9 Investasi Terbaik untuk Segala Umur atau Penghasilan

Sejak beberapa dekade terakhir ini, masyarakat Indonesia terlihat antusias untuk menggeluti bidang investasi. Mereka percaya bahwa dengan investasi terbaik, masa depan mereka akan lebih terjamin.

Namun bagi para calon investor pemula yang ingin menanamkan modalnya di suatu perusahaan, mungkin saja akan menemukan sedikit kesulitan dalam menentukan jenis investasi terbaik manakah yang paling menguntungkan. Disamping itu mereka seringkali terkendala oleh jumlah modal yang minim dan bahkan faktor usia mereka. Sebab bagaimanapun juga, investasi dapat dilakukan oleh siapa saja dan kapan saja, dengan modal terkecil pun sekalian.

Oleh karena itulah, pada artikel kali ini, akan dipaparkan secara singkat mengenai jenis-jenis investasi terbaik yang menguntungkan bagi segala umur atau penghasilan.

Apa Itu Investasi?

Sebelum melangkah lebih jauh ke pembahasan, alangkah baiknya dijelaskan terlebih dahulu apa itu investasi.

Investasi dapat diartikan sebagai usaha penanaman aset ataupun dana (modal), baik kegiatan tersebut dilakukan oleh individu maupun perusahaan (investor) pada jangka waktu yang telah ditentukan dengan tujuan tercapainya target keuntungan di waktu tersebut.

Kenapa Anda Harus Investasi?

Dengan berinvestasi, anda juga akan dapat memenuhi segala kebutuhan keuangan anda, terlebih lagi jika aset investasi menghasilkan keuntungan berlipat ganda di masa yang akan datang. Dan banyak lagi manfaat yang bisa anda dapatkan dari kegiatan investasi ini.

1. Mengembangkan Uang atau Modal Anda

Kegiatan investasi memungkinkan Anda untuk menambah penghasilan. Sebagian besar sarana investasi, seperti saham, sertifikat deposito, atau obligasi, menawarkan pengembalian uang Anda dalam jangka panjang. Pengembalian ini memungkinkan uang Anda untuk membangun serta menciptakan pundi-pundi kekayaan dari waktu ke waktu.

2. Mencapai tujuan finansial

Membantu Anda mencapai tujuan finansial yang besar. Jika uang Anda menghasilkan tingkat pengembalian yang lebih tinggi daripada rekening tabungan, maka Anda akan menghasilkan lebih banyak uang baik dalam jangka panjang maupun dalam periode yang lebih cepat. Pengembalian investasi Anda ini dapat digunakan untuk tujuan finansial utama, seperti membeli rumah atau mobil impian, memulai bisnis Anda sendiri, atau menyekolahkan anak-anak Anda hingga perguruan tinggi.

Jenis-jenis investasi terbaik yg menguntungkan

Setelah menjelaskan mengenai definisi investasi dan manfaat apa sajakah yang akan dipetik dalam berinvestasi, berikut ini 9 investasi terbaik bagi segala umur atau penghasilan.

1. Investasi Terbaik -Saham

Investasi Terbaik-Saham
  • Apa arti investasi saham?

Investasi saham bisa diartikan sebagai kegiatan penanaman modal dalam bentuk pembelian saham yang akan dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi sehingga investor akan memiliki keuntungan dari selisih jual beli instrumen finansial tersebut.

  • Bagaimana dan dimana investasi saham?

Jika anda ingin berinvestasi saham, maka anda harus mencari perusahaan broker terpercaya untuk membuka akun saham, baik itu broker lokal maupun internasional yang telah teregulasi dengan jelas. Anda dapat melakukan secara online pada broker-broker tersebut atau mendatangi kantor cabang perusahaan broker yang berada di kota anda.

Baca Juga: Seputar 10 Sekuritas Terbaik di Indonesia (Daftar Terbaru 2021)

  • Berapa modal diperlukan?

Modal berinvestasi saham tergantung dengan kebijakan broker saham itu sendiri. Sekarang ini, banyak broker yang membebankan modal cukup kecil untuk memulai berinvestasi. Sekarang ini dengan modal Rp 200 ribu saja bisa berinvestasi saham. Buktinya saat ini cukup banyak saham di bursa efek Indonesia yang nilainya di bawah Rp 500 saja per saham. Bahkan saham-saham dengan harga Rp 50 saja pun banyak. Dengan harga saham yang rendah, maka hanya diperlukan dana sejumlah Rp 25.000 hingga Rp 250.000 untuk membeli 1 lot nya.

  • Apa keuntungannya dan kekurangannya?

Keuntungan: Ada beberapa keuntungan saham salah satunya adalah anda akan mempunyai hak partisipasi pada RUPS serta diakui sebagai owner dari perusahaan. Selain itu, anda juga akan menerima dividen dan adanya keuntungan dari selisih antara harga jual dan beli saham yang anda miliki.

Kerugiannya:  Adapun kerugiannya adalah dimana anda tidak menerima dividen serta potensi kerugian yang didapatkan dari selisih jual beli saham yang tidak sesuai harapan. Jika perusahaan bangkrut, maka anda pun akan mengalami kerugian.  

  • Cocok untuk:

Semua calon investor, baik yang bermodalkan besar maupun kecil.

2. Investasi Terbaik-Reksadana

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah 指数-4.png
  • Apa arti investasi Reksadana?

Reksadana bisa didefinisikan suatu instrumen dana yang dikumpulkan dari masyarakat investor, dimana kemudian dana tersebut dikelola oleh seorang manajer profesional untuk diinvestasikan ke sejumlah instumen yang dianggap menguntungkan di kemudian hari.

  • Bagaimana dan dimana investasi?

Anda perlu menemukan platform investasi Reksadana yang ingin anda pilih yang menjual produk Reksadana. Ikuti sejumlah instruksi yang diberikan pada platform tersebut. Atau jika memungkinkan, anda juga dapat mendatangi kantor cabang broker jika kebetulan berada di kota anda. Saat ini lebih banyak orang berinvestasi Reksadana di bank BRI, BCA dan Bank Mandiri, karena bank dianggap institusi keuangan terpercaya.

  • Berapa modal diperlukan?

Untuk berinvestasi reksadana investor tidak harus mengeluarkan kocek yang besar, dapat dimulai dengan jumlah yang kecil yakni Rp10.000.

  • Apa keuntungannya dan kekurangannya?

Keuntungan:  Investor akan memperoleh profit lumayan hingga 20% per tahunnya, dimana pengelolaan investasi akan dilakukan oleh seorang manajer profesional dan berpengalaman.  Selain itu, dengan berinvestasi Reksadana, maka akan terjadi diversifikasi risiko sehingga meminimalisir  potensi kerugian yang besar.

Kekurangan: Jika nilai Reksadana anda anjlok di pasaran. Produk ini juga mengharuskan anda membayar fee kepada manajer dan biaya penyimpanan, operasional serta pemasaran. Jika Reksadana anjlok di bawah harga minimum, maka pihak otoritas akan menutupnya dan pastinya anda merugi. Kerugian lainnya adalah jika manajer yang dipilih tidak melakukan kewajibannya.

  • Cocok untuk:

Semua orang, tidak masalah mereka memiliki modal besar maupun kecil.

Baca Juga: Seputar Reksadana Syariah Yang Perlu Diketahui (Panduan Pemula 2021)

3. Investasi Terbaik-Emas

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah 大宗商品-6.png
  • Apa arti investasi Emas?

Investasi emas secara mudah dapat diartikan sebagai kegiatan investasi dengan membeli emas untuk dijual di saat harganya lebih tinggi dari harga saat pembelian.

  • Bagaimana dan dimana investasi emas?

Anda dapat membeli emas dari sejumlah toko-toko emas yang memililki izin resmi. Lalu anda menyimpannya dan dijual kembali jika harga emas melambung tinggi di pasaran.

Atau anda dapat membeli emas batangan secara tunai di bank. Saat ini teknologi fintech sedang berkembang di tanah air dimana kini anda dapat menabung emas lebih aman, mudah dan terjangkau secara online. Anda dapat mengunjungi misalnya Tokopedia, Pegadaian Digital, layanan GoJek yaitu GoInvestasi dan lain lain.

Baca Juga: Di mana Beli Emas? Inilah 6 Tempat Aman dan Terpecaya

  • Berapa modal diperlukan?

Anda dapat melakukan pembelian emas sesuai dengan modal yang anda miliki. Misalnya di tabungan emas Pegadaian dimana anda bisa membuka tabungan emas di sana dengan pembelian awal 0,01 gram, tergantung dana yang anda miliki. Jika mengikuti harga emas saat ini yang sudah mencapai Rp885.194/g,maka anda cukup mengeluarkan uang Rp 10 juta untuk memulai investasi emas di Pegadaian.

  • Apa keuntungannya dan kekurangannya?

Keuntungan: Emas dapat diperoleh apabila harga jualnya lebih tinggi dari harga belinya sehingga hal ini bisa memproteksi nilai kekayaan anda.  Selain sifatnya yang gampang dicairkan kapan saja, investor tak perlu membayar pajak.

Kekurangan: Jika harga jual ternyata lebih kecil dari harga beli. Selain itu harga emas sangat fluktuatif dan bahkan kemungkinan besar akan melambat saat ekonomi global tengah stabil.

  • Cocok untuk:

Untuk semua orang, tidak masalah penghasilan anda kecil atau besar. Anda dapat berinvestasi emas sesuai dengan kemampuan finansial anda.

4. Investasi Terbaik-Bitcoin

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah kripto-7.png
  • Apa arti investasi bitcoin?

Bitcoin adalah salah satu mata uang kripto yang paling populer saat ini, dan juga merupakan instrumen yang cukup menjanjikan. Dengan berinvestasi bitcoin, artinya anda membeli bitcoin ketika harganya rendah lalu menjualnya saat harganya melambung tinggi, sehingga dari selisih antara pembelian dan penjualan ini, investor akan memperoleh keuntungan.

  • Bagaimana dan dimana investasi bitcoin?

Anda dapat memulai berinvestasi bitcoin dengan membuka akun bitcoin atau tepatnya bitcoin wallet seperti blockchain.com. Untuk memiliki wallet ini, anda perlu melakukan registrasi hingga tahapan verifikasi, dimana wallet ini bisa anda gunakan untuk melakukan jual beli bitcoin.

  • Berapa modal diperlukan?

Saldo awal yang diperlukan cukup dengan modal Rp 100.000

  • Apa keuntungannya dan kekurangannya?

Keuntungan: Adanya jaringan global yang saling tersambung satu sama lain dan kecepatan proses transaksi jual beli bahkan hanya hitungan detik saja. Selain itu, produk ini tidak akan terpengaruh oleh situasi politik, tapi oleh situasi pasar.

Kekurangan: Bitcoin masih belum diakui sebagai alat tukar yang sah oleh pemerintah, dan karenanya tidak dilindungi oleh hukum. Selain itu, bitcoin sangat rentan akan kesalahan dan serangan para hacker sehingga tingkat keamanannya harus benar-benar terjamin.  

  • Cocok untuk:

Para investor baik pemula maupun profesional yang berusia lebih dari 17 tahun ke atas

Baca Juga: Cara Investasi Bitcoin Bagi Pemula: Panduan Lengkap 2021

5. Investasi Forex

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah forex-2.png
  • Apa arti investasi forex?

Sesuai namanya investasi ini melibatkan pembelian forex atau foreign exchange (mata uang asing) dimana anda membeli sebuah mata uang asing pada harga yang lebih rendah, yang kemudian dijual kembali saat harganya naik. Dengan demikian, anda akan memperoleh keuntungan dari selisih harga antara jual dan beli mata uang asing tersebut.

  • Bagaimana dan dimana investasi forex?

Untuk berinvestasi, anda dapat membuka akun secara online pada berbagai broker forex, baik lokal dan internasional, kapan saja dan dimana saja.

Baca Juga: 9 Broker Forex Terbaik Untuk Trader Indonesia 2021

  • Berapa modal diperlukan?

Modal untuk memulai trading forex tidak besar. Bahkan ada sebagian broker yang membolehkan calon nasabahnya memiliki deposit awal sebesar $ 50 saja.

  • Apa keuntungan dan kekurangannya?

Keuntungan: Waktu yang fleksibel dan dana keuntungan yang diperoleh dari selisih harga antara harga jual dan beli, dapat dicairkan kapan saja. Selain itu, jenis ini tidak memerlukan modal yang besar.

Kekurangan: Memiliki volatilitas yang tinggi yang menyebabkan risiko besar. Selain itu, juga sangat mudah dipengaruhi  kondisi politik dan ekonomi dunia.

  • Cocok untuk:

Para investor pemula dan profesional yang memiliki modal kecil dan besar

6. Investasi Terbaik- Obligasi

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah matthew-guay-Q7wDdmgCBFg-unsplash-1024x508.jpg
  • Apa arti investasi obligasi?

Obligasi adalah salah satu investasi terbaik yang cukup menjanjikan, dan dipandang sebagai salah satu alternatif terbaik selain saham di pasar modal. Dengan berinvestasi pada obligasi, anda membeli surat obligasi yang dikeluarkan oleh pemerintah atau suatu perusahaan pada jumlah nominal tertentu serta jatuh tempo yang juga telah ditentukan sebelumnya.

  • Bagaimana dan dimana investasi obligasi?

Anda dapat melakukan investasi obligasi pada berbagai aplikasi yang disediakan oleh perusahaan broker penyedia obligasi. Caranya pun mudah. Anda cukup melakukan registrasi dan membuka akun hingga proses verifikasi sehingga anda pun bisa melakukan transaksi jual beli obligasi.

  • Berapa modal diperlukan?

Modal yang diperlukan mulai dari 1 juta rupiah.

  • Apa keuntungannya dan kekurangannya?

Keuntungan: Memperoleh bunga atau kupon sebagai tambahan pendapatan untuk investor. Juga aman sebab dilindungi oleh undang-undang. Selain ini, obligasi ini dapat dijual kembali di pasar sekunder untuk memperoleh keuntungan yang lumayan.

Kekurangan: Adanya risiko gagal bayar oleh pihak peminjam, termasuk ketidakmampuan membayar bunganya. Selain itu, produk ini akan tergantung kepada kondisi politik dan ekonomi suatu negara yang akan berdampak pada pasar modal.

  • Cocok untuk:

Para investor pemula dan profesional yang memiliki modal kecil dan besar

7. Investasi Terbaik-Deposito

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah alexander-mils-lCPhGxs7pww-unsplash-1024x683.jpg
  • Apa arti deposito?

Sebagai salah satu investasi terbaik dan paling aman saat ini, deposito dapat dijadikan opsi menarik untuk investasi. Dengan demikian, deposito dapat diartikan sebagai kegiatan investasi pada deposito yang dikeluarkan oleh perbankan dimana akan dikembalikan lebih tinggi dibandingkan tabungan biasa, namun memiliki profit yang tidak besar. Dalam bisnis deposito, biasanya akan dibatasi oleh jangka waktu yang ditentukan oleh perbankan, bisa 1 bulan, 2, bulan, hingga bahkan 1 tahun.

  • Bagaimana dan dimana investasi deposito?

Anda bisa menghubungi sebuah bank sesuai keinginan untuk membuka rekening bank. Lalu ikuti instruksi dan arahan bank untuk membuka rekening deposito bank. Saat ini, anda juga dapat mengakses layanan banking untuk membuka rekening untuk memulai deposito.

  • Berapa modal diperlukan?

Ditentukan oleh bank masing-masing, tapi biasanya memerlukan modal besar yang mencapai jutaan rupiah.

  • Apa keuntungannya dan kekurangannya?

Keuntungan: Keamanan akan uang anda akan terjamin, sebab anda menyimpannya di bank. Dia memiliki risiko yang rendah, serta dipastikan memberikan pendapatan sampingan berupa bunga pada jangka waktu yang telah ditentukan.

Kekurangan: Meskipun anda memperoleh keuntungan, tapi keuntungan ini akan kecil. Selain itu, deposito rentan terdampak oleh inflasi. Anda juga tidak akan terlibat dalam pengelolaan investasi ini.

  • Cocok untuk:

Para calon investor yang memiliki modal lumayan besar sehingga memperoleh return sesuai harapan.

8. Investasi Terbaik-SBN Sukuk Syariah

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah 市场-6.png
  • Apa arti SBN Sukuk Syariah?

SBN Sukuk Syariah secara sederhana dapat diartikan sebagai surat berharga yang dikeluarkan oleh negara untuk warga negara Indonesia dimana pengelolaan investasinya akan berdasarkan prinsip syariah Islam. Biasanya anda dapat melakukan investasi pada jenis surat berharga dengan jangka waktu yang ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia.

  • Bagaimana dan dimana investasi Sukuk Syariah?

Anda perlu membuka rekening dana bank yang umum plus rekening surat berharga, kemudian jika dana sudah tersedia, maka silahkan isi formulir dan harap tunggu penjatahan dari Pemerintah Indonesia. Anda dapat melakukan proses ini pada sejumlah agen penjualan sukuk syariah.

  • Berapa modal diperlukan?

Mulai dari satu juta rupiah

  • Apa keuntungannya dan kekurangannya?

Keuntungan: Adanya keamanan yang tinggi serta memberikan keuntungan atau return yang sudah fixed. Selain itu, sukuk syariah juga bisa diperjualbelikan sebelum jatuh tempo.

Kekurangan: Terdapat risiko likuiditas dimana investor menemukan kesulitan saat ingin menjual sukuk ritel di pasar sekunder dengan harga pasar yang lumrah. Selain itu, terdapat potensi kenaikan suku bunga yang akan mengakibatkan turunnya harga sukuk di pasar sekunder.  

  • Cocok untuk:

Seluruh calon investor yang memiliki penghasilan kecil maupun besar.

Baca Juga: Sukuk Adalah: Pengertian, Jenis, Imbal hasil & Cara Investasi(Panduan Lengkap 2021)

9.  Investasi Terbaik-CFD Trading

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah CFD-5.png
  • Apa arti CFD Trading?

CFD Ading merupakan kegiatan trading yang merupakan kontrak untuk melakukan trading pada suatu instrumen/aset finansial dimana keuntungannya berasal dari selisih beli dan jual instrumen /aset tersebut meskipun tidak benar-benar memiliki aset tersebut.

Baca Juga: CFD Adalah: Apa Itu CFD Trading dan Bagaimana Cara Kerjanya?

  • Bagaimana dan dimana investasi CFD?

Jika anda ingin berinvestasi CFD, anda perlu memilih broker yang tepat dan terpercaya serta memiliki banyak keunggulan. Misalnya Mitrade dapat dijadikan opsi paling baik saat ini sebab broker internasional ini menawarkan trading pada berbagai instrumen keuangan termasuk saham top dunia, emas, bitcoin, forex, mata uang kripto, komoditas dll.

Gambar ini memiliki atribut alt yang kosong; nama berkasnya adalah Mitrade-3-1024x536.png

Selain itu, Mitrade juga menawarkan 0 komisi dan spread yang sangat kecil. Anda hanya perlu melakukan deposit minimal $50 saja untuk memulai investasi CFD anda. Jika anda investor pemula, anda dapat menggunakan akun demo yang disediakan oleh Mitrade sebesar $ 50.000 sebagai uang virtual untuk berlatih terlebih dahulu.

  • Berapa modal diperlukan?

Tergantung kebijakan dari para broker. Namun pada umumnya, trading CFD dapat dilakukan dengan modal kecil, misalnya dimulai dari $ 50 saja

  • Apa keuntungannya dan kekurangannya?

Keuntungan: Memperoleh profit dari selisih harga jual dan beli CFD, tidak akan dikenai pajak, dan aktivitas ini mempunyai likuiditas tinggi. Selain itu, biasanya produk ini ditawarkan dengan leverage yang lebih tinggi.

Kekurangan: CFD mungkin mengalami kerugian lebih   besar dari modal disebabkan fasilitas leverage yang lebih besar. Selain itu, ada risiko kerugian saat memilih broker yang kurang tepat dan profesional.

  • Cocok untuk: Seluruh calon investor yang memiliki penghasilan kecil dan besar.

Bagaimana memilih investasi terbaik yang tepat?

1. Toleransi risiko Anda

Jika anda ingin memulai berinvestasi, maka anda harus siap dengan segala risiko kerugian yang ada. Oleh sebab itu, anda perlu mengetahui berapa besar risiko yang akan diambil dan jenis risiko apa yang akan muncul nantinya. Toleransi risiko anda ditentukan oleh kombinasi berbagai faktor, termasuk tujuan dan pengalaman investasi anda; berapa lama diperlukan bagi anda untuk berinvestasi, sumber-sumber finansial lainnya, dan faktor rasa takut.

Setiap dari 9 cara investasi terbaik ini pastinya memiliki kelebihan dan kerugian masing-masing. Anda perlu jeli mempelajari risiko yang akan ditimbulkan jika investasi anda ternyata malah merugikan.

Untuk mencegah atau meminimalisir potensi risiko ini, maka sebelum menjatuhkan pilihan pada suatu produk investasi, anda perlu melakukan riset mendalam, atau berkonsultasi dengan para pakar investasi.

2. Berapa banyak uang yang kamu punya

Jenis produk investasi yang dipilih akan disesuaikan dengan modal yang anda punya. Namun sekarang ini, dengan modal kecil pun anda dapat melakukan investasi.

Selain itu, dengan modal yang anda punya, anda bisa melakukan diversifikasi investasi. Artinya, anda tidak hanya berinvestasi pada satu produk saja, dengan tujuan menghindari potensi kerugian total.

Atau sebaiknya anda memulai modal kecil terlebih dahulu, sebelum investasi yang memerlukan modal besar. Anda dapat melakukan konsultasi dengan perusahaan broker anda untuk mengetahui langkah yang paling tepat berinvestasi dengan uang yang anda miliki.

3. Perhatikan Lini Masa (Timeline) Anda

Waktu memiliki dampak besar terhadap target anda, sebab bagaimanapun juga dengan berinvestasi, anda perlu menunggu waktu yang tepat agar usaha anda membuahkan hasil atau return yang maksimal.

Jangka waktu investasi ini dapat bervariasi dari satu produk ke produk berikutnya, dari bulanan hingga tahunan, bahkan antara 3 tahun hingga 30 tahun. Jadi anda perlu cukup bersabar untuk bisa memetik return yang diharapkan.

Kesimpulan

Inilah 9 investasi terbaik di indonesia, masih ternyata ada banyak jenis investasi yang diperuntukkan bagi siapa saja, tanpa memandang usia dan keahlian dalam melakukan investasi. Selain itu, jenis produk investasi ini bisa dipilih tanpa melihat berapa besar penghasilan anda, sebab dengan modal yang kecil pun anda dapat melakukan investasi.

Dalam memilih sebuah jenis investasi, anda perlu mempertimbangkan kelebihan dan kekurangan masing-masing investasi, risiko apa saja yang ditimbulkan, kapan sebaiknya anda memulai, serta pastinya kemampuan modal keuangan anda.

Faktor-faktor ini perlu dipertimbangkan sebab anda akan mengeluarkan uang riil dengan harapan keuntungan atau return yang maksimal. Maka sekali lagi, pikirkanlah masak-masak sebelum anda memulai aktivitas yang penuh risiko ini!


Bagikan Artikel

Tinggalkan Komentar

Don`t copy text!