Cara Trading Emas Online: Terbukti Aman Dan Menguntungkan(Panduan lengkap 2021)

Dengan trading emas online, Anda bisa mendapatkan keuntungan dari fluktuasi harga emas tanpa harus memilikinya sendiri. Selain itu, trading emas juga cukup fleksibilitas karena anda dapat membeli dan menjual kapan saja, di mana saja. Namun, bagaimana cara memulai trading emas online? Bagaimana pula strategi trading emas yang menguntungkan?  Dalam artikel ini anda akan mengenai cara trading emas online yang sudah terbukti aman dan menguntungkan secara lebih detail.

Selamat membaca!

Konsep Trading Emas online

Untuk menjelaskan mengenai konsep trading emas online, ada baiknya dijelaskan terlebih dahulu mengenai trading menurut konsep ini.

Trading secara mudah bisa diartikan sebagai aktifitas transaksi jual beli yang dijalankan di pasar modal global dengan tujuan memperoleh untung dari selisih transaksi pada pasangan mata uang, dan dilakukan pada jangka waktu yang sudah ditentukan oleh trader itu sendiri.

Di pasar global, biasanya emas dipasangkan dengan mata uang dollar AS dengan simbol XAU/USD. Saat Anda melakukan buy, maka itu artinya Anda sedang menjual dollar AS dan membeli emas di saat yang sama. Begitu juga sebaliknya, saat Anda melakukan sell, itu berarti Anda sedang membeli dollar AS dan menjual emas milik Anda pada saat yang sama.

Dari kegiatan transaksi inilah, Anda mengharap ada selisih harga sehingga trading emas Anda menguntungkan. Begitulah konsep sederhana dari trading emas online ini!

Bagaimana Cara Trading Emas Online?

Secara tradisional emas fisik diperjualbelikan di tempat-tempat khusus jual beli emas, seperti toko emas yang banyak tersebar di Indonesia. Namun saat ini ketika jaringan internet sudah berkembang pesat, trading atau jual beli emas dapat dilakukan secara online dimana Anda kini tidak perlu lagi mendatangi toko-toko emas fisik untuk melakukan jual beli emas.

Adapun trading tipe online ini biasanya dijalankan melalui sebuah perantara atau broker yang berperan untuk menghubungkan para trader dengan pasar modal global dimana mereka dapat melakukan transaksi jual beli pada aset tersebut. Fungsi sebuah broker disini adalah menjadi perantara atau fasilitator mereka ini.  Saat ini ada banyak broker baik lokal atau asing yang beroperasi secara online menawarkan fasilitas trading untuk berbagai aset, termasuk emas.

Cara-cara trading emas secara online mudah sekali seperti di bawah ini:

  • Anda bisa bergabung dengan salah satu broker terpercaya dengan membuat akun
  • Anda dipersilahkan untuk melakukan deposit. Dana yang disetorkan sebagai deposit pada broker itu biasanya akan disimpan pada sebuah rekening terpisah (segregated account)
  • Memulai trading emas.

Broker trading biasanya akan menawarkan Anda software chart yang terpercaya atau platform trading yang berisi chart-chart untuk membantu Anda memprediksi harga emas dan memberikan informasi mengenai pasar emas dunia.

Trading Emas Online melalui broker CFD

trading emas online melalui broker cfd

Trading CFD dapat diartikan sebagai kontrak perjanjian antara Anda dan broker dimana ada kesepakatan untuk membayarkan selisih antara harga beli dan harga jual pada sebuah instrumen finansial yang tidak melibatkan adanya kepemilikan aset itu secara fisik.

Dengan demikian dapat dikatakan bahwa membeli emas melalui broker-broker trading online ini sama artinya dengan Anda membeli emas dalam bentuk kontrak atau CFD dimana Anda tidak benar-benar memiliki koin atau batangan emas sungguhan. 

Maksudnya adalah Anda akan memperoleh keuntungan finansial dari adanya selisih transaksi jual beli emas. Anda memprediksikan bahwa harga emas akan naik di masa depan, dan karenanya Anda memutuskan untuk bergabung pada broker itu untuk membeli emas dan melakukan hold untuk dijual kembali nantinya saat nilai emas mencapai harga yang diharapkan. 

Sebaliknya, Anda memprediksi harga emas akan turun, maka Anda menjual CFD emas. Jika harga pasarnya mencapai sesuai denganharapan Anda, maka Anda akan mendapatkan keuntungan dari harga turunnya.  Proses ini disebut ‘going short’ (menjual).    

Dengantrading online anda dapat menggunakan leverage, memungkinkan Anda untuk trading dengan modal yang kecil sehingga tidak membebankan kantong Anda, dengan hasil keuntungan yang besar pula. Bahkan laba investasi (Return on Investment) Anda juga nantinya akan memjadi berkali-kali lipat dari modal yang telah Anda persiapkan    

Sebagai contoh, bila Anda menggunakan leverage 1:100 untuk posisi $1815 (USD/ons) Anda hanya perlu membuat deposit sebesar $18.15. Ketika Anda menutup posisi pada $1815, berarti keuntungan Anda adalah $20.

Untuk lebih jelas, silahkan perhatikan tabel berikut ini!

PerbandinganBerdagang dengan leverageTanpa leverage
Rasio Leverage100:1 0
Harga beli$1815(100 Oz)$1815(100 Oz)
Lot1 lot(100 Oz)1 lot(100 Oz)
Modal yang diperlukan18.15=100/ $1815 *1*$1815
Harga Jual$1835$1835
Keuntungan$20$20
Laba investasi110% 1.1% 

Kelebihan dan kekurangan trading emas online

Jika anda tertarik pada trading emas online, maka alangkah baiknya Anda mengetahui sejumlah kelebihan dan kekurangan trading emas online yang dapat dirangkum sebagai berikut:

Kelebihan-kelebihan trading emas online:

  • Dapat memanfaat dari fasilitas leverage

Singkatnya leverage memungkinkan Anda untuk trading dengan modal yang kecil setara tanpa harus membayar semua modal. Misalkan broker memberikan leverage 1: 200. Artinya jika Anda ingin memperdagangkan emas senilai $ 200, Anda hanya perlu membayar $ 1. Sangat menggiurkan, bukan? Ini membuktikan bahwa walaupun dananya terbatas, siapa pun bisa memperdagangkan emas di pasar forex, karena pengelolaan dananya sangat mudah.

  • Lebih menghemat dana Anda

Hampir dapat dipastikan, bahwa jika Anda memiliki emas fisik untuk diperdagangkan nantinya, maka Anda harus bersiap mengeluarkan uang lebih. Mengapa demikian? Dengan emas fisik, Anda mesti mengeluarkan dana lebih untuk membeli tempat penyimpanan, menyewa orang untuk menjagai aset emas fisik Anda, membeli asuransi kehilangan atau pencuria, dan bahkan membayar biaya transportasi untuk mengangkut emas tersebut dari satu tempat ke tempat lainnya. Pada trading emas secara online, biaya-biaya seperti ini tidak lagi diperlukan.

  • Trading dilakukan dimana saja dan kapan saja

Salah satu keunggulan dari trading emas secara online adalah waktu transaksi bisa dilakukan kapan saja sebab trader akan selalu terkoneksi dengan pasar emas global selama 24 jam. Para trader juga dapat mengaksesnya dimana saja dengan menggunakan aplikasi platform trading yang sudah diunduh untuk kegunaan perangkat mobile (ponsel pintar dan tablet), asalkan tersambung dengan jaringan internet yang baik.

Kekurangan-kekurangan trading emas online:

  • Menawarkan keuntungan besar tapi juga risiko kerugian yang besar pula

Fasilitas pemberian rasio leverage kepada trader oleh broker, akan menguntungkan dengan jumlah besar, juga di saat bersamaan akan membuka peluang risiko kerugian yang besar pula. Karena itulah diperlukan strategi-strategi yang tepat untuk mengelola modal Anda supaya trading Anda mencapai target keuntungan yang diharapkan, misalnya dengan mengelola rasio leverage trading yang ditawarkan secara bijak.

  • Membebankan biaya-biaya lain yang harus Anda tanggung

Jika Anda bergabung dengan sebuah broker trading terpercaya, maka Anda harus siap mengeluarkan dana lebih untuk membayar spread, komisi, dana menginap dan biaya-biaya lainnya. Jika modal Anda besar, maka biaya-biaya itu tak jadi masalah, tapi jika modal Anda kecil, maka Anda mungkin akan menemui kesulitan untuk membayar biaya-biaya tersebut.

Baca Juga: Di mana Beli Emas? Inilah 6 Tempat Aman dan Terpecaya

Dimana Anda Bisa Trading Emas Online Secara Aman dan Efektif?

Tentu saja ada ratusan dan bahkan ribuan broker yang beroperasi secara online, baik lokal maupun asing yang menawarkan berbagai keunggulan termasuk di antaranya dengan menyediakan berbagai macam aset finansial seperti emas, mata uang kripto, saham dan lain-lain. Namun Anda harus waspada dan hati-hati, karena tidak semua broker itu legal dan aman. Jika Anda memilih broker trading yang salah, maka akan ada risiko kehilangan dana Anda. Broker ilegal tidak akan bertanggung jawab atas keselamatan uang yang disimpan pada akun Anda.

Jangan bingung dan khawatir sebab disini saya akan rekomendasikan Mitrade sebagai broker terpercaya Anda untuk membantu Anda melakukan transaksi jual beli emas secara online.

Baca Juga: 10 Aplikasi Investasi Emas Online Terbaik Di Indonesia

Dan mengapa Anda harus memilih Mitrade?

Ada beberapa alasan yang bisa saya paparkan sebagai berikut:

  • Broker Mitrade sebagai salah satu broker CFD terbaik di dunia yang sudah berdiri selama 10 tahun, dan telah memenangkan banyak penghargaan internasional seperti penghargaan platform investasi valuta asing terbaik dan penghargaan layanan keuangan terbaik dengan layanan berkualitas tinggi.
  • Mitrade menawarkan spread rendah dan 0 komisi yang tidak akan membebankan modal anda serta pemberian fasilitas rasio leverage yang cukup tinggi untuk mendukung trading emas online Anda meskipun dengan modal yang kecil.
  • Segala proses administrasi dari proses registrasi dan pembukaan akun dapat dilakukan secara  cepat dalam hitungan menit saja dan pastinya gratis, dimana proses penyetoran deposit dan penarikan dana dapat dilakukan melalui bank-bank lokal yang beroperasi di Indonesia.
  • Mitrade menawarkan akun demo sebesar $ 50.000 berupa uang virtual bagi para calon trader yang ingin berlatih trading emas. Anda dapat mempergunakan kesempatan emas ini untuk mempraktekkan berbagai teknik dan strategi trading.
  • Eksekusi trading emas sangat cepat dan praktis karena dengan CFD Anda tidak benar-benar memiliki koin emas sungguhan. Oleh karena itu, faktor ini akan memberikan Anda efisiensi waktu, fleksibilitas dan membiarkan Anda bereaksi secara cepat pada pergerakan market emas.

Apakah trading emas online pada Mitrade itu aman?

  • Broker Mitrade memiliki lisensi broker internasional yang lengkap yaitu dari negara Australia, dimana Komisi Sekuritas dan Investasi Australia (ASIC) telah menyetujui Lisensi Layanan Keuangan Australia (AFSL 398528). Menurut peraturan negara Australia, dana Anda secara aman akan disimpan dalam akun perwalian.

Untuk mengecek apakah pernyataan di atas adalah benar, saya sudah memeriksa informasi yang relevan pada website resmi dan mengonfirmasi bahwa Mitrade adalah broker yang diatur secara hukum dan memiliki izin operasional yang sah/legal. Silahkan dilihat gambar di bawah ini!

Cara Membuka Akun untuk Trading Emas Online Melalui Mitrade

Faktanya untuk melakukan pembukaan akun pada broker Mitrade ini sangatlah mudah untuk dilakukan. Prosesnya juga sangat cepat dan tidak akan menyita waktu Anda. Anda hanya perlu melakukan langkah-langkah sesuai dengan yang diberikan oleh pihak Mitrade.

Cara-cara ini dijelaskan secara lebih detail sebagai berikut:

1.Silahkan buka akun

Pastinya langkah pertama yang perlu Anda ambil adalah mengakses website resminya dengan menggunakan VPN sebab website resminya, sama dengan website resmi dari broker-broker asing lainnya, masih diblokir untuk para pelanggan di Indonesia.

Silahkan Anda buka akun untuk mulai trading emas sesuai keperluan. Anda dapat mengunduh aplikasi trading Mitrade pada Google Play untuk penggunaan perangkat Android atau Apple Store untuk penggunaan perangkat dengan sistem operasi IOS.

Oh iya perlu diinformasikan juga disini bahwa Anda masih belum memiliki akun Mitrade, maka silahkan membuat akun baru Anda dengan melakukan registrasi pada aplikasi trading Mitrade atau website resminya yang tersedia. Anda juga dapat melakukan registrasi dengan menggunakan akun Google, Apple atau Facebook Anda.

2. Verifikasi identitas

Silahkan lakukan upload foto KTP Anda sesuai dengan prosedur Know Your Customer (KYC). Setelah mengunggah file-nya dalam beberapa detik, maka silahkan klik submit/kirim untuk mengikuti langkah pembuatan akun berikutnya.

3. Lakukan deposit pada akun Anda

Silahkan lakukan deposit awal pada akun baru Anda dengan nominal yang sangat terjangkau yaitu minimal sebesar $ 50 saja. Dengan modal yang kecil ini, Anda sudah bisa melakukan trading emas secara online. Anda juga bisa melakukan penyetoran dana lebih dari itu. 

4. Membuka posisi

Silahkan klik menu trade dan pilih kategori aset finansial. Silahkan pilih aset emas di daftar produk. Akan nampak posisi harga jual dan beli emas. Silahkan buka posisi beli/buy atau jual/sell (tergantung prediksi Anda mengenai harga emas apakah akan naik atau turun) atau Anda dapat merujuk kepada prediksi pasar di broker Mitrade ini.

  • Masukkan jumlah emas yang ingin Anda beli
  • Silahkan atur pengelolaan risiko stop-loss dan take-profit untuk memperkecil risiko kerugian dan di saat yang sama memperbesar keuntungan
  • Silahkan atur limit jual buy emas sesuai dengan kebutuhan And

Anda disarankan untuk menetapkan limit  beli/buy dan jual/sell di bursa untuk memastikan bahwa Anda tidak akan melewatkan kesempatan apapun untuk membeli dan menjual sebuah aset finansial termasuk emas ini dengan harga yang tepat.

5. Memantau harga emas

Setelah Anda melakukan langkah-langkah di atas, maka silahkan pantau posisi beli dan jual emas Anda untuk memperoleh harga yang sesuai nantinya. Anda juga dapat membaca perkembangan emas online yang selalu di-update secara berkala.

Baca juga: Prediksi Harga Emas 2021: Harga Emas Akan Naik atau Turun?

6. Menutup Posisi

Jika keuntungannya telah mencapai target anda, maka silahkan tutup posisi anda.

Tips-tips memulai trading emas online

Sebelum Anda memulai trading emas online pada sebuah broker terpercaya dan terbaik seperti Mitrade, maka ada baiknya apabila Anda memperhatikan beberapa tips jitunya supaya Anda tidak salah langkah dan kegiatan ini dapat menghasilkan keuntungan sesuai yang diharapkan.

Berikut ini adalah tips-tips nya:

  • Pergunakan akun demo sebaik mungkin untuk berlatih

Jika Anda adalah seorang trader pemula, maka Anda benar-benar disarankan untuk mendaftar pada akun demo yang biasanya disediakan oleh broker-broker trading dengan cepat dan mudah. Dengan akun demo ini, maka Anda akan memiliki kesempatan untuk berlatih trading emas online dengan menggunakan uang virtual. Silahkan gunakan kesempata ini sebaik mungkin sebelum Anda beralih kepada trading dengan uang riil/sungguhan Anda.

Oh iya, seperti yang dijelaskan sebelumnya jika Anda bergabung di broker Mitrade, maka Anda akan diberikan uang virtual sebesar $ 50.000 untuk melakukan transaksi jual beli pada platform tradingnya.  

  • Silahkan aplikasikan manajemen modal dan risiko

Anda perlu melakukan manajemen modal dan risiko untuk memperkecil kemungkinan adanya kerugian yang lebih besar pada dana Anda saat melakukan trading emas online. Meskipun Anda telah melakukan sebuah prediksi yang tepat akan harga emas di masa-masa mendatang, maka apa salahnya Anda mengaplikasikan jenis manajemen ini untuk melindungi uang Anda dari kehilangan yang lebih besar dan bahkan kebangkrutan.

  • Disarankan untuk memperhatikan sentimen investor

Silahkan lakukan analisa fundamental dengan memperbanyak membaca artikel atau menonton berita terkait dengan langkah-langkah investor besar di dunia.

Mengapa langkah ini penting dilakukan? Sebab gerak-gerik mereka biasanya secara langsung akan mempengaruhi harga suatu aset di pasar modal. Anda dapat memprediksi situasi pasar di masa depan apakah pasar akan mengalami bullish maupun bearish, dengan memperhatikan aktifitas para investor besar itu. Kasus terbaru adalah saat investor besar Elon Musk mengeluarkan cuitan dimana cuitan ini langsung mempengaruhi harga saham Antam yang langsung anjlok. 

  • Silahkan ketahui cara-cara menggunakan platform trading

Sebelum terjun ke dunia trading emas, Anda lebih baik mempelajari terlebih dahulu platform-platform trading dan fitur-fiturnya yang banyak disediakan oleh broker-brokter trading. Contohnya saja Anda bisa mempelajari cara menggunakan platform Metatrader 4,  Metatrader 5, ataupun platform aplikasi trading yang dapat diunduh di Google Play dan App Store secara mudah dan cepat.

  • Silahkan pahami dulu area support dan resistance

Jika Anda trader pemula, maka sebelum terjun ke trading emas online, Anda disarankan untuk memahami area support dan resistance untuk mengetahui kapan waktu terbaik untuk Anda dalam melakukan buy dan sell.

Kesimpulan

Sebagai seorang calon trader, Anda perlu tahu cara trading emas online yang efektif dan efisien. Anda perlu memilih sebuah broker trading yang aman dan terpercaya yang menyediakan aset emas sebagai salah satu instrumen investasinya. Cara trading emas pada sebuah broker seperti Mitrade ternyata sangatlah mudah dan dapat dilakukan dalam hitungan menit. Anda juga perlu mempertimbangkan plus minus dari sebuah broker yang ingin dipilih, terutama dari segi keamanan dan keselamatan dana Anda sebab bagaimanapun juga kegiatan trading pasti mengandung risiko kerugian finansial yang tidak kecil.


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan