Cara Menabung Emas di Pegadaian, Mudah dan Praktis (Panduan Memulai Cepat 2021)

Jika Anda berpikir investasi emas itu sulit dan mahal serta cukup merepotkan, maka itu pemikiran yang keliru, sebab sekarang ini Anda sudah bisa menabung aset tersebut di lembaga pegadaian. Nah, karena akhir-akhir ini emas dianggap aset finansial primadona oleh para investor di tanah air  termasuk Anda yang cukup menjanjikan, maka sudah saatnya Anda perlu tahu cara menabung emas di pegadaian.

Lalu apa saja langkah-langkah menabung emas di pegadaian? Berapa modal pertama yang diperlukan? Hal-hal apa saja yang perlu Anda ketahui sebelum memutuskan untuk terjun ke dunia ini? Apakah ada kelebihan dan kekurangan menabung emas di pegadaian?

Pada artikel ini, akan dibahas mengenai  poin-poin penting sebagai berikut:

  1. Apa itu Pegadaian dan Apa itu Tabungan Emas Pegadaian?
  2. Hal-hal yang perlu diketahui sebelum menabung emas di pegadaian 
  3. Cara menabung Emas di Pegadaian
  4. Apa keuntungan menabung emas di Pegadaian?
  5. Apa kerugian menabung emas di Pegadaian?
  6. Opsi alternatif yang bisa Anda pertimbangkan selain investasi emas di Pegadaian?

Penasaran dengan uraian dari poin-poin di atas? Yuk, simak terus artikel ini sampai habis untuk menambah wawasan dan pengetahuan Anda seputar isu yang menarik ini.

Selamat membaca, ya!

1. Apa itu Pegadaian dan Apa itu Tabungan Emas Pegadaian?

Sebelum beranjak ke pembahasan seputar cara menabung emas di pegadaian, ada baiknya kami paparkan terlebih dahulu apa itu pegadaian dan apa itu tabungan emas Pegadaian.

Pegadaian adalah salah satu lembaga milik Pemerintah atau Badan Usaha Milik Negara yang memberikan pinjaman uang kepada individu dengan menerima barang berharga seperti emas, barang-barang elektronik, sertifikat rumah, BPKB motor dll sebagai jaminan atas pinjamannya.  Hingga akhir tahun 2018, dapat dikatakan bahwa Pegadaian sudah tersedia hampir di seluruh kota besar termasuk area kabupaten dan kecamatan di Indonesia (ada sekitar 4.500 outlet yang bisa Anda pilih).

Ternyata saat ini, lembaga Pegadaian tidak hanya berperan untuk meminjamkan uang saja, tapi juga bisa menjadi wadah investasi emas serta menawarkan berbagai jasa termasuk sebagai metode pembayaran dan remittance (pengiriman uang) bagi masyarakat di tanah air.

Dengan demikian tabungan emas Pegadaian dapat diartikan sebagai emas batangan yang dipunyai oleh Anda sebagai pemilik akun sesuai perjanjian jual beli dan penitipan aset ini yang disepakati oleh pihak Pegadaian dan Anda sendiri sebagai pemilik rekening.

Dengan memiliki tabungan ini, itu artinya Anda sedang melakukan investasi emas Pegadaian dimana Anda bisa menabung emas di Pegadaian melalui aplikasi Pegadaian Digital yang dapat diunduh secara gratis di Google Play Store. Untuk detail cara menabung emas di Pegadaian, maka akan dibahas nanti.

2. Hal-hal yang perlu diketahui sebelum menabung emas di pegadaian

Anda tertarik dengan investasi pada aset ini di Pegadaian?

Nah, jika Anda tertarik untuk menabung emas di pegadaian, ada baiknya Anda faham akan beberapa hal sebelum melakukan kegiatan investasi ini, sebagai berikut:

Syarat pembukaan rekening

Ternyata untuk menabung emas di Pegadaian, dibutuhkan syarat usia minimal dan maksimal. Di dalam salah satu persyaratan itu tertera bahwa Anda harus berusia antara 21 hingga 55 tahun. Pihak Pegadaian akan mengecek usia Anda melalui e-KTP Anda untuk memastikan apakah Anda diizinkan untuk membuka sebuah rekening atau tidak.

Jadwal operasional lembaga Pegadaian

Ternyata lembaga Pegadaian ini mempunyai jadwal operasional yang perlu Anda ketahui, sebab hanya buka pada hari-hari kerja saja. Namun Pegadaian di kantor cabang akan tetap beroperasi hingga hari Sabtu meskipun buka sampai jam makan siang saja.

Berikut ini jadwalnya:

Kantor pusat dan kantor wilayah Pegadaian buka dari hari Senin hingga Jumat

Senin-Kamis: pukul 07.30 -16.30

Jumat : pukul 07.30 – 16.45

Kantor Cabang Pegadaian buka dari hari Senin hingga Sabtu dengan penjelasan seperti berikut ini:

Senin-Jumat: pukul 07.30- 15.00

Sabtu: pukul  07.30 – 12.30

Dokumen yang Dibutuhkan apa saja?

Saat ingin membuka rekening baru di Pegadaian, maka Anda wajib menyertakan kartu identitas diri berupa fotokopi KTP/SIM/Paspor yang masih berlaku.

Top up Pertama Pegadaian Tabungan Emas itu berapa?

Salah satu hal dasar yang mesti Anda ketahui adalah top up pertama yang perlu Anda isi pada rekening baru Anda, jumlah nominalnya berapa?

Dan ternyata untuk melakukan top up pertama, pihak Pegadaian tidak mewajibkan Anda untuk melakukan top up dengan jumlah modal yang besar yaitu mulai dari 0,01 gram atau sekitar Rp 12.500 dan maksimal 100 gram per hari atau sekitar Rp 91.218.000. Adapun saldo awal rekening Anda minimal adalah 0,1 gram emas atau sekitar Rp 125.000 (harga saat ini) . 

Selain biaya top up awal, maka Anda juga perlu mempertimbangkan biaya-biaya lainnya seperti biaya administrasi yang mencapai Rp 10.000 (sepuluh ribu rupiah) dan biaya titip selama 12 bulan atau 1 (satu) tahun sebesar Rp.30.000,- (tiga puluh ribu rupiah).

Detail Biaya Pembukaan Rekening Tabungan Emas

ChannelBiaya Pembukaan RekeningBiaya Fasilitas Penitipan Emas (per satu tahun)Pembelian Saldo EmasBiaya Transaksi
Outlet PegadaianRp10.000,-Rp30.000,-0,01 gram
Pegadaian DigitalRp0,-Rp0,-Rp50.000,-
Pegadaian Syariah DigitalRp0,-Rp30.000,-Rp70.000,-
Agen PegadaianRp10.000,-Rp30.000,-Rp57.500,-Rp2.500,-

Anda disarankan untuk memantau harga emas terkini sebelum melakukan top up

Sangat disarankan untuk Anda yang belum melakukan top up dana di rekening yang Anda, untuk memantau/memonitor harga emas yang sedang diperdagangkan di pasar emas dunia. Biasanya, pihak Pegadaian akan mematok harga emas 3%  lebih tinggi daripada harga yang telah dipator oleh PT Antam, sebagai perusahaan produsen emas terbesar di Indonesia.

Baca Juga: Prediksi Harga Emas 2021: Harga Emas Akan Naik atau Turun? 

Apakah Tabungan Emas Pegadaian bisa diambil?

Iya Anda bisa bisa mengambil tabungan Anda berupa emas yang sudah dicetak di outlet Pegadaian yang menjadi tempat Anda membuka rekening Anda itu. Tapi pengambilan ini ternyata memerlukan proses yang cukup lama, antara 15 hingga 45 hari kerja.

Anda juga perlu ingat bahwa tabungan emas Anda ternyata bisa dicetak apabila sudah mencapai jumlah keping 5 gram. Pihak Pegadaian akan mengenakan biaya cetak jika Anda berencana menukar saldo tabungan Anda menjadi emas batangan yang berwujud fisik.

Berapa biaya cetaknya? Ini semua akan tergantung kepada opsi keping yang tersedia, mulai dari 1 gram hingga 100 gram, dan juga bergantung kepada jenis batangan emas yang ingin Anda cetak, apakah jenis Antam atau kah UBS. Dan umumnya jenis cetakan UBS akan jauh lebih murah dari jenis cetakan Antam.  

Baca Juga: Cara Beli Emas Antam Online Dengan Mudah Panduan 2021

Untuk lebih jelasnya, yuk, silahkan perhatikan tabel di bawah ini!

Biaya Cetak Emas

DenominasiCetakan AntamCetakan UBS
5 gramRp 127.000Rp 83.000
10 gramRp 177.000Rp 111.000
25 gramRp 245.000Rp 178.000
50 gramRp 516.000Rp 301.000
100 gramRp 632.000Rp 507.000

3. Cara menabung Emas di Pegadaian Step By Step

Ada 2 (dua) cara menabung emas di pegadaian yang perlu Anda ketahui sebagai berikut:

Cara menabung emas di Pegadaian secara online:

Dengan cara ini, maka silahkan perhatikan langkah-langkah mudah berikut ini:

  1. Silahkan unduh aplikasi Pegadaian Digital di Playstore atau Appstore sesuai kenyamanan Anda.
Cara menabung emas di Pegadaian secara online

2. Jika sudah menginstalnya, maka silahkan lakukan registrasi dengan mengisi nama, No HP/Email Anda dan password Anda minimal 8 (delapan) karakter yang terdiri dari kombinasi minimal 1 Angka dan 1 huruf kapital.

3. Silahkan isi kolom dengan kode OTP yang dikirimkan ke no HP Anda untuk validasi akun baru dan Anda pun berhasil registrasi.

4. Silahkan lakukan login dengan no HP dan password yang baru saja Anda buat, maka akan tampil halaman utama website, dan silahkan klik menu ‘Buka Tabungan Emas’ yang berwarna hijau.

5. Silahkan isi kolom yang diberikan sesuai dengan yang tertera pada kartu identitas diri Anda

6. Lalu klik langkah selanjutnya di bawah pojok kanan, dan silahkan cari terlebih dahulu lokasi Pegadaian terdekat di kota Anda

7. Silahkan klik Selanjutnya, maka akan terbuka halaman yang berisi biaya administrasi sebesar Rp 50.000 untuk pembelian saldo awal. Jangan lupa, untuk mencentang kolom persetujuan Anda dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

8. Silahkan pilih  pembayaran virtual account dari salah satu bank nasional pilihan Anda, dan jangan lupa untuk mengklik ‘Bayar’ di pojok bawah sisi kanan.

9. Maka akan tampil halaman yang memberitahukan Anda untuk membayar tagihan Anda. Oh iya, pembayaran ini harus dibayar sebelum pukul 19.23 pada hari dimana Anda membuka rekening ini ya! Lalu klik ‘Selesai’

Inilah cara menabung emas di Pegadaian secara online, jika Anda ingin mencetak buku tabungan emas Anda ini, maka Anda harus mendatangi salah satu outlet Pegadaian Tabungan Emas maksimal 6 bulan sejak pembukaan rekening/akun pada aplikasi di Pegadaian Digital/Agen Pegadaian.

Cara menabung emas di Pegadaian secara offline

Selain melalui aplikasi Pegadaian Digital, Anda juga juga bisa menabung emas di Pegadaian dengan datang langsung ke cabang Pegadaian yang berada di hampir seluruh Indonesia.

Saat ini ada sekitar 4.400 outlet Pegadaian  yang tersedia di tanah air. Jika Anda ingin mengetahui informasi seputar lokasi cabang Pegadaian, maka silahkan kunjungi website resminya atau buka aplikasi Pegadaian Digital.

Adapun langkah-langkah cara offline menabung, dapat dirangkum sebagai berikut:

  1. Silahkan datangi Kantor Pegadaian atau Agen Pegadaian terdekat di kota Anda. Jangan lupa untuk membawa salinan atau copy KTP atau paspor yang masih berlaku
  2. Silahkan isi formulir Rekening Tabungan Emas yang sudah disediakan. Perlu diketahui bahwa Anda akan dibebankan biaya pembukaan rekening sebesar Rp10.000 dan biaya titipan selama 12 bulan sebesar Rp30.000
  3. Saat ingin membeli emas, maka harus dilakukan dengan kelipatan 0.01 gram sesuai dengan harga emas yang sekarang. Misalnya jika Anda ingin membeli 1 gram per harga hari ini per tanggal 23 April 2021, maka harga beli emas adalah Rp 940.000
  4. Jika Anda ingin menjual kembali emas Anda (buyback), maka Anda harus menjualnya minimal 1 gram di Kantor Cabang tempat Anda membuka rekening pertama kalinya  dengan menunjukkan Buku Tabungan dan identitas diri yang asli.
  5. Selain itu, jika Anda ingin memperoleh emas fisik (emas batangan), maka Anda bisa mencetaknya dengan pilihan keping 5gr, 10gr, 25gr, 50gr, dan 100gr.

4.  Apa keuntungan menabung emas di Pegadaian?

Saat Anda berencana untuk menabung emas di Pegadaian, maka Anda wajib tahu apa saja keuntungan-keuntungan yang dimiliki dari kegiatan ini, bukan? Anda memilih investasi ini  karena Anda yakin akan berbagai keunggulan yang selama ini ditawarkan oleh lembaga Pegadaian.

Mau tahu beberapa dari keuntungannya? Yuk, silahkan simak poin-poin berikut ini:

Menawarkan proses pencairan yang cepat

Iya benar sekali! Salah satu keunggulan terbesar dari menabung emas di Pegadaian adalah proses pencairannya yang terkenal super cepat. Jika Anda membutuhkan dana darurat misalnya, Anda dapat menjual emas Anda lebih cepat sebab aset emas memiliki likuiditas yang sangat tinggi. Nah, dengan adanya likuiditas seperti ini, maka kapan saja Anda perlu uang, Anda bisa menjualnya kembali ke Pegadaian dengan proses yang segera dan mudah.

Menawarkan tingkat keamanan yang cukup tinggi

Pastinya salah satu alasan paling masuk akal Anda menabung emas di Pegadaian ini adalah tingkat keamanannya atas aset Anda yang disimpan cukup tinggi sebab Pegadaian merupakan lembaga milik Pemerintah yang dilindungi oleh Undang-Undang yang sudah beroperasi sejak tahun 1901. Legalitasnya sudah diatur dan terdaftar pada Otoritas Jasa Keuangan (OJK) sehingga Anda tidak perlu khawatir menabung emas Anda di Pegadaian.

Emas yang ditabung ternyata dapat dijual kembali

Salah satu keuntungan dari menabung emas di Pegadaian ini adalah bahwa Anda sebagai nasabah bisa menjual kembali emas  dengan ukuran minimal 1 gram dan maksimal 100 gram per hari/CIF. Tapi Anda perlu ingat bahwa Anda perlu menyisakan saldo emas Anda di tabungan Anda minimal 0,1 gram setelah melakukan buyback (membeli kembali) agar rekening tabungan emas tetap aktif. Itu artinya di saldo Anda perlu tersisa uang sebesar Rp 125.000 yang setara dengan harga emas seberat 0,1 gram saat itu.

5. Kekurangan-kekurangan menabung emas di Pegadaian

Oh iya, selain beberapa keuntungan yang perlu Anda ketahui, Anda juga wajib mengetahui apa saja kekurangan-kekurangan yang dimiliki saat Anda menabung emas di Pegadaian. Bagaimanapun juga kegiatan investasi apapun tidak akan pernah luput dari risiko-risiko yang patut dihindari, bukan begitu?

Nah, penasaran dengan beberapa kekurangannya. Disini kami akan rangkumkan untuk Anda. Selamat membaca!

Harus membayar biaya-biaya tambahan

Seperti sudah dipaparkan sebelumnya, saat Anda membuka tabungan sebagai investasi emas Pegadaian, maka Anda akan dibebankan beberapa biaya tambahan seperti untuk membayar uang administrasi dan juga membayar biaya penitipan emas Anda. Jika modal investasi Anda besar, mungkin biaya-biaya ini tidak jadi masalah buat Anda, tapi jika modal investasi Anda kecil, maka Anda pasti berpikir dua kali untuk berinvestasi emas di lembaga Pegadaian.

Menawarkan harga jual kembali (buyback) yang ternyata sedikit lebih rendah

Benar, Anda bisa saja menjual kembali emas Anda dengan cepat dan mudah, tapi ingat ya! Terasa tidak bijak jika Anda menarik tabungan Anda kapanpun juga. Mengapa demikian? Sebab Anda tidak akan memetik keuntungan finansial dari kegiatan investasi Anda ini, bahkan justru investasi emas Pegadaian Anda malah merugikan Anda dikarenakan harga penjualan kembali (buyback) emas Anda pada lembaga ini akan menjadi lebih rendah dari harga beli emas dari Pegadaian.

Ini artinya profit yang berasal dari selisih antara harga beli dan jual emas tidak bisa diperoleh pada jangka waktu yang singkat. Jadi, jika tujuan investasi Anda adalah jangka pendek, maka Anda tidak disarankan untuk membeli emas di Pegadaian sebab keuntungan yang didapat tidak akan begitu signifikan jika dibandingkan dengan biaya-biaya administratif yang dibebankan.

Lalu apa ada opsi lain untuk Anda jika Anda sudah bertekad untuk membeli aset emas untuk dijual kembali di masa depan?

Tentu saja ada dan Anda tidak perlu khawatir sebab kami akan berikan rahasia terbesar yang perlu Anda pertimbangkan saat ini. Apa itu?

Yuk, baca terus artikel ini sampai habis!

6. Opsi alternatif yang bisa Anda pertimbangkan selain investasi emas di Pegadaian

Jika Anda ingin memetik keuntungan dari selisih jual beli atas fluktuasi harga emas, maka cara yang lebih baik yang bisa kami tawarkan adalah dengan melakukan trading aset emas pada salah satu broker online trading terpercaya dan aman.

Mengapa begitu?

Trading emas bisa diartikan sebagai kegiatan transaksi jual beli pada aset emas yang dijalankan di pasar modal dunia supaya bisa memetik keuntungan finansial dari adanya selisih jual beli itu. Biasanya trading emas diterapkan pada jangka waktu yang telah ditentukan oleh Anda sebagai trader. Selain itu, perlu Anda ketahui juga bahwa di pasar emas dunia, aset emas umumnya akan  dipasangkan dengan mata uang dollar AS dengan simbol XAU/USD.

Nah, perlu diingat baik-baik, bahwa saat Anda melakukan trading di broker pilihan Anda, maka Anda akan menerapkan format CFD atau Contract for Differences dimana Anda tidak benar-benar mempunyai aset ini secara fisik, tapi Anda hanya diuntungkan dengan adanya selisih dari transaksi jual beli emas saat perkiraan Anda tepat di waktu mendatang.

Baca Juga: Cara Trading Emas Online: Terbukti Aman Dan Menguntungkan(Panduan lengkap 2021)

Dan faktanya trading pada aset emas memiliki banyak keunggulan yang tidak boleh diremehkan jika dibandingkan dengan investasi emas secara tradisional. Beberapa keuntungannya terangkum pada poin-poin dibawah ini:

a. Hanya memerlukan modal yang relatif kecil

Jika Anda bergabung dengan salah satu broker trading online yang terpercaya, maka biasanya untuk memulai trading, Anda tidak mesti menyediakan modal yang besar untuk bisa memulai trading emas.

Kok bisa? Iya tentu saja bisa karena selama ini broker-broker online ini selalu menawarkan fasilitas rasio leverage yang akan memperbesar modal Anda untuk membeli aset emas.

Untuk mempermudah penjelasan, saya beri contoh begini ya misalnya harga emas saat ini di pasar emas global adalah $ 1744  per ons, maka dengan leverage 1:100, Anda akan dibolehkan untuk membeli emas pada broker pilihan Anda hanya dengan $ 17,44 saja atau jika dirupiahkan sekitar Rp 244.000. Mantap sekali, bukan? Bayangkan saja, dengan modal tidak lebih dari 20 dollar saja, Anda kini bisa melakukan trading emas global dengan berat satu ons. Tidak hanya itu, keuntungan atau profit trading Anda ternyata akan diterima sama besarnya dengan pembelian emas secara fisik.

b. Trading bisa dilakukan secara dua arah

Anda mungkin sudah tahu bahwa investasi emas di Pegadaian, Anda perlu menunggu waktu beberapa lama dan menjualnya ketika harganya naik dari harga beli sehingga Anda memperoleh keuntungan. Selain itu, penjualan emas ini pada Pegadaian akan tetap dikenakan sejumlah biaya tambahan lain termasuk biaya administrasi dan biaya titipan emas.

Tapi jika Anda melakukan trading emas pada broker online, maka Anda bisa menerapkan trading dua arah yaitu mengambil posisi short dan posisi long dan pada kedua posisi ini, Anda tetap akan memperoleh keuntungan jika prediksi Anda tepat.

Pada posisi short, Anda bisa menjual kembali emas Anda dengan harga sesuai pasaran global jika Anda memprediksi bahwa harganya akan turun. Sementara pada posisi long, Anda membeli aset ini kemudian menjualnya nanti ketika Anda memprediksikan bahwa harganya akan naik.

c. Bisa menghemat dana Anda cukup signifikan

Iya benar sekali! Dengan trading emas pada sebuah broker secara online, Anda tidak perlu lagi membayar berbagai biaya lainnya, tidak seperti saat Anda berinvestasi emas dengan membeli emas fisik dimana Anda mesti membeli asuransi emas, brankas penyimpanan emas atau membayar sewa penyimpanan emas Anda di bank lokal. Benar-benar menguras isi kantong Anda, ya!

d. Trading emas dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja sesuai keinginan

Jika investasi emas di Pegadaian akan dibatasi oleh waktu operasional kantor yang hanya buka di hari kerja saja (Senin hingga Jumat), maka trading emas secara online tidak memiliki batasan seperti itu sebab Anda bisa melakukan transaksi jual beli emas kapan saja dan dimana saja dengan menggunakan platform trading yang sudah disediakan broker trading itu untuk mengakses pasar emas global selama 24 jam setiap harinya. Cukup menarik, bukan?

Tertarik dengan keuntungan-keuntungan ini? Jadi, dimana Anda bisa melakukan trading emas saat ini?

Dan jawabannya adalah Mitrade!

Baca Juga: 10 Aplikasi Investasi Emas Online Terbaik Di Indonesia

Mengapa Mitrade, dan bukan broker trading yang lainnya?

Selain memiliki 4 (emas) keunggulan yang sudah disebutkan diatas, Mitrade merupakan salah satu broker yang paling direkomendasikan di tahun 2021 ini karena beberapa hal, termasuk;

  1. Mitrade sudah teregulasi secara jelas oleh dua badan pengawas keuangan dunia yaitu Komisi Sekuritas dan Investasi Australia (ASIC) dan Cayman Islands Monetary Authority (CIMA).
  2. Reputasinya diakui secara internasional, terbukti dengan menyabet berbagai penghargaan dunia dalam hal kepuasan layanan pelanggan di seluruh dunia
  3. Menawarkan spread yang sangat rendah dan juga zero komisi

Dan banyak lagi berbagai keuntungan lain yang bisa didapatkan jika Anda memutuskan untuk bergabung dengan Mitrade.

Oh iya, jika Anda ingin mengetahui mengenai broker yang satu ini secara lebih detail, maka silahkan baca juga artikel kami mengenai Review Mitrade.

Maka tunggu apalagi? Segeralah bergabung dengan Mitrade sekarang juga! Dijamin Anda tidak akan menyesal nantinya.

Kesimpulan

Cara menabung emas di Pegadaian ternyata tidak sesulit yang dibayangkan, dan bisa dilakukan secara mudah oleh para investor pemula termasuk Anda. Namun, Anda juga perlu mempertimbangkan biaya-biaya tambahan yang mesti Anda bayar saat menabung emas di Pegadaian. Jika modal Anda cukup besar, maka hal ini tentu saja tidak masalah, tapi jika modal Anda pas-pasan, maka hal ini akan menjadi beban tambahan bagi Anda.

Oleh karena itu, Anda perlu mencari opsi lain yang dianggap lebih menarik dan juga memberikan beberapa keuntungan yang tidak bisa diperoleh dari Pegadaian, seperti melakukan trading emas pada sebuah broker online terpercaya. Anda bisa mencobanya sekarang juga meskipun modal yang Anda miliki sangat kecil, terutama pada broker online yang sudah terjamin regulasi dan keamanannya seperti broker Mitrade.

Yuk, mulai berinvestasi emas sekarang juga!


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan