda juga mesti memastikan bahwa harga Bitcoin yang tertera pada broker akan sama dengan harganya pada bursa/exchange. 

Step 3 # Cara Beli Bitcoin di Indonesia: Registrasi dan Selesaikan Proses KYC

Langkah selanjutnya adalah silahkan lakukan pendaftaran untuk membuat sebuah akun secara gratis pada sebuah platform exchange pilihan Anda dengan memilih username dan password yang diinginkan. Anda dapat melakukan pendaftaran dengan akun Google, Facebook, dan lain-lain. 

Sama halnya dengan pembukaan pada sebuah rekening di bank-bank lokal Indonesia, maka anda diwajibkan untuk mengikuti proses Know Your Customer sebagai hal yang diwajibkan oleh pihak Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Indonesia.

Oleh karena itulah, maka silahkan lengkapi data-data yang diminta dengan tepat pada kolom-kolom tersedia seperti nama, tanggal lahir, alamat tempat tinggal, alamat email yang valid dll sebagai proses pengenalan anda sebagai pelanggan baru pada broker tersebut (Know Your Customer).  Di samping itu, Anda juga akan diminta untuk meng-upload Kartu Tanda Penduduk atau Paspor Anda beserta foto wajah Anda yang sekarang.

Jika Anda sudah mengisi kolom-kolom itu secara lengkap dan akurat serta meng-upload dokumen-dokumen yang diminta, maka biasanya akun baru Anda akan diverifikasi oleh pihak penyedia platform exchange tidak lebih dari 1 (satu) hari.

Step 4 # Cara Beli Bitcoin di Indonesia: Melakukan deposit awal

Untuk memulai pembelian Bitcoin di bursa, maka Anda perlu melakukan deposit awal setelah akun Anda berhasil diverifikasi oleh pihak penyedia platform exchange. Di Indonesia sendiri, Anda dapat melakukan penyetoran dana sebesar minimal Rp 50.000 untuk bisa membeli Bitcoin ataupun jenis mata uang kripto lainnya. 

Ada banyak metode pembayaran yang tersedia seperti kartu kredit master card dan Visa. Namun lebih praktisnya, Anda bisa menggunakan metode transfer bank lokal sebab Anda dapat melakukan deposit dengan mata uang Rupiah. Selain itu, Anda juga bisa menggunakan e-wallet seperti DANA, OVO, GO-pay untuk melakukan deposit pada akun baru Anda.

Step 5 # Cara Beli Bitcoin di Indonesia: Mulai membeli Bitcoin

Setelah melakukan deposit awal, akhirnya Anda dibolehkan untuk mulai membeli Bitcoin atau jenis mata uang kripto lainnya sesuai dengan pilihan Anda pada bursa Bitcoin. Anda dapat mengirimkan sebuah order melalui platform pilihan Anda dengan cara singkat sebagai berikut:

  • Silahkan “Buy/Sell” pada bagian atas layar platform
  • Silahkan lakukan pencarian Bitcoin dan lalu klik “Buy BTC”
  • Silahkan masukan jumlah BTC yang Anda inginkan atau jumlah Rupiah yang ingin Anda belanjakan untuk membeli Bitcoin

Untuk kebanyakan para pengguna pemula, opsi yang paling mudah dan nyaman adalah dengan menggunakan sebuah broker Bitcoin.

Tidak masalah tipe exchange yang Anda pilih, Anda biasanya akan perlu melakukan pendaftaran untuk membuat akun pertama Anda. Tergantung kepada exchange yang Anda gunakan dan persyaratan regulasi yang dikenakan, Anda boleh saja mendaftar dengan hanya menyediakan alamat e-mail Anda atau Anda boleh perlu menyediakan nama lengkap dan informasi kontak Anda serta kartu identitas sebelum dibolehkan untuk trading.

Sesaat setelah akun anda sudah diverifikasi, maka Anda perlu memasukkan jumlah Bitcoin yang ingin Anda beli, memilih metode pembayaran Anda, dan mengulas biaya-biaya serta total biaya transaksi, dan kemudian menyelesaikan pembelian Anda. Perlu diketahui bahwa langkah-langkah tepat yang perlu Anda ikuti itu bervariasi tergantung kepada metode pembayaran dan tipe platform yang Anda pilih. Jadi untuk lebih detailnya, silahkan baca berbagai cara Anda membeli Bitcoin.

Cara-Cara Lain untuk Mendapatkan Bitcoin

Selain dengan cara membeli Bitcoin pada platform exchange dan broker-broker trading populer seperti Mitrade, Anda juga dapat memperoleh Bitcoin dengan cara-cara lainnya. Dalam hal ini, Anda perlu memperhatikan kemampuan finansial, waktu dan target keuntungan jika Anda memutuskan untuk menjual Bitcoin Anda di bursa.

Adapun cara-cara ini dirangkum sebagai berikut:

  • Melakukan penambangan (mining) Bitcoin

Proses mining Bitcoin bisa didefinisikan sebagai proses verifikasi atas transaksi pada blockchain, dengan cara menambahkan blok baru ke dalam jaringan. melalui cara ini, seorang penambang harus mencari 64 digit nomor heksadesimal atau hash. Miner yang pertama kali menambahkan blok, akan diberikan hadiah berupa unit BTC.

Sekarang ini, cara penambangan yang tadinya dilakukan via komputer personal, bisa dikerjakan dengan menggunakan Application-Specific Integrated Circuit atau disingkat ASIC. Di samping itu, Anda juga bisa memakai software khusus yang didesain untuk menambang Bitcoin seperti CG Miner dan BFG Miner. Sementara itu, opsi lain untuk menambang Bitcoin adalah dengan bergabung pada wadah perkumpulan para penambang Bitcoin di dunia seperti BitMinter, CK Pool, Slush Pool dan lain sebagainya.

Baca Juga: Cara Mining Bitcoin Gratis untuk Pemula (Panduan Lengkap 2021)

  • Memperoleh Bitcoin gratis

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mendapat Bitcoin secara gratis, yaitu pertama dengan melakukan penambangan awan (cloud mining), dimana Anda membuat sebuah akun pada sebuah perusahaan penyedia fasilitas tersebut dengan biaya yang lebih murah. Kedua, dengan  melakukan penambangan dengan menggunakan piranti keras (hardware) yang didesain khusus untuk menambang Bitcoin.

Jika ingin menggunakan metode ini, maka Anda perlu mempertimbangkan segala keunggulan dan kekurangan yang melingkupinya supaya proses mining Anda membuahkan hasil yang maksimal. 

Baca Juga: 9 Cara Mendapatkan Bitcoin Gratis dengan Cepat dan Mudah, Siapa Pun Bisa!

  • Mengenakan Bitcoin untuk jasa dan layanan

Sejauh ini semakin banyak perusahaan terkemuka di dunia membuat sistem pembayaran yang memungkinkan transaksi menggunakan Bitcoin, seperti Microsoft, AT&T, Home Depot dan lain-lain. Mereka sudah mempertimbangkan secara cermat beberapa keunggulan pembayaran dengan menggunakan Bitcoin dibandingkan dengan mata uang fiat.

Selain itu, sejumlah aplikasi yang terdapat di Android dan Apple Store saat ini memungkinkan bagi para pemilik Bitcoin untuk membayar tiket penerbangan dengan mengkonversi Bitcoin ke uang fiat pada saat itu juga (real time). Beberapa universitas terkemuka di dunia juga membolehkan para mahasiswanya untuk membayar uang kuliah dengan menggunakan Bitcoin.

Kesimpulan

Untuk Anda yang masih pemula, terdapat banyak cara beli Bitcoin di Indonesia secara cepat dan mudah. Anda dapat memperhatikan langkah-langkah tersebut supaya kegiatan trading dan investasi Anda pada jenis aset finansial ini dapat menghasilkan keuntungan yang diharapkan.

Bagaimanapun juga, jika Anda ingin pembelian Bitcoin lebih fleksibel dan praktis dengan proses pembuatan akun yang cepat dan gampang, maka Anda dapat mencoba sebuah broker asing yang populer dan sudah diakui secara baik oleh para trader internasional seperti broker Mitrade. Broker yang telah menyabet banyak penghargaan internasional ini sudah disarankan oleh banyak reviewer sebagai salah satu broker trading Bitcoin yang paling direkomendasikan di tahun 2021 ini. 


Bagikan Artikel

Tinggalkan Komentar

Don`t copy text!