Cara Mining Bitcoin Gratis (Panduan Pemula Lengkap 2021)

Akhir-akhir ini trading dan investasi Bitcoin terdengar mengasyikkan dan menguntungkan, sebab harganya cenderung naik dan terus naik. Saat artikel ini ditulis, harga per keping Bitcoin dalam kurs mata uang Rupiah adalah hampir mencapai 800 triliun. Jumlah yang sangat fantastis, bukan?

Nah jika Anda adalah seorang pemula yang tertarik untuk mencari Bitcoin, Anda harus mengetahui cara mining Bitcoin gratis secara tepat dan terarah sebab menambang (mining) Bitcoin ini biasanya memerlukan biaya yang tidak kecil dan juga berisiko. Dalam proses penambangan salah satu jenis mata uang kripto ini, Anda mungkin saja akan untung, atau bahkan sebaliknya merugi.

Ingin tahu bagaimana cara memulai mining Bitcoin gratis? Silahkan baca artikel singkat berisi panduan bagi penambang pemula ini, karena pada artikel ini akan kami tunjukkan kepada Anda cara-cara mining Bitcoin langkah demi langkah.

Apa itu Mining Bitcoin?

Namun sebelum kami masuk ke pembahasan cara-cara mining bitcoin gratis secara lebih mendalam, ada baiknya terlebih dahulu kami kemukakan mengenai apa itu mining bitcoin? Apa yang dimaksud dengan menambang Bitcoin itu?

Seperti halnya emas, maka untuk mendapatkan Bitcoin, maka Anda perlu melakuka penambangan. Secara lebih gampang mining Bitcoin dapat diartikan sebagai proses verifikasi atas transaksi Bitcoin dan menciptakan Bitcoin baru yang akan ditambang kemudian.

Para penambang Bitcoin bukanlah sosok manusia, tapi adalah perangkat komputer yang dijalankan oleh manusia. Dalam hal ini, Anda diminta untuk memecahkan rumus algoritma matematika yang sulit sekali untuk dipecahkan, dan terasa rumit sehingga Anda perlu menggunakan perangkat keras komputer termasuk GPU, FPGA, dan CPU.

Secara lebih terperinci, mining Bitcoin gratis merupakan proses untuk memverifikasi transaksi yang terjadi pada blockchain, dan karenanya ditambahkan blok baru ke jaringan itu. Oleh sebab itu, biasanya penambang perlu mencari 64 digit nomor heksadesimal yang dinamakan dengan sebutan ‘hash. Nah jika Anda berhasil menemukan blok tersebut, maka Anda akan diberikan hadiah beberapa unit Bitcoin.

Hingga saat ini diperkirakan jumlah persediaan Bitcoin yang ada di dunia hanya dibatasi sebanyak 21 juta saja, padahal Bitcoin yang sudah ditemukan sebesar 18 juta keping. Ini artinya bahwa terdapat sisa 3 juta keping Bitcoin yang akan dicari oleh para penambang dari seluruh dunia. Para penambang mengharapkan keuntungan yang besar dari proses penambangan itu sebab harganya cenderung naik dan terus naik akibat kelangkaan dan penurunan suplai Bitcoin di pasar yang disebabkan oleh fenomena halving yang berlaku setiap 4 tahun sekali. 

Cara mining bitcoin gratis
sumber: shutterstock

Mining Bitcoin Gratis: Hal-hal yang perlu Anda ketahui

Sebelum mempelajari metode kerja penambangan secara tepat, mari kita pahami terlebih dahulu beberapa pengetahuan dasar tentang mining Bitcoin yang perlu Anda ketahui.

1) Apakah mining Bitcoin legal di negara/ wilayah Anda?

Di Indonesia sendiri, selama ini tidak ada satupun otoritas pemerintahan yang melarang penambangan Bitcoin yang dilakukan oleh para penambang Indonesia. Mining Bitcoin di Indonesia ini legal walaupun Pemerintah tidak mendorong penambangan Bitcoin. Anda dapat melakukan mining Bitcoin kapan saja Anda siap dengan modal yang sangat besar. Bahkan kompetisi para penambang di Indonesia sangatlah ketat sebab mereka berlomba untuk adu cepat dalam memecahkan kode algoritma yang tersedia. 

Hanya saja perlu diketahui, bahwa Bitcoin hingga saat ini ini tidak bisa dijadikan alat tukar atau pembayaran yang sah/legal, namun jenis mata uang kripto ini bisa menjadi produk komoditas investasi yang boleh diperdagangkan pada sejumlah broker trading. 

2) Berapa penghasilan seorang penambang?

Pada dunia penambangan Bitcoin, para penambang harus terus menerus menyalakan komputernya untuk melakukan pencatatan pada semua transaksi yang terjadi pada jaringan mata uang kripto ini. Sebagai imbalannya, mereka akan diberikan imbalan secara otomatis oleh jaringan tersebut yang merupakan kepingan Bitcoin sebesar 75 koin per jam saat penambangan sedang berlangsung.

Jika penambangan berjalan normal seperti tidak adanya halving, maka seorang penambang bisa saja memperoleh penghasilan bulanan mulai 5 juta rupiah hingga puluhan juta rupiah. Namun apabila halving terjadi, maka penghasilan seorang penambang akan turun sekitar 20%.

Dengan kata lain bisa disimpulkan sejenak bahwa meskipun benar bahwa beberapa orang dapat menghasilkan uang dengan menambang mata  uang kripto, tidak semua orang dapat melakukannya. Seiring berjalannya waktu dan lebih banyak orang berpartisipasi dalam penambangan, maka return dari investasi yang mungkin diharapkan oleh para penambang mata uang kripto terutama Bitcoin ini terus menurun.

Berikut ini adalah rincian peristiwa bagaimana fenomena terjadinya halving telah mengurangi jumlah BTC yang Anda harapkan sebagai penambang/miner:

TahunBitcoin diterima per blokperistiwa
200950 BTC(Tingkat penambangan BTC asli)
201325 BTCHalving pertama
201612,5 BTCHalving kedua
20206,25 BTCHalving ketiga

3) Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mining Bitcoin gratis?

Jika Anda selama ini penasaran dengan jawaban untuk pertanyaan di atas, maka hal ini akan bergantung kepada berbagai faktor, terutama perangkat keras yang digunakan pada sistem komputer Anda. Semakin canggih hardware Anda, maka semakin cepat Anda memetik hasilnya.

Pada umumnya bisa dikatakan dengan hardware standar dan canggih, seorang penambang perlu kira-kira tiga setengah tahun (3,5 tahun). Tapi nyatanya, saat ini sudah banyak para penambang baru yang bermunculan yang mengakibatkan durasi waktu yang diperlukan untuk menambang Bitcoin akan semakin lama.

4) Berapa biaya melakukan mining Bitcoin gratis?

Perlu diingat, sebelum dapat menghasilkan keuntungan uang, Anda harus membayar kembali uang yang baru saja Anda belanjakan untuk perangkat tersebut. Bisa dikatakan, biaya menambang Bitcoin cukup menguras kantong Anda terutama bagi para trader yang hanya memiliki modal kecil. 

Biaya mining Bitcoin mencakup dua elemen utama:

  • Biaya energi penambangan

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Elite Fixtures, Biaya menambang Bitcoin secara global sangat bervariasi, dari $ 531 hingga $ 26.170. Biaya rata-rata menambang Bitcoin di Indonesia adalah $ 4329 per Bitcoin, atau sekitar Rp 60.600.000 apabila kurs rupiah saat ini adalah 14.000 rupiah. Biaya terbesar yang perlu Anda keluarkan adalah untuk membayar tagihan listrik yang terus membengkak akibat penggunaan perangkat komputer yang terus menerus. Karena itulah di sejumlah negara semisal Inggris, kegiatan menambang Bitcoin tidaklah menguntungkan sebab memerlukan biaya energi listrik yang sangat mahal.

Dengan biaya sebesar ini yaitu 60 juta-an, Anda perlu ingat bahwa Anda belum tentu meraih keuntungan finansial yang diharapkan sebab nantinya ada berbagai faktor yang mungkin menjadi kendala saat Anda melakukan penambangan Bitcoin. 

  • Biaya pembelian dan pembaruan perangkat keras (hardware) penambangan

Pastinya untuk melakukan penambangan Bitcoin, Anda perlu membeli dan juga meng-update perangkat keras/hardware penambangan supaya beroperasi lebih canggih dan efisien. Harga setiap hardware bervariasi dan rata-rata bernilai jutaan rupiah.

Saat ini di Indonesia sendiri,  perakitan mining rig atau perangkat komputer yang digunakan untuk menambang Bitcoin sangatlah digemari. Harga mining rig itu bervariasi tergantung kepada berapa banyak kartu grafis yang dibenamkan. Misalnya saja, perangkat komputer yang memiliki tiga kartu grafis akan dihargai sekitar 30 juta Rupiah, sementara komputer yang dibekali konfigurasi dari enam kartu grafis, akan dihargai kurang lebih 60 juta Rupiah.

Di samping itu, jika Anda memiliki anggaran uang yang terbatas, Anda dapat menggunakan beberapa perangkat keras terbaik atau ASIC (Sirkuit Terintegrasi dan Spesifik Aplikasi) untuk menambang Bitcoin seperti Antminer T9+ yang berharga sekitar 8 juta rupiah, Avalon6, Antminer R4, Bitmain dan banyak lagi.

5) Lingkungan yang dibutuhkan untuk mining Bitcoin gratis?

Sebelum melakukan penambangan Bitcoin, Anda perlu menentukan lingkungan yang sesuai untuk menjalankan operasi penambangan. Hal ini biasanya memerlukan 4 hal dasar, yaitu:

  • Kapasitas daya: Saat ini kebanyakan penambang memerlukan daya listrik keluar  220 V, namun sayangnya, kebanyakan perumahan dan apartemen hanya dibekali dengan daya listrik standar sebesar 110V. Dengan demikian, Anda perlu menambah daya listrik Anda menjadi 220 V dengan mengajukan permohonan penambahan daya pada Perusahaan Listrik Negara (PLN).
  • Koneksi internet: Setiap penambang pastinya memerlukan koneksi internet yang stabil. Ini paling baik dilakukan melalui sebuah kabel ethernet yang dipasang langsung ke router. Kabelnya biasanya berukuran panjang, dimana router tidak perlu berada dekat dengan si penambang. Anda juga bisa menggunakan jaringan WiFi, namun biasanya ini kurang bisa diandalkan.
  • Aliran udara/pendinginan: Proses penambangan yang menggunakan hardware canggih seperti ASIC menghasilkan panas banyak sekali. Ini berarti Anda perlu ventilasi dan kipas angin yang tepat untuk membantu sirkulasi udara.
  • Pengurangan suara bising: Tidak hanya menghasilkan banyak panas, ASIC juga bisa jadi berisik dan bising. Karena itulah disarankan untuk meletakkan ASIC Anda di kontainer tersendiri untuk meredam suara berisi, atau menjalankannya pada sebuah ruangan dimana Anda dan tetangga Anda sendiri tidak akan terganggu oleh suara bising ini.

Dua Cara Mining Bitcoin Gratis

Jika Anda sudah mengetahui hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum melakukan penambangan Bitcoin, kini saatnya kami kemukakan dua cara untuk melakukan mining Bitcoin gratis.

1. Mining Bitcoin Gratis: Penambangan awan atau Cloud Mining

Metode penambangan awan merupakan sebuah mekanisme penambangan mata uang kripto, termasuk dalam hal ini Bitcoin dimana Anda tidak perlu memasang seluruh hardware dan alat-alat lainnya.

Dengan metode ini, Anda dapat membuka sebuah akun pada suatu perusahaan untuk ikut serta pada proses penambangan awan dengan biaya yang jauh lebih murah dibandingkan dengan apabila Anda harus meng-install hardware komputer sendiri untuk menambang dan membayar tagihan listrik. Bersama para penambang lainnya, Anda akan diberikan bagian berupa hashrate tergantung kepada daya hashing yang ditawarkan. Jika Anda belum tahu, hashrate merupakan ukuran daya atau power komputasi pada jaringan Bitcoin.

Tentunya metode cloud mining tidak akan terlepas dari beberapa keuntungan dan kekurangan yang melingkupinya.

Adapun keuntungan-keuntungan dalam menggunakan metode ini adalah sebagai berikut:

  1. Pastinya tidak dibebankan biaya instalasi sebab seluruh peralatan disediakan oleh pusat hosting yang mengelola cloud mining tersebut. Anda juga akan menghemat banyak uang sebab tidak mesti membeli perangkat hardware yang mahal.
  2. Tidak menghasilkan suara bising dan energi panas yang tidak diinginkan. Selain itu cloud mining dapat menjauhkan Anda dari risiko kebakaran pada tempat tinggal Anda.
  3. Perawatan pada peralatan akan dijamin kualitasnya sebab pusat hosting akan memiliki staf dan anggaran yang memadai untuk mengurusi masalah perawatan

Namun di samping itu, ada beberapa masalah utama dengan penambangan awan:

  1. Jenis platform ini mungkin merupakan skema penipuan atau Ponzi
  2. Platform mungkin menargetkan investor ritel yang kurang memiliki pendidikan memadai dan tidak memahami risiko yang relevan
  3. Tidak berdasarkan Harga pasar
  4. Sejumlah perusahaan penyedia mungkin saja menghentikan operasi cloud mining jika batas profit Anda terlalu kecil, atau perusahaan bisa bangkrut dan dana Anda tidak bisa kembali.
  5. Anda tidak memiliki kontrol penuh terhadap peralatan pertambangan. 
Berikut adalah beberapa platform penambangan cloud yang terkenal yang perlu Anda ketahui:
  • Bitcoin Pool
  • Hashnest
  • Hashflare
  • Hashing24
  • Eobot

2. Penambangan perangkat keras (hardware)

Selain menggunakan metode pertama yaitu cloud mining, Anda juga bisa memilih metode mining Bitcoin gratis dengan memasang sebuah hardware khusus pada komputer Anda.

Nah metode ini ternyata menggunakan salah satu dari beberapa jenis utama mesin pertambangan yang paling populer, yaitu sebagai berikut:

  • Penambangan ASIC atau sirkuit terintegrasi specifik aplikasi merupakan sebuah chip yang dapat digunakan menambang mata uang kripto. Kebanyakan penambangan blokchain berskala besar dijalankan oleh mesin ini.
  • Penambangan Scrypt, merupakan fungsi penurunan kunci yang berbasis password yang diciptakan oleh Colin Percival yang pada asalnya berfungsi untuk jasa mem-back-up Tarsnap secara online.
  • Penambangan GPU, dimana mesin ini unggul pada unit yang memroses grafik. GPU ini lebih kuat daripada CPU untuk mengeksekusi beberapa fungsi yang sangat spesifik.
  • Penambangan CPU, dimana mesin ini unggul paa unit pemrosesan sentral, dan tergolong sebagai otak komputer sebab mengendalikan semua operasi bagian-bagiannya.

Jika ingin menggunakan metode ini untuk mining bitcoin gratis, maka Anda perlu tahu apa kelebihan-kelebihannya sebagai berikut:

  • Memperbesar peluang memperoleh koin Bitcoin setiap bulannya
  • Ada banyak pilihan hardware yang tersedia yang harganya sesuai dengan kemampuan keuangan Anda

Selain kelebihan-kelebihannya, Anda juga perlu melihat kekurangan-kekurangan yang melingkupi mining dengan menggunakan hardware sebagai berikut:

  • Harga hardware mungkin saja mahal, dan semakin canggih hardware, maka semakin tinggi pula harganya.
  • Mengonsumsi daya listrik yang besar dan akibatnya akan memberikan beban lebih kepada Anda untuk membayar tagihan listrik setiap bulannya.

Baca Juga: 10 Aplikasi Mining Bitcoin Terbaik 2021

Cara Mining Bitcoin Gratis: Langakah demi Langkah

Sekarang akan kami paparkan cara-cara mining Bitcoin gratis yang bisa Anda pilih meskipun Anda adalah seorang trader atau investor pemula sekalipun.

1) Silahkan dapatkan peralatan untuk mining Bitcoin gratis

Setelah berkomitmen untuk menjadi penambang, keputusan pertama yang harus Anda buat adalah mesin ASIC yang akan Anda gunakan. Kami akan menguraikan faktor-faktor penting yang harus dipertimbangkan saat membuat keputusan ini.

* Harga, silahkan sesuaikan dengan budjet uang Anda. Biasanya semakin mahal, maka semakin canggih performa mesin tersebut.

* Tingkat hash, semakin tinggi tingkat hash, maka semakin cepat performa ASIC

* Kebutuhan akan daya listrik, semakin besar angka ini, maka akan semakin membesar pula tagihan listriknya

Disini k ami menyarankan Anda untuk memperhatikan berbagai ulasan mengenai miner/penambang dan lalu pilihlah miner manakah yang terlihat paling menguntungkan buat Anda. Jangan pilih hanya dengan melihat harganya saja, tapi fokus kepada performa, konsumsi dan kesesuaian harga. Anda perlu melihat yang paling efisien. Jika ada waktu, silahkan kunjungi website Asic Miner Value dimana Anda akan memperoleh informasi secara detil mengenai mesin-mesin penambang.

2) Silahkan dapatkan dompet Bitcoin yang terpercaya

Langkah penting selanjutnya adalah menyiapkan dompet Bitcoin, dimana Anda akan menerima Bitcoin Anda dan akan dapat memanipulasi dengannya. Anda perlu mempertimbangkan wallet yang terpercaya dan terbaik, sebab akan memberikan jaminan terhadap keamanan uang Anda.

Bayangkan jika Anda akan menambang selama setahun dan semua tabungan Anda akan dicuri, itu karena Anda tidak cukup memperhatikan saat memilih dompet, tetapi memilih dompet yang kurang dipercayai dan yang mudah diretas oleh para pelaku kejahatan siber.

Secara umum, ada berbagai jenis dompet yang bisa Anda pilh yaitu dompet perangkat lunak, dompet kertas, dompet perangkat keras dll. Namun disini kami dapat memastikan bahwa dompet perangkat lunak (software) ini sangat cocok untuk para trader Bitcoin pemula, sebab itu aman dan mudah dikelola serta cocok untuk sejumlah manipulasi dengan mata uang yang ditambang. Anda dapat mengunduhnya secara mudah sebuah dompet pada komputer, dimana koin Anda akan disimpan secara aman.

Ada dua jenis dompet perangkat lunak. Satu jenis penuh yang mengunduh seluruh blockchain atau jenis satunya yang memiliki beban ringan yang menyimpan hanya transaksi-transaksi yang relevan saja. Jenis dompet yang pertama akan memerlukan banyak ruang dan memori di komputer Anda namun lebih aman. Sebaliknya, jenis dompet kedua ini terhubung dengan Blockchain yang dikelola oleh pihak ketiga dan Anda tidak akan dapat mengendalikannya secara penuh.

Baca Jug: 8 Dompet Bitcoin Terpercaya dan Berguna di Indonesia 2021

3) Silahkan pilih kolam mining pool

Salah satu cara (mungkin satu-satunya cara) mining Bitcoin masih bisa menguntungkan adalah melalui kumpulan penambangan. Kolam penambangan adalah kumpulan penambang tunggal, yang memungkinkan penambang mengumpulkan sumber daya mereka bersama-sama, memiliki peluang lebih besar untuk memecahkan rintangan dan memenangkan hadiah, tetapi hadiah akan didistribusikan di antara semua anggota kumpulan secara merata.

Anda dapat memilih kumpulan mining Bitcoin yang Anda inginkan. Namun, kami menyarankan Anda memilih salah satu kumpulan mining Bitcoin yang direkomendasikan di bawah ini untuk memulai:

  • Poolin
  • F2pool
  • BTC.com
  • Antpool
  • Slush
  • Bitfury

Perlu diketahui bahwa bergabung dengan kolam penambangan sangat mudah. Anda hanya perlu mempersiapkan sebuah akun dengan kumpulan yang dipilih dan menyalin URL kumpulan tersebut ke antarmuka web penambang ASIC.

4) Silahkan dapatkan program penambangan untuk komputer Anda

Sekarang setelah Anda memiliki perangkat keras, dompet Bitcoin, dan memilih kumpulan penambangan, sekarang saatnya bagi Anda untuk membiarkan perangkat lunak penambangan beroperasi di komputer Anda. Perangkat lunak mining Bitcoin adalah tempat Anda benar-benar menghubungkan perangkat keras (hardware) penambangan ke kumpulan penambangan yang diperlukan.

Ada beberapa software mining Bitcoin populer yang mendukung ASIC yang bisa Anda pilih,  yaitu:

  • CGMiner
  • BFGMiner
  • Multiminer
  • Awesome Miner

5) Mulai mining Bitcoin gratis

Sekarang Anda dapat mulai menambang dan menghasilkan Bitcoin! Hubungkan penambang Anda ke stopkontak, dan kemudian hubungkan ke komputer dan pasang perangkat lunak penambangan. Isi perangkat lunak penambangan dengan informasi tentang dompet dan kumpulan penambangan Anda, pilih perangkat, dan mulai menambang!

Baca Juga: 9 Cara Mendapatkan Bitcoin Gratis dengan Cepat dan Mudah, Siapa Pun Bisa!

Saran untuk trader pemula yang tertarik pada Bitcoin

Mining Bitcoin gratis bukanlah cara tercepat untuk menghasilkan uang dengan Bitcoin. Untuk pemula yang ingin menghasilkan uang dengan Bitcoin, memperdagangkan Bitcoin di platform perdagangan margin mungkin merupakan cara termudah yang bisa Anda pilih.

Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang dan membuang-buang waktu untuk menambang, sebab pada kenyataannya penambangan Bitcoin akan mengalami perputaran return pada investasi Anda dalam waktu yang cukup lama.

Tapi tenang saja! Sebab saat ini Anda sudah tidak perlu lagi modal yang besar untuk bisa memulai investasi Bitcoin. Ada berbagai nama broker trading populer yang beroperasi secara online yang bisa Anda pilih, salah satunya adalah broker terpercaya dan terbaik Mitrade. Anda hanya perlu melakukan registrasi untuk membuat akun secara mudah dan cepat.

Lalu kenapa broker Mitrade yang kami sarankan kepada Anda di tahun 2021 ini?

Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai broker untuk trading dan investasi Bitcoin, silakan baca terus artikel ini! Cara Trading Bitcoin Di Indonesia (Panduan Memulai Cepat) 2021

Haruskah saya melakukan mining Bitcoin atau trading Bitcoin pada tahun 2021?

Saat ini waktu yang dibutuhkan untuk mining Bitcoin gratis sangat besar, biayanya pun teramat besar, prosesnya rumit, dan keuntungannya kecil. Saat ini sebenarnya bukan sebuah pilihan yang bijak untuk mendapatkan Bitcoin dengan cara ini.

Oleh karena itulah, kami yakin bahwa cara lain yaitu trading Bitcoin menjadi opsi menarik yang bisa Anda ambil sebab trading pada Bitcoin biasanya tidak memerlukan biaya yang besar dan prosedur-prosedur yang diperlukan dalam membuka akun untuk memulai trading juga tidak akan rumit dan sulit.

Trading Bitcoin adalah kegiatan jual beli Bitcoin, dimana Anda membelinya lalu menjualnya dengan harga yang melebihi harga belinya, maka Anda pun akan memperoleh keuntungan dari selisih jual beli tersebut.

Berikut ini beberapa keuntungan dari aktifitas trading Bitcoin yang perlu Anda perhatikan:

  • Nilai Bitcoin naik turun namun cenderung menguat dari waktu ke waktu

Seperti emas dan mata uang asing, maka nilai Bitcoin akan terus fluktuasi waktu ke waktu. Akhir-akhir ini ada kecenderungan harga Bitcoin ini selalu naik setiap bulannya, dan kini sudah mencapai harga ratusan juta rupiah, bahkan diprediksi bisa mencapai 1 miliar rupiah per kepingnya. Tak heran, banyak trader Indonesia yang berlomba-lomba mencarinya dengan membelinya di exchange atau melalui broker trading yang terpercaya seperti Mitrade. 

  • Dapat diakses kapan saja dan transaksinya buka 24/7

Bisa dikatakan trading Bitcoin tidak mengenal hari libur. Saat aset keuangan lainnya libur dan memiliki batasan waktu, transaksi jual beli Bitcoin akan selalu ada. Kapanpun juga Anda bisa melakukan trading Bitcoin.

  • Bitcoin dianggap lebih fleksibel,  dan bersifat terdesentralisasi

Mata uang ini dianggap lebih fleksibel dibandingkan dengan mata uang fiat. Di Indonesia sendiri, penggunaan Bitcoin sebagai alat tukar dan pembayaran masih dilarang. Bitcoin tidaklah diterbitkan oleh pusat otoritas pemerintah suatu negara.  Karena itulah Bitcoin tidak mesti diperdagangkan pada bursa yang teregulasi. Selain itu, transaksi ini dilakukan secara peer to peer langsung dari sender ke receiver, alias tidak melalui perantara bank konvensional

Untuk membantu Anda memvisualisasikan lebih jelas, Anda dapat merujuk ke tabel perbandingan berikut:

 mining bitcointrading bitcoin
Modal yang diperlukanRp 10 miliar  Mulai dari $10
Jangka  investasiBulanan atau tahunan  Harian atau mingguan
Ruangan Profit$ 8 setiap hari  Tergantung kepada leverage
Alat-alat yang diperlukanKomputer, hardware dan software lainnya  Perangkat mobile, apllikasi trading yang mudah didownload
RisikoSangat tinggiTinggi
Kesulitan operasiSangat rumitMudah dan cepat

Mengingat volatilitasnya yang tinggi, Bitcoin dianggap sebagai salah satu produk paling cocok untuk perdagangan dengan leverage. Mengapa demikian? Silakan lihat tabel perbandingan di bawah ini untuk pemahaman yang lebih baik!

PerbedaanTrading Tanpa LeverageTrading Leverage
Leverage01 : 10
Harga Pembukaan$ 37.600$ 37.600
Harga Penutupan$ 38.000$ 38.000
Lot Transaksi0,1 lot0,1 lot
Dana Yang Diperlukan$ 3760$ 376
Keuntungan$ 400$ 400
ROI10,64%106,38%

Dapat dilihat bahwa dibandingkan dengan perdagangan tanpa leverage, perdagangan dengan leverage memiliki dua keuntungan besar yaitu sebagai berikut:

  • Dana kecil, maksudnya dengan dana kecilpun dimulai dari ratusan dollar, Anda sudah dapat memiliki Bitcoin utuh yang harganya sudah mencapai puluhan ribu dollar di pasar exchange. 
  • Pengembalian tinggi, maksudnya dengan modal kecil, namun tak menutup kemungkinan, return yang akan diperoleh ternyata besar.

Namun bagaimanapun juga perlu dipertimbangkan bahwa dengan melakukan trading kontrak CFD, Anda sesungguhnya tidak benar-benar mempunyai Bitcoin. Dengan CFD, Anda akan memperoleh profit dari selisih naik turunnya harga Bitcoin dari waktu ke waktu (buy atau sell).

Selain itu, perlu diingat juga bahwa pemberian leverage yang nampak menggiurkan ini juga melibatkan risiko cukup tinggi. Artinya, disamping memperbesar keuntungan yang tinggi, namun di saat bersamaan juga akan memperbesar risiko kerugian. Oleh karena itulah, Anda perlu cermat dan bijak dalam mengelola rasio leverage Anda yang perlu disesuaikan dengan target dan tujuan trading Bitcoin Anda.

Baca Juga: 12 Aplikasi Trading Bitcoin Terbaik di Indonesia 2021

Apakah Anda berminat mencoba trading Bitcoin sekarang?

Disini Penulis akan mengambil salah satu platform trading bitcoin yang terkenal dan terpercaya sebagai contoh, yaitu broker Mitrade.

Silahkan Ikuti panduan perdagangan langkah demi langkah!

  1. Silahkan Anda buka akun untuk mulai trading Bitcoin sesuai keperluan. Anda dapat mengunduh aplikasi trading Mitrade pada Google Play untuk penggunaan perangkat Android atau Apple Store untuk penggunaan perangkat dengan sistem operasi IOS.

Oh iya perlu diinformasikan juga disini bahwa Anda masih belum memiliki akun Mitrade, maka silahkan membuat akun baru Anda dengan melakukan registrasi pada aplikasi trading Mitrade atau website resminya yang tersedia.

Pembukaan akun mitrade itu sangat mudah dan cepat yang mencakup:

  • Pendaftaran email (atau Google, login akun Facebook)
  • Pengisian kuesioner evaluasi
  • Pengiriman verifikasi identitas (dokumen diperlukan termasuk KTP atau bukti alamat)

Seluruh proses diselesaikan secara online dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit.

2) Silahkan lakukan deposit awal pada akun baru Anda dengan nominal yang sangat terjangkau yaitu sebesar $ 50 saja.

 3) Silahkan klik menu trade dan pilih kategori aset finansial. Silahkan pilih cryptocurrency/mata uang kripto di daftar produk. Akan nampak posisi harga jual dan beli Bitcoin. 

Oh iya, harap perhatikan supaya Anda tidak lupa memeriksa harga sebelum membeli.  Anda dapat melihat grafik harga Bitcoin terbaru di beranda website broker Mitrade yang akan di-update dari waktu ke waktu.

4) Silahkan  buka posisi beli/buy atau jual/sell (tergantung prediksi Anda tentang harga Bitcoin akan naik atau turun)atau Anda bisa merujuk kepada prediksi pasar di Mitrade.

  • Masukkan jumlah Bitcoin yang ingin Anda beli.
  • Atur pengelolaan Risiko Stop-Loss dan Take-Profit untuk memperkecil risiko kerugian dan memperbesar peluang keuntungan
  • Atur Limit Jual dan Beli Bitcoin sesuai keperluan 

Anda disarankan untuk menetapkan limit  beli/buy dan jual/sell di bursa untuk memastikan bahwa Anda tidak akan melewatkan kesempatan apapun untuk membeli dan menjual sebuah aset finansial termasuk Bitcoin ini dengan harga yang tepat.

5) Memantau harga bitcoin. Setelah Anda melakukan langkah-langkah di atas, maka silahkan pantau posisi beli dan jual untuk memperoleh harga yang sesuai nantinya. Anda juga dapat membaca perkembangan mata uang kripto yang selalu diupdate secara berkala.

6) Menutup posisi anda secara tepat. Kalau keuntungannya telah mencapai target anda, silahkan tutup posisi anda.

7)  Penarikan Keuntungan. Silahkan lakukan penarikan terhadap saldo yang tersedia pada akun Anda ke bank lokal sesuai keinginan.

Ternyata sangat mudah untuk memperdagangkan Bitcoin di Mitrade! Di Mitrade, Anda dapat memulai transaksi Bitcoin mulai dari 0,01 BTC. Apakah ini benar-benar murah? Oleh karena itu, tidak ada alasan mengapa mata uang Bitcoin tidak dapat diperdagangkan. Karena dengan broker Mitrade, siapa pun dapat mulai berdagang Bitcoin.

Silahkan klik tombol di bawah untuk mengunduh aplikasi Mitrade sekarang juga!

Apakah Melakukan trading Bitcoin di Mitrade aman?

Tentunya akan ada sebuah pertanyaan paling penting yang dimiliki oleh semua trader saat menjatuhkan pilihan ke sebuah broker asing untuk melakukan trading Bitcoin. Pertanyaan ini selalu menjadi perhatian utama, terutama bagi para trader pemula yang ingin melakukan trading.

Apakah broker Mitrade ini aman dan dapat dipercaya? Apakah menjatuhkan pilihan untuk trading Bitcoin pada broker ini merupakan sebuah keputusan yang tepat? Apakah Mitrade menjamin keamanan dana dan data-data personal saya? Dan banyak lagi.

Secara ringkas dapat saya katakan bahwa dalam hal ini, ada 2 (dua) pertimbangan yang bisa diambil oleh Anda-Anda semua, yaitu bahwa:

  • Broker Mitrade memiliki lisensi broker internasional yang lengkap yaitu dari negara Australia, dimana Komisi Sekuritas dan Investasi Australia (ASIC) telah menyetujui Lisensi Layanan Keuangan Australia (AFSL 398528). Menurut peraturan negara Australia, dana Anda secara aman akan disimpan dalam akun perwalian.

Silahkan perhatikan bukti gambar di bawah ini!

Broker Mitrade sudah memperoleh nomor lisensi Cayman. Lisensi Lengkap Usaha Investasi Efek, Nomor Lisensi 1612446 sebagai berikut:

Untuk memeriksa apakah pernyataan di atas adalah benar, saya sudah memeriksa informasi yang relevan pada website resmi dan mengonfirmasi bahwa Mitrade adalah broker yang diatur secara hukum dan memiliki izin operasional yang sah/legal.

Mengapa memilih Mitrade?

Kiprah Mitrade sebagai broker profesional telah diakui oleh para trader dunia. Mitrade dipercaya akan sangat cocok untuk para trader pemula yang ingin memetik keuntungan besar sebab menawarkan banyak sekali keunggulan yang tidak didapatkan oleh broker-broker trading lainnya.

Berikut ini saya rangkumkan beberapa alasan mengapa Anda perlu mempertimbangkan Mitrade sebagai broker Anda untuk melakukan trading Bitcoin.

  • Broker Mitrade sebagai salah satu broker CFD terbaik di dunia yang sudah berdiri selama 10 tahun, dan telah memenangkan banyak penghargaan internasional seperti penghargaan platform investasi valuta asing terbaik dan penghargaan layanan keuangan terbaik dengan layanan berkualitas tinggi.
  • Mitrade menawarkan spread rendah dan 0 komisi yang tidak akan membebankan modal anda.
  • Seluruh proses administrasi dari proses registrasi dan pembukaan akun dapat dilakukan secara  cepat dalam hitungan menit saja dan pastinya gratis, dimana proses penyetoran deposit dan penarikan dana dapat dilakukan melalui bank-bank lokal yang beroperasi di Indonesia.
  • Mitrade menawarkan akun demo sebesar $ 50.000  berupa uang virtual bagi para calon trader yang ingin berlatih trading Bitcoin. Anda dapat mempergunakan kesempatan emas ini untuk mempraktekkan berbagai teknik dan strategi trading.

Kesimpulan

Sebagai trader yang ingin berkecimpung pada Bitcoin, maka Anda perlu tahu cara mining Bitcoin gratis secara tepat yang sesuai dengan budjet uang Anda. Menambang atau mining itu sangat mahal, perlu modal besar dan prosesnya juga sangat lama dengan peluang risiko yang besar juga. Karena itulah Anda dapat mempertimbangkan sebuah broker trading terpercaya seperti Mitrade untuk membantu Anda melakukan transaksi jual beli Bitcoin secara menguntungkan dan cepat.

Alasannya cukup menarik yaitu Anda tidak perlu lagi mempersiapkan modal yang sangat besar jika bergabung dengan sebuah broker sebab broker terbaik seperti Mitrade biasanya sudah mempersiapkan rasio leverage yang cukup tinggi.


Bagikan Artikel

Tinggalkan Komentar

Don`t copy text!