Cryptocurrency adalah? Pengertian Cryptocurrency dan Jenis Mata Uang Kripto(Penjelasan Lengkap 2021)

Jika melihat sejumlah fakta di lapangan, bisa dikatakan cryptocurrency adalah mata uang digital yang paling banyak diperbincangkan oleh para trader, tidak hanya di dunia tapi juga di Indonesia. Harganya terutama jenis mata uang bitcoin ini relatif semakin hari semakin naik dan bahkan kini menjadi incaran para investor di tanah air, termasuk mungkin saja Anda sebab terbukti memberikan keuntungan maksimal. .

Karena karakternya yang unik dan terbilang masih baru, maka sebelum memulai trading atau investasi pada aset ini, diperlukan beberapa pengetahuan dasar seputar cryptocurrency atau mata uang kripto ini supaya Anda memiliki gambaran lengkap mengenai fenomena ini untuk investasi dan transaksi jual beli.

Nah, apakah Anda penasaran dengan apa itu cryptocurrency, dan bagaimana cara kerja serta fungsi-fungsinya?  Silahkan baca terus artikel ini sampai habis! Di sini juga akan kami kemukakan beberapa kelebihan dan kekurangan cryptocurrency yang perlu Anda ketahui sebelum Anda memilih aset finansial ini sebagai instrumen investasi.

Selamat membaca!

1. Pengertian Cryptocurrency

cryptocurrency adalah salah satu aset digital

Secara sederhana arti dari cryptocurrency adalah salah satu aset digital yang diartikan juga sebagai mata uang digital yang memiliki karakter-karakter unik dari proses perolehannya dan penggunaannya pada transaksi. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa berbeda dengan mata uang konvensional dan jauh lebih populer lainnya seperti dollar, rupiah dan lain-lain, cryptocurrency ini biasanya dimanfaatkan sebagai alat transaksi jual beli yang menggunakan jaringan internet atau dilakukan secara virtual.

Mata uang kripto ini tidak memiliki bentuk fisik dan transaksinya dilakukan secara langsung antara pengirim dan penerima. Faktanya adalah bahwa semua transaksi jual beli mata uang ini akan dicatat oleh sebuah sistem yang memiliki keamanan cukup tinggi. 

2. Bagaimana Cara Kerja Cryptocurrency

Sebenarnya cara kerja cryptocurrency ini tidak serumit yang dibayangkan. Mata uang kripto ini menggunakan teknologi yang tidak terpusatkan untuk memungkinkan para penggunanya membuat pembayaran yang aman dan menyimpan uang tanpa perlu menggunakan nama atau pergi ke bank-bank terdekat.

Mereka beroperasi pada sebuah buku besar umum yang disebut dengan blockchain, yang merupakan sebuah catatan atas seluruh transaksi yang terus menerus di-update dan dipegang oleh para pemilik koin. Dianggap juga sebagai teknologi pembukuan terdistribusi, blockchain ini bisa diakses oleh setiap peserta yang tergabung pada jaringan terdistribusi.

Unit-unit dari cryptocurrency dibuat melalui proses yang disebut penambangan atau mining, yang melibatkan penggunaan daya komputer untuk memecahkan soal-soal matematika yang rumit yang menghasilkan koin-koin. Para pengguna juga dapat membeli mata uang-mata uang tersebut dari para broker, dan menyimpan serta membelanjakannya dengan menggunakan dompet cryptocurrency.

Perlu diketahui bahwa nilai dari mata uang kripto ini juga bersifat fluktuatif atau naik turun tergantung kepada beberapa faktor seperti ketersedian di pasar global dan tingkat kepercayaan/trust dari para pengguna itu sendiri.

3. Fungsi cryptocurrency

Setelah Anda mengetahui apa itu cryptocurrency dan bagaimana cara kerjanya, di bawah ini dijelaskan beberapa fungsi dari mata uang digital ini sebagai berikut:

Dapat digunakan sebagai instrumen investasi

Sebenarnya prinsip dari mata uang digital ini mengadopsi prinsip-prinsip ekonomi yang kita kenal sebelumnya, yaitu harga akan meningkat saat ada banyak demand. Sebaliknya, jika demand akan mata uang itu semakin sedikit, maka hal itu akan menurunkan harganya di bursa.  Dengan demikian, semakin banyak orang melakukan investasi pada aset ini, maka semakin tinggi pula harganya sebab persediannnya terbatas.

Anda perlu berhati-hati saat memilih instrumen ini untuk investasi, sebab cryptocurrency memilki risiko yang sangat tinggi sehingga dapat merugikan investasi Anda. Jika Anda mau investasi dalam jangka waktu yang panjang, maka pilihkan salah satu mata uang digital yang diperkirakan akan membuatmu untung di kemudian hari. 

Dapat digunakan untuk membeli barang (goods) atau jasa (servis)

Pada tahun-tahun belakangan ini sejak kemunculan cryptocurrency untuk pertama kalinya, maka sudah banyak perusahaan dan perkumpulan yang sudah menerima dan mengaplikasikan pembayaran dengan menggunakan cryptocurrency, seperti bidang perhotelan, penerbangan dan bahkan institusi pendidikan tinggi di dunia. Saat ini sejauh pengetahuan saya sudah ada dua perusahaan yang menerima aset ini sebagai alat transaksi yang sah yaitu Newegg dan Overstock.

Bahkan startup blockchain yaitu SureRemit membolehkan para penggunanya mengirimkan remittance bukan uang (non cash) dari mana saja di dunia ke beberapa negara di Afrika. Atau platform bloggin dan media sosial, Steemit, memungkinkan para penerbit untuk menerima hadiah uang dalam bentuk cryptocurrency saat memposting sebuah konten. Di antara puluhan mata uang kripto ini, jenis bitcoin inilah yang lebih banyak diterima sebagai alat jual beli.

Dapat disimpan pada tempat yang aman

Jika Anda menyimpan uang di bank, maka rekening bank Anda mungkin saja terkena sejumlah masalah seperti pembekuan aset atau risiko kehilangan uang Anda akibat tindakan kriminal dll.Hal ini tentu sangat merugikan Anda sebab Anda akan mengalami kesulitan kepada uang simpanan Anda.

Tapi jika Anda menyimpan aset Anda dalam bentuk cryptocurrency, maka risiko-risiko ini dapat diminimalisir sebab hanya orang-orang tertentu yang mengetahui kunci-kunci privat yang dapat mengakses dompet mata uang digital itu. Dengan demikian, tidak ada dompet bitcoin yang bisa dibekukan oleh pihak otoritas.

3. Kelebihan dan kekurangan cryptocurrency yang perlu diketahui

Tentu saja, di samping beberapa keunggulan atau kelebihan pada kepemilikan cryptocurrency ini, Anda juga perlu memperhatikan sejumlah kekurangan mata uang digital ini yang dipaparkan sebagai berikut:

Kelebihan-kelebihan cryptocurrency

Menjamin adanya kemudahan dan kecepatan

Banyak yang beralih kepada aset investasi ini sebab cryptocurrency menawarkan kemudahan dan kecepatan dalam melakukan transaksi dibandingkan dengan penggunaan uang konvensional yang terasa lebih rumit dan kurang efisien. Contohnya saja jika Anda ingin membuka rekening bank yang baru atau melakukan transfer pengiriman uang ke luar negeri, maka Anda perlu menyertakan dokumen pendukung dan yang lainnya.

Selain itu, hari kerja perbankan juga sangat terbatas, yaitu dari hari Senin hingga Jum’at antara pukul 8 pagi hingga 5 sore hari. Hal ini berbeda dengan cryptocurrency sebab Anda dapat menggunakannya untuk transaksi kapan saja sesuai keinginan dan kenyamanan Anda sendiri.

Menjamin adanya keamanan yang lebih baik

Kelebihan kedua dari cryptocurrency adalah jaminan keamanan yang lebih baik sebab para pengguna tidak perlu mengungkapkan identitas aslinya kepada pengguna lainnya. Hal ini berbeda sekali dengan mata uang konvensional dimana Anda harus menyertakan data-data pribadi Anda sebelum melakukan transaksi di bank.

Iya, siapa yang akan menjamin data-data Anda tidak bocor pada bank? Sebab mungkin saja ada seorang pegawai bank yang membocorkan data-data Anda ke orang lain sehingga data-data Anda bisa dicuri dan digunakan oleh para pelaku kriminal untuk menguras isi simpanan uang Anda.

Selain itu, mata uang kripto ini tidak dapat dipalsukan, tidak seperti uang kertas yang biasa kita gunakan. Anda sebagai pengguna cryptocurrency akan bebas dari risiko kejahatan seperti carding yang rentan terjadi pada para pengguna baik kartu debit maupun kartu kredit. Mata uang digital ini memilki basis kriptografi yang dirancang untuk terhindari dari peretasan dan jenis kejahatan lainnya.

Adanya potensi kenaikan harga cryptocurrency di masa depan

Adapun kelebihan ketiga dari kepemilikan cryptocurrency adalah adanya potensi kenaikan harganya di masa depan yang cukup tinggi. Peluang naiknya nilai mata uang digital ini pastinya akan memberikan profit yang baik buat para pengguna apalagi jika kenaikan itu terjadi secara cepat yang melambungkan harganya di pasar exchange. Perhatikan saja contoh jenis bitcoin yang fenomenal ini!

Ada banyak orang yang kaya karena menjual bitcoin dengan harga lebih tinggi, padahal saat membelinya beberapa tahun sebelumnya, harganya sedikit lebih terjangkau. Jadi ini akan membuka peluang investasi yang baik bagi Anda jika Anda mau bersabar. Selain itu, mata uang kripto  bisa jadi aset portfolio yang menarik sebab memiliki sedikit hubungan dengan aset-aset populer lain, dan karenanya cocok untuk diversifikasi portfolio.

Kekurangan-kekurangan cryptocurrency

Tentunya, ada beberapa kekurangan dari kepemilikan cryptocurrency yang perlu Anda perhatikan secara cermat, termasuk di antaranya adalah:

Terdapat risiko volatilitas yang cukup tinggi

Dikarenakan mata uang jenis ini baru sekitar 10 tahun-an dikenal oleh masyarakat dunia, maka volatilitas cryptocurrency cukup tinggi. Artinya nilainya bisa saja secara mendadak melambung tinggi dan juga sebaliknya dapat menurun tajam sehingga akan merugikan para pemilik mata uang kripto ini jika mereka salah memprediksi.

Apakah ada jaminan apabila cryptocurrency ini mempunyai nilai di masa depan sehingga para pengguna tidak lagi tertarik memililkinya sehingga mempengaruhi harga jual belinya? Sementara itu, perkiraan harga akan cryptocurrency ini di masa depan juga terkadang sulit dilakukan, hal ini berbeda dengan berbagai aset finansial populer lainnya seperti saham dan emas.

Bisa mengakibatkan pelanggaran hukum

Salah satu kekurangan dari kepemilikan cryptocurrency ini adalah terdapat potensi yang mengarah kepada pelanggaran hukum. Ya,masih banyak negara yang masih belum mengakui cryptocurrency sebagai alat tukar yang sah seperti halnya di Indonesia. Di negara kita sendiri, mata uang kripto hanya bisa dijadikan sebagai instrumen investasi saja, dan bukan sebagai opsi alternatif yang menggantikan peran uang rupiah.

Jadi menggunakannya untuk kegiatan transaksi jual beli barang dan jasa di semua pasar di Indonesia masih dianggap sebagai perbuatan yang melanggar hukum. Namun fakta ini tidak berlaku di beberapa negara, seperti Swedia sebab di negara Eropa tersebut, penggunaan cryptocurrency terutama koin Bitcoin ternyata tidak dilarang. Bahkan negara ini punya rencana akan meluncurkan mata uang kripto versinya sendiri. Cukup menarik,bukan?

Ada kemungkinan para pengguna lupa kunci wallet pada cryptocurrency

Jika Anda memiliki salah satu mata uang digital ini, maka Anda akan perlu sebuah dompet untuk menyimpannya. Dan pastinya Anda sebagai pemilik akan diberikan kunci yang bisa berupa pin atau password untuk membukanya. Lalu bagaimana jika Anda lupa kunci wallet Anda?

Iya bisa saja Anda lupa dengan kuncinya terutama jika Anda sudah lama tidak membuka wallet Anda, mirip dengan pembukaan email yang sudah lama tidak dibuka. Nah, jika Anda ternyata lupa dengan kuncinya, maka Anda akan kehilangan akses kepada mata uang digital ini yang cukup merugikan Anda apalagi jumlah saldo Anda di wallet tersebut ternyata cukup besar.

Tapi jangan khawatir! Sebab dalam perkembangannya, kini sudah ada sejumlah aplikasi yang bisa digunakan untuk membuka kunci dompet Anda. Untuk mengantisipasi hal ini, Anda disarankan untuk terus mengingat kata sandi yang pernah dibuat untuk membuka walet digital Anda. Misalnya saja Anda bisa mencatatnya di buku catatan Anda.

4. Mengetahui cryptocurrency  yang paling baik menurut kapitalisasi pasar (market cap)

Jika Anda ingin berinvestasi pada mata uang digital ini, maka Anda perlu mempertimbangkan beberapa jenis mata uang yang dianggap memiliki market cap sangat tinggi. Faktanya sejak bulan Januari 2017, kapitalisasi pasar crypto  telah tumbuh 5 kali dan totalnya sudah menyentuh nilai $ 90 miliar.

Hingga saat ini, jenis Bitcoin dianggap masih merajai jajaran market cap terbesar dibandingkan dengan jenis-jenis mata uang lainnya. Anda harus terus mengupdate-nya secara berkala sebab besaran market cap mata uang digital ini bisa saja berubah dari waktu ke waktu.

Ingin tahu lebih mengenai 10 jenis cryptocurrency terbaik mana sajakah yang berada di daftar teratas menurut kapitalisasi pasar-nya? Silahkan perhatikan baik-baik tabel berikut ini! Perlu diketahui bahwa daftar ini diambil berdasarkan data yang terkumpul hingga  31 Maret 2021.

CryptocurrencyKapitalisasi Pasar dalam mata uang USD
Bitcoin1.107.512.032.060
Ethereum222.607.092.013
Binance Coin40.859.188.743
Tether40.754.634.688
Cardano38.322.444.900
Polkadot33.991.338.182
XRP25.999.993.940
Litecoin13.385.806.915
Chainlink12.623.001.771
Bitcoin Cash10.462.754.068

Baca Juga: 15 Peringkat Cryptocurrency Terbaik Tahun 2021

5. Haruskah saya berinvestasi pada mata uang kripto?

Sepuluh tahun yang lalu, jika Anda mengatakan bahwa Anda memegang bagian dari portofolio mata uang kripto, Anda mungkin saja ditertawakan  oleh banyak orang. Tetapi sekarang, jika Anda tidak berinvestasi aset ini, atau Anda belum pernah memperdagangkan Bitcoin, Ethereum, atau Litecoin dalam hidup Anda, maka Anda mungkin dianggap ketinggalan zaman. Sebab penggunaannya kini sudah populer.

Bayangkan saja, harganya saat ini sudah menyentuh 860 juta rupiah, padahal sepuluh tahun yang lalu harganya hanya sekitar 15 juta rupiah. Maka berapa banyak keuntungan yang bisa Anda raih jika Anda menjualnya sekarang?

Tidak masalah Anda suka atau tidak, mata uang digital ini sekarang hampir populer di mana-mana, tidak lagi hanya untuk pedagang harian dan kutu buku. Faktanya, banyak perusahaan tradisional mengintegrasikan cryptocurrency ke dalam platform mereka dalam beberapa bentuk atau menggunakannya sebagai sarana untuk meluncurkan jenis produk lain.

Misalnya, raksasa pembayaran saat ini Visa, Paypal, dan MasterCard semuanya telah mendukung pembayaran atau penyelesaian cryptocurrency, membuat lebih banyak orang menyadari kombinasi cryptocurrency dan bidang tradisional. Ini adalah tanda terbaru bahwa industri keuangan arus utama semakin menerima digital mata uang.

Apalagi, pada 24 Maret, Elon Musk mengatakan di platform media sosial bahwa para pengguna dapat membeli mobil Tesla dengan Bitcoin.

Saat ini, gelombang perhatian tinggi terhadap Bitcoin terjadi secara global, dan banyak investor tertarik dengan aset terenkripsi. Apakah Anda harus berinvestasi dalam cryptocurrency?

Ini tergantung pada filosofi investasi dan selera risiko Anda sendiri, serta pandangan Anda tentang prospek cryptocurrency, dan pada saat yang sama anda perlu menggabungkan karakteristik investasi Anda sendiri untuk membentuk sistem perdagangan yang efektif untuk mendapatkan keuntungan terbaik Anda.

Baca Juga: Cara Beli Bitcoin Di Indonesia Bagi Pemula 2021

6. Mulai investasi cryptocurrency dari modal kecil

Jika Anda tertarik untuk melakukan investasi pada Cryptocurrency, maka Anda disarankan untuk memulainya dengan modal kecil sebab mata uang digital ini merupakan aset yang memiliki volatilitas yang sangat tinggi.

Oleh karena itu, cara yang lebih baik dilakukan untuk berinvestasi pada mata uang digital ini dan juga lebih aman adalah dengan bergabung dengan salah satu broker trading terpercaya yang sudah berpengalaman dalam menawarkan mata uang kripto sebagai salah satu aset investasi unggulan.

Biasanya para broker akan menawarkan rasio leverage sehingga denga modal kecil, tapi Anda bisa membeli salah satu jenis mata uang kripto. Namun menariknya disini, meskipun dengan modal kecil, tapi Anda bisa memperoleh return yang tinggi.

Dan perlu diingat bahwa membeli cryptocurrency pada broker, maka Anda melakukannya dalam bentuk CFD/Contract for Differences, dimana Anda tidak benar-benar memiliki mata uang kripto sungguhan, tapi hanya berbentuk kontrak, dimana Anda akan mendapat profit dari selisih jual beli aset itu.

Anda banyak perusahaan broker yang beroperasi secara online dengan penawaran berbagai keunggulan yang membuat Anda semakin bingung menentukan pilihan. Jika Anda menentukan broker A, maka apakah Anda sudah mempertimbangkan berbagai kelebihan yang dimiliki broker itu? Misalnya saja,  apakah broker itu sudah teregulasi dengan baik dan transparan oleh sebuah badan regulator keuangan? Apakah itu sudah punya reputasi global yang positif yang sudah diakui para investor dunia?

Jadi disini saya akan rekomendasikan untuk Anda sebuah broker trading asal Australia untuk memulai investasi cryroptocurrency dengan hanya modal yang cukup kecil saja. Keren, bukan? Namanya adalah broker Mitrade dan mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan nama broker yang merupakan salah satu broker paling direkomendasikan untuk memulai investasi mata uang kripto ini.

Lalu kenapa saya sarankan Anda untuk bergabung dengan Mitrade?Apa sajakah kelebihan-kelebihannya? Apakah Mitrade ini aman dan menjamin kerahasiaan data-data privat Anda?

Berikut ini beberapa alasannya:

  • Sejauh ini, Mitrade sudah menyediakan 5 cryptocurrency/mata uang kripto dengan volume trading terbesar di dunia termasuk Bitcoin, Ethereum, XRP, litecoin, BCH
  • Keamanan uang Anda akan dijamin sebab broker ini sudah teregulasi oleh dua badan regulator keuangan dunia yang paling populer yaitu ASIC (Komisi Sekuritas dan Investasi Australia) dan CIMA  (Otoritas Moneter Kepulauan Cayman
  • Memulai trading bisa dimulai dengan deposit yang sangat kecil yaitu $ 50 saja dan memberikan rasio leverage yang cukup kompetitif yaitu sebesar 1:10. Contohnya di Mitrade, Anda bisa memulai transaksi mata uang kripto dengan 0,01 BTC saja. 
  • Broker asing ini diketahui menawarkan spread yang sangat rendah dan 0 komisi yang pastinya tidak akan memberatkan modal anda. Selain itu, Mitrade tidak membebankan biaya transaksi pada lima mata uang kripto yang tersedia.
  • Reputasinya dikenal sangat positif secara global dan diakui sebagai salah satu broker trading yang paling direkomendasikan di tahun 2021 ini. Mitrade sudah banyak memperoleh penghargaan internasional dalam hal memberikan kepuasan pelanggan. Misalnya saja, Mitrade sudah berhasil menyabet penghargaan-penghargaan seperti penghargaan platform investasi valuta asing terbaik dan penghargaan layanan keuangan terbaik dengan layanan berkualitas tinggi dll.
  • Jika Anda ingin berlatih investasi pada cryptocurrency, maka Mitrade sudah mempersiapkan akun demo sebesar $ 50.000 yang bisa Anda gunakan untuk berlatih trading dan investasi. Silahkan saja manfaatkan kesempatan ini untuk kesukesan Anda di akun riil!

Dan banyak lagi alasan-alasan yang belum disebutkan disini. Anda bisa membacanya pada artikel kami yang lain mengenai ulasan Mitrade. Namun intinya, jika Anda memilih Mitrade sebagai broker terpercaya Anda untuk memulai investasi pada mata uang digital, maka hampir dipastikan Anda tidak akan pernah menyesal. 

Kesimpulan

Cryptocurrency adalah aset yang bisa saja dijadikan sebagai instrumen investasi saat ini. Namun Anda mesti mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan secara cermat supaya investasi Anda membuahkan keuntungan sesuai yang diharapkan sebab mata uang digital baru populer penggunaannya pada beberapa tahun belakangan ini.

Demi faktor keefisienan waktu, energi dan juga modal Anda, maka Anda bisa mempertimbangkan saat ingin melakukan investasi cryptocurrency dengan bergabung pada salah satu broker trading terpercaya seperti Mitrade yang akan mengarahkan Anda kepada profit maksimal. Broker ternama ini diketahui sudah memiliki reputasinya yang handal di kalangan para investor mata uang digital.   


Bagikan Artikel

Tinggalkan Komentar

Don`t copy text!