Apa Itu Airdrop Crypto dan Bagaimana Cara Dapatkan Airdrop Crypto?

Masih asing mendengar apa itu airdrop crypto? Kami yakin masih banyak trader crypto pemula yang belum pernah mendengar istilah ini dan bagaimana cara memperolehnya tanpa mengeluarkan modal uang sedikitpun. Bukan begitu?

Baiklah, pada artikel yang singkat ini, akan kami bahas seputar apa itu airdrop crypto dan hal-hal yang terkait lainnya dengan poin-poin bahasan sebagai berikut:

Mau tahu kelanjutan bahasan poin satu per satu tentang airdrop crypto ini? Yuk, silahkan simak artikel ini hingga tuntas supaya Anda semua tetap update akan perkembangan mata uang crypto yang terakhir dan juga dapat memiliki wawasan yang lebih luas tentang dunia kripto ini. 

Selamat membaca!

Apa Itu Airdrop Crypto? 

Airdrop adalah sebuah konsep yang benar-benar baru pada pasar elektronik, secara harfiah berarti“uang yang jatuh dari langit” dimana Anda hanya perlu mengumpulkannya di dompet Anda.

Pada dasarnya, ini merupakan sebuah bentuk dari penerbit token atau koin mata uang crypto gratis kepada para pengguna dompet dengan mengajak mereka untuk mengerjakan tugas seperti membagikan, atau memperkenalkan program dengan tujuan menerima token atau koin gratis dari sebuah proyek tertentu. 

Yang perlu Anda lakukan adalah pada dasarnya seperti mengetuk tombol like, memberikan komen, membagikan postingan-postingan pada jaringan-jaringan sosial proyek seperti fanpage, twitter dll, atau bergabung dengan grup-grup Telegram yang dibuat oleh tim pengembangan bagi siapa saja yang tertarik berdiskusi pada isu-isu terkait seputar dunia crypto. 

Semua kegiatan yang disebutkan di atas tadi nampak simpel dan mudah, serta hampir tidak memerlukan pengetahuan khusus, hanya perlu menghabiskan waktu sekitar 30 menit hingga 1 jam setiap harinya untuk melengkapi. 

Perlu Anda ketahui juga disini bahwa sebuah airdrop biasanya melibatkan sejumlah kecil mata uang crypto yang baru dibuat dan target anggota dari beberapa platform blockchain. Sebagai contoh, para perusahaan startup crypto bisa saja melakukan airdrop koin crypto kepada para pemegang dompet Ethereum, NEO dan jaringan Bitcoin. 

Dan ada sebagian kasus, dimana seorang penerima bisa diminta untuk memiliki atau memegang token atau saldo minimal tertentu supaya bisa memenuhi syarat atas sebuah airdrop crypto. Sebagai contoh disini adalah para pemegang TRX akan terus menerima airdrop BTT secara konsisten hingga bulan Februari 2025 yang akan datang. 

Mengapa Proyek Crypto Melakukan Airdrop Crypto?

Lalu kenapa sih proyek-proyek ini tertarik untuk menawarkan airdrop crypto kepada para penggunanya secara gratis alias free? Bukankah mendapatkan crypto itu susahnya bukan main dan pastinya perlu modal yang tidak sedikit? Kemudian apa yang mendorong mereka untuk membagikan hadiah koin atau token crypto secara cuma-cuma, dengan langsung mentransfernya ke dompet Anda?

Pastinya ada banyak alasan yang menyebabkan adanya pembagian hadiah crypto secara gratis. Tapi menurut kami, ada 3 (tiga) alasan mereka yang paling kuat yang perlu Anda ketahui sebagai berikut:

Membangkitkan kesadaran kepada para pengguna platform crypto

Menciptakan dan menyebarkan kesadaran adalah alasan utama kenapa startup blockchain melakukan airdrop crypto. Para pendukung crypto akan semakin terdorong untuk berusaha mendapatkan crypto dengan cara yang unik ini. Jika Anda sudah lama masuk ke dunia crypto, akan segera tahu bahwa mayoritas penerima airdrop crypto adalah mereka yang selalu mendukung sebuah proyek crypto. Bagi perusahaan startup kecil pada bidang crypto, hal ini akan menjadi peluang yang baik untuk mengembangkan sebuah komunitas crypto yang loyal dengan memberikan sebagian kecil porsi token dari crypto yang dimiliki.  

Memberikan hadiah kepada para pengguna

Ada realita yang menyedihkan dimana banyak trader atau investor mata uang crypto tidak mampu memperoleh return yang sesuai dengan ekspektasi mereka, yang bisa saja membuat mereka frustasi dan mulai meninggalkan platform crypto secara bersama-sama. Perilaku seperti ini tentunya akan berpengaruh negatif pada penggunaan platform yang sepi dari para pengguna. Karenanya, untuk mencegah terjadinya hal ini, para perusahaan startup melakukan airdrop crypto dengan mendistribusikan koin-koin gratis sebagai hadiah kepada para pengguna setianya. 

Melakukan desentralisasi pada distribusi token

Para investor berkantong tebal mungkin saja mengambil untung dari harta kekayaan yang berbeda dan harga tawar yang aman selama hari-hari pertama kemunculan koin, memungkinkan mereka untuk menyimpan suplai sirkulasinya dengan jumlah yang sangat signifikan. Masalahnya adalah banyak koin yang berada di tangan mereka menciptakan sentralisasi, yang saat ini dianggap sebagai salah satu kekurangan utama Dogecoin. Dengan demikian, proyek-proyek bisa memilih melakukan airdrop crypto untuk menyeimbangkan distribusi token.  

Kami yakin Anda sudah paham sekarang alasan-alasan kenapa airdrop crypto ini perlu dilakukan. Sebenarnya ada 2 (dua) alasan yang lain yang juga dianggap penting, yaitu untuk menarik investasi pada koin crypto, dan untuk mempelajari lebih banyak seputar komunitas crypto mereka. 

Nah, lalu apa saja jenis-jenis airdrop crypto yang populer  yang selama ini ditawarkan oleh proyek-proyek crypto? Mau tahu jawabannya? Yuk, cek jawabannya di poin ke-3 ini!

Apa Saja Jenis-Jenis Airdrop Crypto?

Proyek-proyek crypto bisa saja memberikan crypto secara gratis pada sejumlah situasi yang berbeda, meskipun motivasi utama mereka adalah memberikan insentif kepada para pengguna setia platform crypto. 

Nah, berikut ini terdapat 3 (tiga) jenis airdrop crypto yang dianggap paling populer selama ini sebagai berikut:

Airdrop standar

Jenis airdrop ini akan melakukan transfer sejumlah koin atau token asli ke dalam dompet crypto yang Anda miliki sebagai sebuah strategi pemasaran/marketing. Biasanya airdrop crypto standar ditujukan untuk mempromosikan sebuah merek dan mendorong orang-orang lebih banyak lagi untuk memilih aset, seringkali dilakukan selama penawaran koin mereka yang pertama kalinya. 

Untuk mendapatkan koin atau token dengan cara ini, umumnya Anda akan diminta untuk melakukan registrasi dan membuat sebuah akun dengan proyek baru itu, dan menyediakan alamat dompet crypto Anda pada saat dilakukan distribusi crypto. 

Airdrop bounty atau amal

Sama halnya dengan airdrop standar, airdrop bounty juga dianggap sebagai sebuah strategi pemasaran, tapi para penerima potensial harus melakukan sejumlah aktivitas promosi untuk menerima aset digital ini. 

Apa saja aktivitas-aktivitas promosi ini? Berikut ini contoh-contohnya:

  1. Membuat sebuah postingan mengenai proyek blockchain pada sebuah media sosial seperti Twitter, Facebook dan lain sebagainya.
  2. Melakukan pendaftaran pada newsletter email proyek itu
  3. Bergabung dengan sebuah forum untuk berdiskusi dan ikut serta pada proyek itu.

Perlu diketahui disini bahwa sebenarnya Anda perlu kerja lebih ekstra untuk memperoleh sebuah token crypto gratis melalui jenis airdrop ini jika dibandingkan dengan jenis airdrop crypto standar. Tapi hal ini tidak akan menjadi masalah bagi Anda yang selalu aktif pada berbagai media sosial dan forum crypto. 

Airdrop crypto holder atau pemegang

Airdrop jenis holder ini biasanya ditujukan kepada orang-orang yang memiliki sejumlah mata uang crypto yang lain pada dompet crypto mereka.  Pada umumnya, proyek crypto akan mengambil foto koin crypto pada suatu tanggal spesifik, dan lalu membiarkan orang-orang untuk mengklaim airdrop sesuai dengan kepemilikan mereka pada saat itu. 

Sebenarnya ada satu lagi jenis airdrop crypto populer yang juga perlu Anda ketahui, yaitu airdrop eksklusif dimana koin-koin crypto akan dikirimkan ke sebuah grup orang yang mengikuti sebuah aggregator airdrop. Nah, situs-situs pihak ketiga ini akan membagikan berita atau informasi seputar proyek-proyek crypto yang menguntungkan dan event-event airdrop di waktu yang akan datang. 

Lalu selanjutnya adalah Anda mungkin akan bertanya-tanya, jika untuk mendapatkan koin atau token crypto yang gratis bisa dilakukan melalui airdrop, kini bagaimana caranya Anda bisa dengan mudah menerima airdrop crypto ini. Apakah serumit yang dibayangkan? Mau tahu jawabannya? Yuk, silahkan baca poin berikutnya secara cermat! 

Bagaimana Cara Menerima Airdrop Crypto dengan Mudah?

Fakta sebenarnya adalah airdrop crypto bisa menjadi cara yang baik untuk menambah portofolio crypto Anda tanpa perlu membeli aset apapun dengan menggunakan mata uang fiat. 

Jika Anda sebagai pemburu crypto gratis ingin mendapatkan airdrop crypto secara mudah, ada sejumlah cara yang bisa dipilih salah satunya sebagai berikut:

  • Melakukan pencarian online secara teratur untuk melihat peluang airdrop crypto dengan bantuan mesin pencari google. 
  • Mengikuti aggregator airdrop dan mendaftar dengan membuat akun pada airdrop eksklusif mereka
  • Melakukan pendaftaran pada platform-platform crypto yang baru dengan tujuan untuk mengambil manfaat dari airdrop standar apa saja yang mereka tawarkan, dimana Anda perlu tahu perkembangan terkini mengenai dunia crypto.
  • Memantau dengan cermat proyek-proyek di masa depan untuk bersiap-siap untuk airdrop bounty (amal). 

Alat-alat apa saja yang diperlukan untuk berpartisipasi pada airdrop gratis?

Nah, jika Anda sudah tahu beberapa cara untuk menerima airdrop crypto seperti yang sudah dijelaskan secara singkat di atas, maka sebenarnya ada beberapa alat atau tools sederhana yang akan membantu Anda saat berpartisipasi pada airdrop gratis ini, sebagai berikut:

  • Dompet Ethereum, dimana Anda harus mempunyai alamat personal yang sesuai dengan ERC20. Mengapa harus ERC20? karena mayoritas token crypto yang ditawarkan biasanya adalah token ERC20 yang hanya bisa disimpan sebagai deposit pada dompet Ethereum. Beberapa dari dompet paling baik untuk digunakan adalah MetaMaska dan MyEtherWallet. 

Baca Juga: Apa Itu Ethereum Dan Opsi Alternatif Investasi Aman dan Menguntungkan

Oh iya, untuk tambahan informasi penting lainnya adalah Anda harus pastikan bahwa dompet Ethereum milik Anda sudah aktif, tidak cukup hanya dengan membuka dompet dan melakukan login saja. 

  • Mempunyai sebuah akun telegram, dimana diketahui pada akhir-akhir ini media sosial seperti Telegram dianggap sebagai media yang dipilih untuk komunikasi pada hampir semua proyek blockchain. Karena itulah, Anda perlu membuka sebuah akun Telegram dan mulai mengikuti akun-akun mereka jika ingin menerima sebuah airdrop crypto. 
  • Mempunyai sebuah akun Twitter, dimana sama seperti halnya akun Telegram, sejumlah proyek crypto akan menginformasikan airdrop crypto mereka melalui sejumlah akun resmi Twitter mereka. Bahkan banyak tim akan meminta Anda untuk mem-follow mereka di Twitter, dan beberapa dari mereka juga mungkin akan meminta Anda untuk memposting kembali tweet mereka dengan tujuan mendapatkan airdrop crypto mereka. Tugas ini mudah sekali, bukan?
  • Mempunyai sebuah alamat email, dimana beberapa airdrop crypto akan meminta Anda untuk memberikan alamat email yang masih valid dan aktif Anda. Jika Anda tidak ingin memberitahu alamat email Anda yang sesungguhnya, maka Anda bisa membuat sebuah email yang lain dengan proses yang mudah dan cepat. Bagaimanapun juga, beberapa airdrop crypto akan meminta Anda untuk melakukan login untuk konfirmasi, jadi Anda perlu mengingat alamat email yang baru saja dibuat dan juga password Anda. 

Peringatan Waspada Pada Airdrop Crypto

Crypto Airdrop: marketing or scam? - The Cryptonomist
sumber foto: en.cryptonomist.ch

Perlu diketahui bahwa tidak semua airdrop crypto itu bersifat baik yang membantu Anda dengan memberikan token atau koin crypto secara gratis. Karenanya, Anda perlu berhati-hati saat mendaftar pada sebuah airdrop crypto. 

Bagaimana cara menghindari penipuan airdrop?

Sebenarnya ada beberapa hal yang bisa dilakukan oleh Anda untuk menghindari penipuan airdrop crypto yang mungkin terjadi ini, seperti berikut ini: 

1)Jangan membagikan kunci privat Anda 

Ini adalah peraturan nomor 1 atas segala hal yang terkait dengan dunia crypto. Ingat baik-baik bahwa kunci privat Anda itu MILIK ANDA, dan jangan pernah membagikannya dengan orang lain atau siapa saja. Jagalah kunci privat secara baik dan jangan pernah tergoda untuk membagikannya dengan siapapun.

2Silahkan gunakan password yang berbeda 

 Jangan gunakan password yang sama saat menggunakan sejumlah situs. Beberapa airdrop mengharuskan Anda untuk membuat sebuah akun pada platform mereka dan mendaftar dengan sebuah username dan password. Silahkan buat sebuah password yang unik dan aturlah semua password Anda dengan menggunakan password manager/pengelola password. 

3Selalu gunakan sumber-sumber yang terpercaya saat Anda melakukan riset

Anda perlu memastikan bahwa Anda sedang mengikuti link-link yang berasal dari laman dan channel airdrop crypto mereka yang resmi. Pada Twitter misalnya, Anda akan melihat banyak profil yang mirip yang mengklaim bahwa mereka itu adalah laman resmi airdrop mereka. Mereka akan menggunakan username dan gambar profil yang sama. Karena itu, Anda perlu mengecek kembali setiap kalinya sebelum Anda mengklik sebuah link atau membagikan informasi apa saja. 

4Jangan pernah mengirimkan uang ke alamat apapun. 

Harap ingat ya bahwa airdrop crypto ini gratis alias tanpa biaya. Seringkali, airdrop-airdrop crypto akan meminta Anda untuk memegang sejumlah koin tertentu atau berapa saja yang ada di dompet crypto Anda. Airdrop-airdrop crypto tidak akan pernah meminta Anda untuk mengirimkan sejumlah koin crypto yang Anda miliki ke sebuah alamat tertentu.

Intinya adalah Anda tetap saja perlu berhati-hati dengan segala kemungkinan adanya serangan penipuan dan kejahatan, termasuk phishing, dusting, hacking dll di dunia maya yang saat ini sering kita saksikan. Pastinya Anda tidak mau dong kehilangan dana crypto Anda yang sudah Anda kumpulkan secara susah payah di waktu-waktu sebelumnya. 

Kesimpulan

Airdrop crypto merupakan sebuah strategi pemasaran yang dianggap cukup efektif yang biasanya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan startup pada bidang crypto yang baru beroperasi. Dan berpartisipasi pada cara ini bisa jadi salah satu opsi yang paling menarik untuk mendapatkan koin atau token crypto secara gratis, dan ternyata ada sejumlah jenis airdrop crypto yang bisa Anda ambil yang sesuai dengan keperluan dan keinginan Anda.

Selain itu, kabar baiknya juga adalah ada beberapa cara sederhana dan tidak rumit yang bisa Anda pilih untuk menerima airdrop crypto yang secara otomatis akan mengharuskan Anda untuk selalu aktif di berbagai sosial media online dan terhubung dengan jaringan internet. 

Selamat mencari airdrop crypto ya dan semoga sukses selalu!


Bagikan Artikel

Tinggalkan Balasan

Don`t copy text!