7 Bisnis Online Tanpa Modal Paling Populer & Praktis Terbaik 2021

Saat ini, menggeluti bisnis online tanpa modal memang menjadi keinginan banyak orang sebab tidak perlu memerlukan biaya apapun untuk memulai jenis bisnis ini. Dan pastinya Anda sadar betul bahwa seringkali ketersediaan dana menjadi hambatan utama bagi seseorang untuk menjalani sebuah bisnis Namun masalahnya, banyak orang, mungkin termasuk Anda, sedikit bingung untuk mengetahui bagaimana cara memulainya dan harus dari mana? Lalu peluang-peluang bisnis apa yang bisa dilakukan? Dan apa mungkin bisnis itu bisa berjalan tanpa modal?

Nah, pada artikel kali ini, akan dibahas mengenai 7 (tujuh) bisnis online tanpa modal atau modal yang minimal dimana Anda dapat memulai bisnis sendiri ini dengan mudah dan lancar. 

Anda merasa penasaran apa saja bisnis-bisnis online tanpa modal ini?  Yuk, baca terus artikel ini hingga selesai!

Apa itu keahlian yang dibutuhkan untuk bisnis online tanpa modal?

Jika Anda tidak memiliki dana untuk memulai bisnis online, Anda pastinya akan memerlukan beberapa pengetahuan dasar:

  • Waktu

Jika Anda punya waktu, maka Anda dapat mempelajari keterampilan baru dan menerapkannya pada pekerjaan Anda tanpa harus membayar untuk melakukan sesuatu. Namun harap pertimbangkan juga bahwa sisi negatifnya adalah Anda akan perlu waktu lebih lama untuk memasuki pasar dan mengambil resiko kehilangan peluang di saat waktu yang kritis.

  • Keterampilan

Jika Anda memiliki beberapa keterampilan digital, seperti desain digital, pemasaran media sosial, Shopify, WordPress, pasar Amazon, dll., Anda dapat memulai bisnis konsinyasi dengan sangat cepat. Namun jika Anda tidak memiliki keterampilan-keterampilan tersebut, maka Anda akan perlu beberapa waktu seperti pada poin 1 untuk memulai sebuah bisnis online tanpa modal  sebab Anda mesti belajar terlebih dahulu. 

7 jenis bisnis online tanpa modal 

Sekarang yuk kita sama-sama membahas satu persatu jenis bisnis apa saja yang bisa Anda jalankan meskipun Anda tidak memiliki modal sama sekali:

1. Dropshipping

Bisnis Online Tanpa Modal Dari Dropshipping

Mungkin akhir-akhir ini Anda pernah mendengar istilah ini, bukan? Iya, jika Anda ingin terjun pada bisnis ini, maka Anda mesti tahu bagaimana cara kerjanya, dan hal-hal terkait lainnya

Cara kerja Dropshipping

Bisnis ini akan menjadikan Anda sebagai seorang dropshipper dimana Anda hanya perlu melakukan pemasaran dan menjual barang yang dimiliki pihak lain tanpa perlu Anda membelinya dari pihak itu. Pekerjaan ini sangatlah simpel dan bisa dilakukan oleh siapa saja dengan tanpa modal asalkan Anda terhubung dengan jaringan internet yang baik. 

Berapa Penghasilan Dropshipper?

Jawaban ini sebenarnya tidaklah mutlak. Artinya  jika Anda mau berusaha dengan lebih tekun  dan fokus, maka Anda bisa saja memperoleh  $ 1000 per bulan atau sekitar Rp 14 juta. Cukup lumayan, bukan?  jika Anda bersedia meluangkan waktu untuk membangun situs web yang bagus dan mencari beberapa pemasok yang baik serta mempelajari periklanan Google, maka saya pikir  Anda tidak akan mengalami kesulitan memperoleh penghasilan yang lumayan ini. Saya sendiri  percaya Anda mampu mencapai tujuan ini dengan sedikit usaha. 

Bagaimana cara memulai dropshipping?

Jika Anda tertarik untuk terjun ke bisnis ini, maka berikut ini adalah panduan langkah demi langkah secara cepat:

Langkah 1 : Silahkan pilih niche yang menjadi minat Anda

Pastinya untuk memulai kegiatan bisnis, maka langkah pertama yang perlu Anda ambil adalah memilih niche yang sesuai dengan minat dan kesukaan Anda. Tidak hanya itu, Anda perlu memilih niche yang juga banyak dicari orang banyak dan memiliki kualitas yang bisa diandalkan. 

Nah, jika Anda tertarik dengan bisnis ini dan tidak tahu harus dari mana memulainya, maka silahkan lihat daftar produk yang akan menginspirasi Anda sebagai berikut:

  • Kosmetik dan perawatan kulit/skincare
  • Makanan sehat/higienis
  • Pakaian dan aksesorisnya
Langkah 2 :Silahkan lakukan penelitian

Jika Anda sudah memilih niche yang menurut Anda akan menguntungkan Anda, maka langkah kedua adalah Anda perlu melakukan riset yang mendalam mengenai produk-produk kompetitor yang beredar di pasaran, penetapan harga, target konsumen dan lain sebagainya. Dalam hal ini, biasanya Anda akan bersaing dengan para e-commerce yang sudah cukup populer di Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dan Shopee. 

Langkah 3 : Silahkan temukan pemasok terbaik

Pemasok atau suplier menjadi bagian paling penting dalam bisnis pengiriman. Anda dapat menggunakan beberapa kriteria untuk menemukan pemasok yang baik, seperti:

  • Produk yang dijual memiliki kualitas yang baik
  • Respon atau tanggapan yang cepat dari pemasok serta ketepatan jadwal pengiriman yang baik
  • Kemampuan pemasok dalam memproduksi barang

Sekarang pertanyaannya adalah bagaimana cara menemukan pemasok yang bisa diandalkan? Gampang sekali caranya,  Anda hanya perlu memasukkan produk dan “pemasok” Anda di Google dan lihat apa yang terjadi. Atau, Anda dapat mencari produk di situs web seperti Alibaba.com atau Aliexpress.com, atau bahkan di berbagai e-commerce populer di Indonesia. 

Langkah 4 : Silahkan buat sebuah website atau toko elektronik Anda

Di tanah air, banyak dari para pelaku bisnis konsinyasi sering menggunakan platform lokal seperti Tokopedia, Bukalapak dan JDID untuk memasarkan produknya. Namun untuk luar negeri, Anda bisa menggunakan salah satu dari platform-platform  populer seperti Shopify, Alibaba dan Amazon. Selain itu, Anda juga menggunakan  bisa juga di berbagai media sosial, seperti Twitter, Facebook, Instagram, YouTube, dll. 

Jika platform di atas terasa kurang cukup, maka Anda juga bisa memanfaatkan website atau blog sebagai tempat membuka toko online. Dalam hal ini, Anda bisa meminta bantuan seorang web designer untuk membuat website atau blog Anda yang tampilannya akan disesuaikan dengan apa Anda inginkan. Cukup simpel, bukan?

Langkah 5 : Silahkan mulai promosikan bisnis Anda

Jangan lupa untuk melakukan langkah terakhir ini yaitu mendaftarkan dan mempromosikan produk baru Anda, sebab akan mempengaruhi target keuntungan Anda. Anda bisa melakukan promosi berupa pemberian diskon atau memanfaatkan jasa iklan untuk memperkenalkan produk berkualitas Anda. Tetap pastikan untuk menentukan kondisi khusus apa pun, seperti perubahan waktu atau lokasi transit. 

Ternyata bisnis dropshipping ini juga memiliki beberapa kekurangan dan kelebihan yang perlu Anda perhatikan. Saya akan rangkumkan seperti berikut ini:

Pros
  • Memperkecil adanya risiko yang biasanya menimpa sebuah perusahaan startup
  • Menawarkan waktu yang sangat fleksibel
Cons
  • Menawarkan margin keuntungan/profit yang rendah
  • Terciptanya persaingan yang cukup ketat
  • Tidak dapat mengontrol rantai pasokan
  • Membutuhkan traffic pada website atau blog Anda

Secara keseluruhan dapat dikatakan bahwa bisnis dropshipping ini merupakan bisnis online tanpa modal yang bagus, dan tentunya sangat ideal untuk Anda, pelajar, atau orang penuh waktu dengan sedikit waktu yang tersedia. Tertarik dengan bisnis ini?

2. Menjadi Freelancer

8 Best Fiverr Alternatives for Businesses and Freelancers

Saat ini banyak orang mulai beralih menjadi seorang freelancer sebab ada beberapa keuntungan yang tidak bisa diperoleh jika mereka menjadi pekerja tetap atau pekerja kantoran. Para freelancer ini menawarkan jasa apa saja yang diinginkan oleh para kliennya, dan pastinya memperoleh bayaran. Untuk memulai kegiatan ini, Anda tidak perlu merogoh kocek Anda begitu dalam. Dengan modal sedikit, Anda bisa mulai menawarkan keterampilan dan keahlian Anda kepada mereka. 

Berapa Penghasilan Freelancer?

Sebenarnya untuk menjawab pertanyaan di atas, sangat relatif dan akan tergantung kepada jasa yang ditawarkan, durasi waktu, tingkat kesulitan serta sejauh mana profesionalitas seorang freelancer itu. Sebagai contoh di Indonesia, umumnya seorang desainer grafis akan dibayar antara Rp 2 – 4 juta untuk setiap proyek yang berhasil diselesaikan. Untuk guru privat di rumah-rumah, biasanya akan dibayar hingga Rp 300 ribu per jamnya. Untuk penerjemahan buku ke dalam bahasa Indonesia, akan dibayar hingga Rp 100 ribu per halamannya,  dan lain sebagainya. 

Job kerja freelancer termasuk: 

  • Asisten virtual: entri data, manajemen email, telemarketing, periklanan dan tugas lainnya
  • Penulis artikel 
  • Penerjemah
  • Jasa desain grafis

Beberapa keterampilan yang dibutuhkan untuk menjadi Freelancer

  • Untuk menjadi asisten virtual, maka keterampilan yang diperlukan biasanya mencakup ilmu komputer dasar dan aplikasinya: Google Drive, Outlook, Convertkit, WordPress, Canva, Trello,  adalah sedikit dari sekian banyak aplikasi dan tools yang sering digunakan oleh virtual assistant.
  • Untuk menjadi desainer grafis, maka Anda harus mampu menciptakan ilustrasi dengan memakai fotografi, tipografi, elemen visual dll
  • Untuk menjadi editor video, maka Anda perlu menguasai video animasi dan motion grafis, dll. 

Bagaimana cara menjadi freelancer?

Jika Anda tertarik menjalani bisnis ini, maka berikut ini beberapa langkah yang mesti Anda perhatikan baik-baik:

Langkah 1 : Silahkan bergabung dengan di salah satu marketplace baik lokal maupun global 

Saat ini, ada banyak sekali marketplace yang menawarkan berbagai jasa freelance kepada para klien, tidak hanya di dalam negeri, tapi juga dalam negeri seperti Upwork.com, Guru.com, fiver,Workana, atau Fiverr dll, atau agensi lokal seperti Projects.co.id, Sribu, Sribulancer.co.id. Anda biasanya tidak akan dipungut biaya pendaftaran saat mencoba mendaftar di salah satu marketplace populer tersebut. 

Langkah 2: Silahkan daftar dan mulai mengisi kolom-kolom yang diperlukan

Anda perlu melakukan registrasi dan mengisi beberapa kolom yang tersedia, termasuk penjelasan akan keahlian dan keterampilan yang ditawarkan. 

Langkah 3: Silahkan lakukan biding 

Jika langkah kedua selesai dikerjakan, maka saatnya Anda melakukan bidding atau menawarkan jasa Anda kepada para klien yang memerlukan. 

Tools Gratis Untuk Freelancer

Ada beberapa tools gratis yang ditawarkan secara online kepada para freelancer seperti Grammarly, Canva, Buffer dll. Anda bisa memilihnya tergantung modal Anda sebab tools ini ada yang berbayar dan ada juga yang gratis. 

Pros
  • Menawarkan waktu yang lebih fleksibel, kapan saja dan dimana saja
  • Tidak perlu mengeluarkan biaya tambahan lainnya, seperti biaya transportasi dll
  • Bisa bekerja di sejumlah perusahaan di waktu bersamaan
Cons
  • Ketersediaan pekerjaan tidak tentu
  • Adanya risiko penipuan oleh klien yang tidak bertanggung jawab
  • Penghasilan yang diperoleh tidak tetap

Saya kira freelance ini menjadi opsi menarik yang bisa Anda pilih jika Anda suka mencoba tantangan baru yang tidak membutuhkan modal yang banyak.

3. Menggeluti mining Bitcoin

Bitcoin Miner Hut 8 to Add 275 PH/s of Mining Capacity With $8.3M Capital  Raise – Mining Bitcoin News

Apabila Anda berminat dengan kegiatan ini, maka Anda tidak sebenarnya tidak perlu modal besar sebab Anda bisa memperoleh Bitcoin ini via berbagai situs yang tersedia di internet. 

Adapun sumber pendapatan Bitcoin dapat diperoleh dari:

  • Airdrop
  • Faucet
  • Mining
  • Menulis tentang mata uang kripto
  • Mendaftar untuk menjadi afiliasi Bitcoin di situs-situs online/platform jual beli Bitcoin (exchange market) seperti bitcoin.co.id, Binance, Huobi, Triv.co.id,  Indodax dan banyak lagi

Berapa Penghasilan Mining Bitcoin?

Jika mining berjalan lancar alias tidak terjadi halving, maka seorang miner dapat menerima penghasilan per bulan dari Rp 5 juta sampai puluhan juta rupiah. Namun, saat ada halving, penghasilannya akan berkurang drastis sekitar 20%. 

Apa Saja Keahlian Yang Harus Dimiliki?

Mengoperasikan komputer dengan spesifikasi yang paling baik, dengan aplikasi-aplikasi mining yang diperlukan seperti BTC Miner, Easy Miner, Bitcoin Miner dll. 

Hal-hal yang wajib Anda butuhkan untuk menambang mata uang kripto

Faktanya ada beberapa hal yang Anda perlu saat ingin terjun ke bidang ini, yaitu komputer yang memiliki daya tinggi, jaringan internet yang cukup stabil, serta daya listrik yang cukup besar. 

Langkah-langkah mining Bitcoin

Berikut ini dijelaskan cara-cara mining Bitcoin secara singkat dan cepat:

  • Silahkan dapatkan alat-alat untuk mining Bitcoin seperti mesin ASIC
  • Silahkan dapatkan dompet/wallet Bitcoin yang terpercaya, baik itu dompet software, hardware, atau dompet kertas
  • Silahkan pilih kolam penambangan/mining pool paling populer seperti Antpool, Slush dll
  • Silahkan dapatkan program penambangan untuk komputer Anda seperti CGMiner, BFGMiner, Multiminer dll
  • Silahkan mulai mining Bitcoin

Dan ternyata selama ini kegiatan mining Bitcoin ini tak lepas dari beberapa kelebihan dan kekurangannya, yaitu:

Pros
  • Anda bisa memperoleh penghasilan finansial yang lumayan
  • Dengan kegiatan mining, maka Anda membantu nilai Bitcoin menjadi lebih tinggi
Cons
  • Kegiatan mining sangat rumit dan memerlukan kesabaran dan keahlian yang memadai
  • Perlu daya listrik yang besar untuk menjalankan perangkat komputer
  • Perlu membeli perangkat keras yang cukup mahal

Kesimpulannya, meskipun Anda bisa memperoleh Bitcoin secara gratis, namun dengan mining, Anda perlu mempersiapkan berbagai hal yang biayanya cukup mahal. Bisnis ini cocok bagi mereka yang punya keahlian menambang Bitcoin dan kesabaran yang tinggi.  

Baca Juga: Cara Mining Bitcoin Gratis untuk Pemula (Panduan Lengkap 2021)

4. Membangun Blog 

How to Create a Blog in 10 Easy Steps | CreativeHub Well making money

Anda pasti bertanya-tanya, mengapa membuat blog bisa menjadi bisnis online tanpa modal yang perlu dicoba? Iya, dengan blog yang Anda buat dan kembangkan, Anda bisa menulis suatu hal yang sangat mencerahkan dan bermanfaat bagi orang banyak. Anda akan dituntut untuk menawarkan informasi dan solusi jitu, sehingga tak heran akan banyak orang yang datang mengunjungi blog Anda. Jika begitu, maka otomatis Anda bisa memperoleh penghasilan uang dari orang-orang yang ingin memasarkan produknya melalui blog Anda. 

Untuk lebih jelasnya, berikut ini merupakan sumber penghasilan uang dari Blog, yaitu: 

  • Pemasangan iklan
  • Pemasaran afiliasi
  • Pembuatan sistem keanggotaan premium
  • Penjualan produk (fisik / virtual)

Berapa Penghasilan seorang blogger?

Jawabannya sangat relatif dan tergantung ke sejumlah faktor. Tapi di Indonesia sendiri, rata-rata pendapatan yang bisa diterima seorang blogger adalah Rp 1 juta per bulan jika ada 100 ribu orang yang mengunjungi blog Anda, atau bahkan bisa mencapai Rp 10 juta per bulan apabila ada 1 juta pengunjung setiap bulannya. 

Apa yang diperlukan untuk membangun blog?

Jika Anda tertarik terjun ke bisnis ini, maka Anda akan memerlukan perangkat komputer/laptop, akses internet yang memadai, biaya untuk pembelian domain dan hosting, dll. 

Langkah-langkah untuk membangun blog

Ada beberapa langkah yang mesti Anda ikuti jika memilih bisnis ini sebagai pekerjaan Anda, sebagai berikut:

Langkah 1 : Silahkan pilih niche yang atraktif dan bermanfaat

Hal paling penting sebelum memulai bisnis ini adalah menentukan niche yang sesuai dengan keinginan, keterampilan, dan bakat Anda. Tidak hanya itu, Anda juga perlu memilih niche atau topik yang sekiranya orang-orang akan tertarik mengakses blog Anda nantinya. 

Langkah 2 : Silahkan pilih nama domain

Anda tentunya tidak ingin jika blog Anda mengalami kendala di masa depan, misalnya tiba-tiba sulit diakses dll. Oleh karena itu, usahakan untuk memilih nama domain yang paling dipercaya. Kebetulan harganya juga tidak begitu mahal. Misalnya saja Niagahoster menyediakan berbagai domain dengan harga yang berbeda-beda, dimana domain co.id akan ditawarkan dengan harga Rp 275.000 sementara domain .SITE cuma Rp 14 ribu saja. 

Oh iya, jika Anda bingung mencari ide menamakan website yang akan Anda bangun, maka Anda bisa menggunakan generator nama domain.  

Langkah 3 : Silahkan pilih platform

Sebenarnya ada puluhan platform blog yang bisa Anda pilih saat ini seperti WordPress, Blogspot, Joomla, Drupal, Magneto dll. Ada yang berbayar dan ada juga yang gratis, tinggal sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan modal Anda. 

Langkah 4 : Silahkan lakukan riset kata-kata kunci yang diperlukan

Dengan melakukan riset, Anda berusaha untuk menemukan dan menentukan kata-kata kunci yang harus ditampilkan di konten tulisan Anda. Keyword sangat penting sebab akan berpengaruh pada hasil pencarian Google. Dengan penggunaan kata-kata kunci yang populer , diharapkan konten Anda akan lebih SEO-friendly. 

Langkah 5 : Silahkan tulisan konten yang menarik

Anda juga dituntut untuk menampilkan tulisan-tulisan yang berkualitas dan menarik, salah satunya dengan cara mempelajari topik-topik dari blog-blog pesaing. Selain itu, Anda perlu juga membuat konten tulisan yang sangat unik untuk memberikan wawasan yang lebih baru dan segar. 

Langkah 6 : Silahkan promosikan blog Anda

Setelah membuat konten, lalu siapa yang akan mengunjungi blog Anda untuk membaca konten Anda? Karena itulah, Anda perlu menerapkan beberapa strategi untuk mempromosikan konten blog Anda ke para calon pengunjung. 

Langkah 7 : Silahkan pilih cara untuk monetisasi

Langkah terakhir membangun blog adalah memilih cara-cara monetisasi blog Anda. Sejauh ini, ada 11 cara monetisasi yang bisa Anda pilih, dimana yang paling populer adalah menggunakan Google AdSense, afiliasi, penjualan produk-produk, dll. 

Ternyata kegiatan blogging juga mempunyai beberapa kelebihan dan kekurangan masing-masing sebagai berikut:

Pros
  • Menambah penghasilan yang cukup lumayan bagi Anda
  • Menambah jejaring pertemanan dan komunitas baru
  • Wadah kreatifitas dan kreasi Anda
Cons
  • Blog kurang mendapat banyak kunjungan
  • Bisa menyita waktu dan tenaga Anda
  • Blog Anda malah dianggap tidak bermanfaat

Intinya, jenis bisnis ini sangat cocok bagi mereka yang punya hobi membuat konten-konten tulisan bermanfaat yang bisa dibagikan kepada para pembaca di mana saja. 

5. Affiliate Marketing

Affiliate Marketing Made Simple: A Step-by-Step Guide | Affiliate Trade

Satu lagi bisnis online tanpa modal yang perlu Anda pertimbangkan adalah affiliate marketing sebab selain mudah, kegiatan menguntungkan ini tidak perlu biaya yang besar untuk memulainya.  

Apa Itu Affiliate Marketing?

Affiliate marketing adalah aktivitas bisnis dengan cara menggunakan afiliasi dalam membantu penjual menawarkan sebuah produk atau jasa kepada para pelanggan

Apa saja keahlian yang harus dimiliki?

Keahlian yang mesti dimiliki oleh seorang affiliate marketer untuk mendukung bisnisnya mencakup kreativitas, menguasai teknik-teknik marketing, analisa data, dan cara pengambilan keputusan yang tepat.  

Waktu untuk memulai Affiliate Marketing

Anda bisa memulai bisnis ini kapan saja saat sebuah perusahaan memerlukan jasa Anda untuk memperkenalkan dan mempromosikan produknya.

Bagaimana Memulai Affiliate Marketing?

Berikut langkah-langkah memulai Affiliate Marketing:

Langkah 1: Memiliki Situs Web atau Blog terlebih dahulu

Jika Anda ingin terjun pada bisnis ini melalui sebuah blog atau situs, maka hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuat sebuah blog. Di artikel ini pada poin ke-4, saya juga sudah menyinggung sedikit mengenai pekerjaan blogger. 

Langkah 2: Mendaftar Program Affiliate

Anda bisa mendaftar pada salah satu program affiliate yang banyak tersedia di internet sesuai dengan keinginan Anda. Misalnya saja broker trading online  populer dan terpercaya seperti Mitrade menyediakan program affiliate yang sangat bermanfaat bagi Anda dan calon trader yang berhasil Anda ajak untuk melakukan trading di platform terbaiknya. 

Langkah 3: Mempromosikan produk

Silahkan promosikan produk atau jasa  pada blog atau website Anda sekreatif mungkin untuk menarik minat para pengunjung website Anda

Langkah 4: Orang-orang membeli produk via  Kode Referral Anda

Jika mereka tertarik dengan produk itu, maka mereka akan membelinya melalui kode referral Anda

Langkah 5: Anda dapatkan komisi

Jika Anda berhasil mengajak mereka untuk membeli produk tersebut, maka Anda akan memperoleh komisi dengan besaran persen yang sudah ditentukan sebelumnya.

Daftar beberapa affiliate program populer misalnya: 

NamaKomisiLink
Program Afiliasi Hostinger      hingga  60 %   https://www.hostinger.co.id/afiliasi
Amazon Associates       hingga  10 %   https://affiliate-program.amazon.com/
eBay Partner Network      hingga  70 %   https://signin.ebay.com/ws/eBayISAPI.dll?
Leadpage Partner Programhingga  30 %   https://app.impact.com/campaign-mediapartner-signup/

Riset Program Affiliate Marketing Dahulu

Tentunya Anda tidak boleh sembarangan memilih sebuah program affiliate. Artinya Anda perlu melakukan riset mendalam mengenai program tersebut sebelum mengambilnya. Nah, berikut ini beberapa faktor yang mesti Anda pertimbangkan saat memilih program afiliasi: 

  • Relevansi produk 
  • Komisi 
  • Pengguna afiliasi 

Setiap affiliate marketing akan memiliki kebijakan yang berbeda satu sama lain. Pastikan untuk selalu membaca syarat dan ketentuan sebelum mendaftar program affiliate.

Jika Anda menyukai jenis bisnis ini, maka alangkah baiknya Anda perhatikan beberapa kelebihan dan kekurangan yang dimiliki sebagai berikut :

Pros
  • Kegiatan bisnis yang tidak perlu modal sama sekali atau perlu modal, tapi sangat kecil
  • Mudah sekali untuk memulainya
  • Menawarkan fleksibilitas waktu
Cons
  • Penghasilan berupa komisi yang sudah ditetapkan
  • Memerlukan banyak kesabaran dan kerja keras
  • Ketidakjelasan uang penghasilan Anda, kadang besar, kadang kecil

Jadi, pekerjaan ini cocok bagi siapa saja yang lebih mementingkan fleksibilitas waktu dan suka akan tantangan dan pengalaman baru. 

6. Menulis dan menerbitkan ebook

5 ways to sell your ebook so you double your profits - 99designs

Jika Anda punya hobi menulis, maka bisnis ini layak Anda tekuni sebab tidak memerlukan modal yang banyak. Tulisan inspiratif Anda bisa Anda tuangkan pada sebuah e-book untuk dijual pada berbagai marketplace baik lokal maupun internasional.

Apa saja keahlian yang harus dimiliki?

Anda hanya perlu kreativitas dan daya imajinasi yang tinggi untuk membuat sebuah ebook yang berkualitas. Terkadang, Anda juga memerlukan riset mendalam untuk mendukung pengumpulan data-data yang diperlukan pada ebook Anda.

Bagaimana memulai memasarkan ebook?

Berikut ini langkah-langkah yang perlu Anda ketahui untuk memasarkan ebook Anda sebagai berikut:

Langkah 1 : Silahkan temukan marketplace atau e-commerce yang sesuai dan populer

Langkah pertama adalah Anda mesti mencari sebuah marketplace yang selama ini mendukung pemasaran e-book seperti Amazon, eBay. Bahkan Anda juga bisa menggunakan e-commerce seperti Tokopedia, Lazada, Shopee dll untuk menjual ebook Anda. 

Langkah 2 : Silahkan daftar dan segera upload ebook Anda

Setelah mendaftar pada sebuah marketplace, maka Anda bisa mengupload ebook Anda. Jika tulisan Anda belum memiliki format ebook, biasanya marketplace seperti Amazon menyediakan berbagai template gratis yang bisa Anda gunakan untuk membuat sebuah e-book dengan tampilan menarik.

Langkah 3 : Silahkan tentukan harga jual ebook Anda

Sebelum melempar ke pasaran, maka Anda perlu menentukan harga jual ebook Anda. Anda bisa mematok harga buku Anda sesuai keinginan Anda. 

Langkah 4 : Silahkan monitor perkembangan penjualan ebook Anda

Langkah terakhir adalah Anda perlu memonitor kemajuan penjualan ebook Anda. Biasanya marketplace akan memberikan notifikasi kepada Anda via e-mail  jika e-book Anda terjual. 

 Nah, jika Anda tertarik menggeluti pekerjaan yang satu ini, maka ada baiknya Anda perhatikan beberapa kelebihan dan kekurangan yang melekat pada penjualan e-book.

Pros
  • Bisa menentukan harga sesuka hati Anda
  • Dapat menghemat uang Anda sebab Anda tidak perlu mencetak buku Anda
  • Bisa dilakukan kapan saja sesuai dengan keinginan Anda. Anda sepenuhnya mengontrol penjualan ebook Anda.
Cons
  • Tidak jelas berapa pendapatan yang diterima
  • Memerlukan kesabaran hingga e-book bisa laku terjual
  • Harus membayar komisi yang cukup tinggi ke e-commerce yang menjual e-book Anda

Intinya jika Anda punya hobi menulis dengan tema apa saja yang bisa dijual dan akan memiliki respon positif dari para pembaca, maka bisnis online tanpa modal ini sangat cocok bagi Anda. 

7.  Jualan karya fotografi dan template design

How to Sell Your Photos Online | PCMag

Satu lagi pekerjaan yang layak Anda pertimbangkan sebab tidak perlu modal yang banyak adalah menjual karya jepretan atau template design Anda, dan menjualnya melalui situs-situs populer seperti shutterstock.com, iStockphoto.com, dreamstime.com dan banyak lagi. Anda juga bisa menjual template desain Anda pada berbagai ecommerce baik lokal maupun internasional. 

Apa saja keahlian yang harus dimiliki?

Keahlian yang diperlukan oleh Anda mencakup kreativitas dan daya imajinasi Anda  yang tinggi sehingga karya Anda memiliki nilai jual yang tinggi. 

Bagaimana memulai memasarkan karya fotografi dan template design Anda?

Ada beberapa hal yang perlu Anda pahami saat ingin menjual karya foto dan template design Anda, sebagai berikut;

Langkah 1 : Silahkan temukan situs populer

Langkah pertama adalah dengan menemukan sebuah situs atau e-commerce yang akan memasarkan karya-karya inovatif dan inspiratif Anda

Langkah 2 : Silahkan daftar dan upload karya Anda

Anda perlu melakukan registrasi terlebih dahulu untuk bisa mengupload karya Anda

Langkah 3 : Silahkan pasang harga jual karya Anda

Anda bisa mematok harga karya Anda sesuai keinginan. Namun disarankan agar Anda melakukan riset sebentar untuk mengetahui kisaran harga di pasaran. 

Langkah 4 : Silahkan pantau perkembangan penjualan karya

Anda perlu melakukan pemantauan atas penjualan karya Anda di situs tersebut. Jika harganya terasa mahal, maka Anda bisa menurunkan sedikit harganya. 

Apabila Anda berminat terjun pada bisnis ini, maka Anda disarankan untuk memperhatikan beberapa kelebihan dan kekurangan bisnis ini sebagai berikut:

Pros
  • Akibat kemajuan internet, maka menjual karya Anda bisa dilakukan sangat mudah
  • Bisa menentukan harga sendiri sesuai dengan keinginan
  • Menawarkan waktu penjualan yang sangat fleksibel
Cons
  • Pendapatan Anda akan bergantung pada penjualan karya Anda
  • Memerlukan kesabaran untuk menunggu karya Anda terjual

Jadi, jika Anda merupakan seseorang yang penuh inovasi dan kreativitas terutama dalam bidang fotografi dan pembuatan template, maka jenis bisnis online tanpa modal ini layak Anda lakoni. 

Tips-tips Memulai Bisnis Online Tanpa Modal

Dalam berbisnis, Anda pasti mau untung, bukan? Nah, jika Anda memandang bahwa bisnis online tanpa modal ini mempunyai prospek yang cerah, maka tak ada salahnya Anda mengikuti beberapa tips sebagai berikut:

Miliki mindset yang tepat

Anda perlu menanamkan sebuah mindset bahwa bisnis yang akan Anda jalani tidak hanya untuk memetik keuntungan saja, tapi juga memberikan banyak manfaat dan kebaikan kepada orang banyak. Anda berusaha membantu para pembeli atau klien Anda mewujudkan kebutuhannya dengan penuh kejujuran dan tanggung jawab.  Dengan demikian, Anda pastinya akan mempunyai semangat lebih besar untuk memulai bisnis apapun.

Jangan merasa takut mencoba bisnis ini dan jangan cepat menyerah

Anda harus punya keyakinan bahwa setiap manusia pasti sudah dibekali oleh sebuah keterampilan yang bisa ditawarkan ke orang lain. Misalnya jika Anda hanya bisa mengetik via laptop atau PC, maka jangan takut untuk tetap tawarkan jasa entry data ke orang lain yang memerlukan. Di samping itu, jika Anda gagal pada sebuah bisnis, maka Anda bisa mencoba jenis bisnis lainnya. Ada banyak sekali pilihan bisnis yang bisa Anda pilih selama Anda masih tetap antusias menjalani bisnis online tanpa modal ini.  

Selalu kembangkan dan asah keterampilan berbisnis Anda

Jika Anda sukses pada suatu bidang tertentu, maka Anda perlu mengasah keterampilan bisnis Anda sehingga bisnis Anda makin berkembang. Anda bisa membekali dan menambah keahlian Anda dengan hal-hal penunjang lainnya, atau jika Anda punya toko online yang cukup bagus, maka Anda bisa terapkan cara-cara menjaring lebih banyak para pelanggan. Intinya, Anda harus tetap berkreasi dan berinovasi. 

Miliki mentor yang baik dan ikut bergabung dengan berbagai komunitas bisnis yang sama

Sebelum memulai bisnis online tanpa modal, maka alangkah baiknya Anda mempunyai seorang mentor yang akan membimbing Anda untuk meraih kesuksesan. Di samping itu, Anda juga bisa ikut bergabung dengan beberapa komunitas secara online yang menjalankan bisnis serupa untuk saling berbagi pengetahuan dan pengalaman. 

Kesimpulan

Bisnis online tanpa modal bisa menjadi opsi alternatif bagi Anda karena selain tidak banyak menghabiskan modal Anda, Anda juga bisa menjalankannya dimanapun dan kapanpun Anda inginkan. Tak mustahil, bisnis ini bisa menjadi tumpuan ekonomi Anda jika Anda dapat menjalankannya secara tepat dan terencana. Namun bagaimanapun juga Anda perlu mempertimbangkan beberapa kekurangan dari masing-masing jenis bisnis ini, sebab bisnis apapun tak akan pernah lepas dari berbagai risiko yang mengitarinya.

Tertarik dengan bisnis online tanpa modal? Yuk, mulai sekarang juga dengan memilih salah satunya!


Bagikan Artikel

Tinggalkan Komentar

Don`t copy text!