Dogecoin Mining Untuk Pemula | Panduan Mulai Cepat 2021

Dogecoin yang diperkenalkan sejak tahun 2013 oleh Billy Marcus dan Jackson Palmer menjadi salah satu Cryptocurrency terbaik tahun 2021 sebab harga Dogecoin diketahui semakin menjanjikan dan menguntungkan bagi para investor. Tak heran, banyak orang di Indonesia mulai melakukan mining Dogecoin dan sebagian dari mereka beli Dogecoin di beberapa exchange lokal maupun internasional sebagai aset investasi di kemudian hari.

Anda tertarik untuk ikut terlibat pada dogecoin mining ini? Mau tahu cara-cara miningnya dan hal-hal apa saja yang perlu dipersiapkan untuk mendukung aktivitas penambangan ini? Jika Anda masih ragu dikarenakan kurangnya informasi mengenai Dogecoin dan bagaimana cara menambangnya, maka membaca artikel ini hingga tuntas akan layak untuk diperhitungkan.

Nah di artikel ini, akan kami paparkan cara mining Dogecoin untuk pemula di tahun 2021 sebagai panduan untuk memulainya secara cepat. Untuk lebih jelasnya, kami secara sengaja akan membagi bahasan ke beberapa poin yang dirasa penting, sebagai berikut:

Mau tahu kelanjutan bahasan poin per poinnya? Yuk, simak terus artikel ini sampai habis supaya Anda punya gambaran komplit mengenai mining Dogecoin yang menguntungkan ini!

Selamat membaca!

Harga Dogecoin Hari Ini

Oh iya, sebelum masuk ke pembahasan lebih dalam, pastinya Anda mau tahu berapa sih harga Dogecoin saat ini? Sebenarnya jika dibandingkan jenis mata uang kripto lainnya seperti Bitcoin, harga Dogecoin jauh lebih kecil. Tapi Anda tidak perlu khawatir, sebab banyak analis pasar yang cukup optimis akan kenaikan mata uang digital yang bergambar anjing ini di masa depan. Perlu diingat bahwa harga Dogecoin akan selalu diperbarui setiap waktunya.

Harga satu koin Dogecoin saat kami menulis artikel ini jika dirupiahkan adalah sebesar Rp 4.815,81, dimana 1 Rupiah-nya akan setara dengan 0,000208 DOGE.

Atau dengan mata uang dollar, maka harga satu keping Dogecoin hari ini adalah U$ 0,34.

Hingga tanggal 8 Mei 2021, sudah dilaporkan ada kira-kira sebanyak 177 juta koin Dogecoin yang beredar.

Persyaratan Awal Sebelum Dogecoin Mining

Tentunya, sebelum Anda mulai melakukan Dogecoin mining, maka Anda perlu mempersiapkan beberapa persyaratan awal yang mesti Anda penuhi, sebagai berikut:

1. Harus memiliki sebuah koneksi internet yang baik dan memadai

Setiap kegiatan mining jenis mata uang kripto apapun, akan selalu dikaitkan dengan kebutuhan dengan jaringan internet yang mumpuni dan baik, termasuk Dogecoin mining ini. Pastinya Anda tidak mau punya koneksi internet yang super lambat dan tiba-tiba saja terputus di tengah jalan karena kuota internet Anda habis. Jika itu terjadi, maka kecil kemungkinan Anda akan bisa menerima hadiah berupa blok Dogecoin dengan baik. Tentunya Anda tidak mau aktivitas mining Dogecoin Anda terganggu dikarenakan hal-hal sepele seperti ini, bukan?

Jadi pikirkan persyaratan ini baik-baik apabila Anda ingin kegiatan mining Anda berjalan dengan lancar! Setidaknya Anda perlu mencari internet yang unlimited dengan jaringan 4G agar koneksi internet Anda tetap stabil dan kencang.

2. Harus memiliki kapasitas dan daya listrik yang cukup

Anda pastinya sudah tahu bahwa kegiatan menambang mata uang kripto apapun akan memerlukan daya listrik yang cukup tinggi. Ya benar sekali, jika Anda ingin mining Dogecoin, maka Anda harus ingat bahwa kegiatan ini akan sangat menghabiskan energi listrik yang besar. Bayangkan saja, perangkat komputer Anda dituntut untuk tetap menyala selama 24 jam, dan ini pastinya akan mengkonsumsi daya listrik rumah Anda.

Silahkan perkuat daya listrik Anda, dan bersiaplah dengan jumlah tagihan listrik yang semakin membengkak setiap bulannya!

3. Harus memiliki pengelolaan panas seperti sistem pendingin, kipas angin dll yang cukup baik

Dan satu hal lagi yang perlu Anda perhatikan adalah Anda perlu mempersiapkan sistem kelola panas yang baik. Alasannya cukup sederhana, perangkat elektronik Anda akan cepat panas jika digunakan untuk Dogecoin mining. Apalagi Anda akan menggunakannya secara lengkap dengan berbagai hardware dan software yang dibutuhkan untuk kegiatan mining. Bukankah begitu?

Karena itulah, Anda perlu mengantisipasinya terlebih dahulu supaya tidak terjadi overheat, salah satunya dengan menyediakan sistem pendingin yang baik atau kipas angin yang berfungsi mendinginkan komputer Anda. Jika sudah tersedia, maka Anda tidak perlu khawatir lagi dengan masalah-masalah perangkat yang overheat dan lain sebagainya.

Peralatan Dogecoin Mining Yang Diperlukan Oleh Seorang Miner

Lalu pertanyaannya sekarang, apa saja peralatan yang dibutuhkan seorang miner/penambang seperti Anda supaya kegiatan miningnya berjalan dengan lancar?

Sebagai seorang miner pemula, tentu Anda ingin tahu, bukan? Yuk, silahkan telusuri 3 (tiga) poin yang akan dijelaskan seperti berikut ini:

1. Hardware (perangkat keras)

Peralatan Dogecoin Mining

Seperti sudah dijelaskan di atas, mining mata uang kripto akan menghabiskan daya komputer yang sangat besar. PC Anda akan harus membuat ribuan komputasi untuk mengkonfirmasikan transaksi berjalan cukup cepat.

Nah, mining Dogecoin dengan mesin desktop Anda dianggap terlalu lambat jika ingin memproses ini semua. Bahkan lebih buruk lagi, hal itu ternyata dapat menyebabkan overheat dan merusak perangkat komputer Anda. Karena itulah, biasanya para penambang akan melakukan mining dengan menggunakan kartu-kartu grafis yang disematkan pada komputer mereka.

Jika Anda merasa tidak cukup dengan hal ini, maka sebagai opsi alternatif, Anda bisa memperoleh sebuah penambang ASIC Scrypt, yang merupakan sebuah perangkat keras (hardware) yang khusus diperuntukkan untuk menambang mata uang kripto seperti Dogecoin dan Bitcoin.

Baca Juga: Cara Mining Bitcoin Gratis untuk Pemula (Panduan Lengkap 2021)

2. Software (perangkat lunak)

Tidak masalah Anda menambang dengan ASIC, GPU atau sebuah CPU, tentunya Anda akan memerlukan beberapa perangkat lunak (software) untuk menjalankannya. Anda perlu mencari software yang paling tepat yang dapat berjalan secara baik dengan hardware pilihan Anda.

Disini kami akan memberitahu software-software paling populer mana saja yang bisa Anda pertimbangkan untuk hardware Anda sebagai berikut:

  • Untuk penggunaan hardware CPU, maka Anda bisa mempertimbangkan sebuah software bernama CPUminer
  • Untuk penggunaan hardware GPU yaitu EasyMiner, CudaMiner, and CGminer
  • Untuk penggunaan hardware Scrypt ASIC,  Anda bisa mengambil sebuah software yaitu MultiMiner.

Cukup jelas bukan? Nah, untuk peralatan ketiga yang perlu Anda perhatikan, silahkan ikuti terus poin ketiga seperti yang tertera di bawah ini!

3. Dompet kripto (crypto wallet)

Sebelum anda memulai Dogecoin mining, maka Anda akan memerlukan sebuah dompet online atau dompet hardware untuk menyimpan jenis mata uang kripto tersebut. Tidak hanya itu, dompet Dogecoin juga diperlukan untuk mengirimkan profit mining Anda ke para penambang lainnya.

Supaya terus sejalan dengan semangat Dogecoin, maka Anda bisa mengunduh dompet software dari website resmi Dogecoin dengan terlebih dahulu mengakses situs resminya yaitu dogecoin.com. Anda bisa memilih salah satu sistem operasi yang sesuai dengan kebutuhan perangkat elektronik Anda yaitu Windows, Linux, MacOS hingga Android. Selain itu, pada website ini juga, Anda  bisa memilih opsi bahasa sesuai dengan keperluan Anda.

Baca Juga:8 Dompet Bitcoin Terpercaya dan Berguna di Indonesia 2021

3 Cara Mining Dogecoin Populer Yang Bisa Anda Pilih

Secara garis besar, dalam menambang Dogecoin, dikenal dua cara yang populer di kalangan para penambang/miners. Anda bisa memilih salah satunya setelah mempertimbangkan beberapa kelebihan dan kekurangan pada tiga cara itu. Adapun dua cara mining Dogecoin itu dapat dijelaskan sebagai berikut:

1) Menambang kolam (Mining Pools)

Sesuai namanya, mining pools bisa diartikan sebagai kelompok-kelompok para penambang yang datang bersama-sama untuk menggabungkan hashrate atau daya penambangan mereka. Dengan menambang secara bersama-sama pada sebuah kolam (pool), maka kegiatan menambang ini akan memiliki total hashrate yang lebih tinggi, yang berarti bahwa Anda dan para penambang lainnya akan memiliki peluang yang lebih tinggi dalam memperoleh hadiah blok Dogecoin.

Nah menariknya disini, profit apapun yang dihasilkan dari kegiatan menambang ini akan dibagi secara merata kepada para penambang. Memang sih jumlahnya akan lebih kecil, tapi mereka akan memperoleh profit secara konsisten dibandingkan dengan kegiatan menimbang secara sendiri-sendiri.

Dan pastinya setiap cara menambang, akan memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Adapun kelebihan dan kekurangannya sebagai berikut:

Pros
  • Memiliki peluang memenangkan blok lebih besar
  • Lebih cocok bagi seorang miner pemula yang tidak punya komputer khusus untuk menambang
Cons
  • Profit yang didapat akan lebih kecil sebab kegiatan mining dikerjakan secara bersama-sama
  • Biasanya pengelola pools mengharuskan Anda untuk membayar jika Anda ingin bergabung. Para pengelola juga akan melakukan pemotongan sejumlah prosentase dari profit yang dihasilkan.

2)  Menambang sendiri(Solo Mining)

Berbeda dengan mining pools, disini Anda akan melakukan Dogecoin mining secara sendiri. Ini artinya solo miner seperti Anda akan menyimpan hadiah yang diperoleh oleh Anda sendiri karena Anda tidak mengandalkan pihak ketiga untuk Dogecoin mining. Hal demikian berbeda dengan cara pertama tadi.

Dengan demikian, maka Anda akan berkompetisi dengan miner lain dari seluruh dunia untuk memberikan pemecahan terhadap teka-teki algoritma yang diberikan. Nah jika Anda menang, maka Anda akan diberikan satu blok Dogecoin yang berisi 10 ribu koin. Cukup banyak, bukan? Oh ya sekarang ini saja, untuk setiap menit, sistem Dogecoin mengeluarkan 1 blok. Jadi bayangkan jika Anda menambang Dogecoin selama 24 jam setiap harinya!

 Bagaimanapun juga, dikarenakan penggunaan daya hashing yang kecil juga, maka kesempatan para penambang solo untuk mendapatkan hadiah blok juga kecil. Dengan demikian, pembayaran tidak akan sesering para penambang di pools.

Selain itu, menambang mata uang kripto ini secara sendiri tidak akan berarti apa-apa jika Anda hanya menggunakan sebuah CPU atau GPU. Anda perlu menggunakan salah satu atau beberapa ASIC yang canggih yang akan membantu menambah peluang bagi Anda dalam memenangkan blok Dogecoin.

Lalu sekarang apa saja kelebihan dan kekurangan dari cara menambang secara sendiri ini. Mari kita sama-sama perhatikan poin-poinnya seperti tertera dibawah ini:

Pros
  • Penambang akan memperoleh semua profit yang diterima, tidak dibagi-bagi dengan penambang lainnya.
  • Meskipun cukup beresiko, tapi menawarkan profit yang sangat menggiurkan berupa satu blok yang bernilai sekitar 96 juta rupiah.
  • Tidak perlu membayar biaya pool atau biaya transaksi apapun
Cons
  • Tidak cocok untuk penambang pemula karena cara ini akan memerlukan skill dan pengalaman mining yang lebih banyak
  • Harus bersaing dengan banyak penambang lainnya, tidak hanya dari Indonesia, tapi juga luar negeri, sehingga peluang mendapatkan block Dogecoin akan sangat kecil
  • Penambang mungkin saja akan mengalami interupsi dari pemadaman yang berasal dari penyedia pool

3) Menambang melalui komputasi awan (Cloud Mining)

Bagaimana melakukan Dogecoin mining dengan sistem cloud ini? Mudah saja, Anda hanya perlu menyewa perangkat komputer dari orang lain untuk melakukan Dogecoin miningn. Cara ini dianggap paling simpel sebab Anda tidak usah mempersiapkan berbagai peralatan, software maupun hardware untuk memulai menambang. Anda. Dengan demikian, Anda tidak perlu bertanggung jawab jika alat-alat ini jadi rusak.

Nah, saat ini sudah ada banyak perusahaan yang menawarkan jasa cloud mining secara online. Tentu saja Anda harus hati-hati saat memilih sebuah perusahaan penyedia cloud mining sebab tidak semuanya bekerja secara profesional dan sesuai dengan keinginan Anda. Kalau perlu, Anda perlu membaca terlebih dahulu syarat dan ketentuan perusahaan penyedia cloud mining itu supaya Anda tidak menyesal nantinya.

Nah, dengan gambaran singkat di atas, ada baiknya Anda juga mempertimbangkan beberapa kelebihan dan kekurangan menambang dengan cara ini sebagai berikut:

Pros
  • Tidak usah repot mempersiapkan segala peralatan yang diperlukan untuk menambang
  • Tidak perlu pengetahuan teknis yang memadai untuk aktivitas penambangan
  • Tidak perlu membayar biaya operasional, tidak akan mengalami risiko overheat dan juga tidak bising
  • Jika menang, maka Anda akan memperoleh profit secara terus-menerus
Cons
  • Menawarkan penghasilan yang cukup rendah
  • Anda perlu membayar sewa semua peralatan yang disediakan perusahaan penyedia cloud mining, dan biasanya dipatok dengan harga tinggi
  • Beberapa dari perusahaan penyedia jasa cloud mining mungkin saja akan mengenakan biaya-biaya tambahan lainnya sehingga akan membebani modal Anda.

Itulah penjelasan singkat dari 3 (tiga)  cara mining Dogecoin yang selama ini diambil oleh para miner di seluruh dunia serta pros dan cons dari masing-masing cara tersebut. Sekarang mau tahu langkah-langkah bagaimana menambang blok Dogecoin secara tepat? Apakah kegiatan menambang ini cukup merepotkan? Atau bagaimana sih sebenarnya cara melakukan mining Dogecoin secara tepat?  Yuk, kita sama-sama simak apa saja langkah-langkah tersebut!

Cara Menambang Dogecoin Langkah per Langkah

Sebenarnya ada sejumlah metode atau cara untuk Dogecoin mining yang tergantung kepada hardware Anda, apakah Anda menggunakan ASIC, atau menambang dengan CPU atau GPU, dan lain-lain. Anda tentu saja bisa memilih salah satunya.

Namun untuk saat ini, akan kami kemukakan langkah-langkah untuk Dogecoin mining dengan menggunakan ASIC yaitu Antminer L3++ karena punya peluang paling tinggi untuk menghasilkan profit.

Berikut ini langkah-langkahnya:

1. Silahkan sambungkan ASIC Anda ke sumber daya dan internet

Langkah pertama adalah Anda menyambungkan ASIC yang Anda miliki ke unit suplai daya (PSU) terlebih dahulu, dan kemudian menyambungkan PSU itu ke sumber daya. Setelah itu, masukkan kabel Ethernet ke dalam ASIC serta jangan lupa untuk pastikan, kabel itu terkoneksi ke sebuah router atau sumber jaringan internet lainnya.

2. Silahkan pilih sebuah kolam untuk Dogecoin mining

Langkah kedua adalah langkah dimana Anda harus memilih salah satu pool yang tersedia secara online. Memang sekarang ada banyak perusahaan yang menyediakan pool untuk menambang, tapi Anda mesti memilih salah satunya yang terpercaya dan memiliki karakter-karakter yang sesuai dengan keperluan Anda, seperti jumlah daya hashing, potongan biaya, lokasi server, pembayaran minimum, dan mungkin juga dukungan berbagai mata uang kripto lainnya.

Misalnya saja Anda bisa memilih Multipool, Aikapool, Prohashing, Litecoinpool dan lain-lain.

3. Silahkan temukan alamat IP ASIC Anda

Langkah berikutnya adalah silahkan lakukan login pada pengaturan router Anda (biasanya dapat diakses dengan mengetik 192.168.1.1 pada bagian alamat/address browser web Anda). Lalu silahkan masukkan username dan password Anda (biasanya diberikan kepada Anda saat router dipasang atau bisa saja keduanya sudah tertera pada router itu). Dari situlah, temukan alat-alat yang tersambung pada jaringan Anda dan carilah ‘Antminer’ lalu silahkan salin alamat IP yang terkait atau terhubung.

Terlihat membingungkan ya? Jangan khawatir ! Sebab Anda bisa mencarinya pada dokumentasi router Anda. Jika Anda tidak memilikinya, silahkan lakukan pencarian Google atas nama router Anda bersama dengan mengetik ‘cara menemukan alat-alat yang tersambung’ atau ‘DHCP client list.’

4. Silahkan lakukan login pada Antarmuka Web ASIC

Setelah Anda mendapatkan IP alat-alat Anda, maka silahkan masukan itu pada browser Anda. Maka sebuah kotak akan muncul, meminta Anda untuk melakukan login.

5. Silahkan masukkan informasi mengenai Pool menambang Anda

Setelah Anda melakukan login, silahkan pergi menuju pengaturan Miner Configuration dan masukkan URL pool menambang dan password Anda yang sudah disediakan oleh pihak pengelola pool tersebut.

Jika Anda mau, Anda bisa memasukkan lebih dari satu informasi pool Anda untuk mengantisipasi jika pool utama tiba-tiba saja mati. Maka ASIC Anda nantinya secara otomatis akan terhubung ke pool Anda yang kedua.

Oh iya harap pastikan juga Anda sudah memasang koin pembayaran yang tepat melalui website pool Anda! Alasannya sederhana, Anda pastinya tidak ingin tiba-tiba menambang beberapa koin lainnya yang bukan Dogecoin ke dompet Dogecoin Anda, atau sebaliknya.

6. Kegiatan mining Dogecoin selesai

Setelah Anda menekan save/simpan, maka kegiatan mining Anda sudah dianggap selesai. Kelihatan mudah dan cepat, bukan? Maka setelah beberapa menit, penambang Anda akan menayangkan sebuah hashrate pada tab Miner Status, yang menunjukkan bahwa semuanya sedang berjalan secara baik.

Kesimpulan

Walaupun mengandung resiko, Dogecoin mining bisa jadi suatu kegiatan yang menyenangkan dan juga menguntungkan. Meskipun tidak sepopuler Bitcoin, namun Dogecoin dapat menjadi opsi alternatif bagi Anda yang tergila-gila dengan aset investasi ini karena kecenderungan harga Dogecoin yang semakin meningkat dari hari ke harinya.

Apalagi sekarang ini, beli Dogecoin juga sangat mudah dilakukan berkat perkembangan internet yang semakin canggih. Anda juga dapat melakukan penambangan jenis mata uang kripto ini dengan menggunakan salah satu cara dari 3 cara yang sudah dipaparkan di atas dan langkah-langkah menambang ini juga tidak terlalu sulit dan merepotkan.  Karena itu, Anda perlu memperhatikan kelebihan dan kekurangan cara-cara tersebut.

Nah, tertarik dengan dunia Dogecoin mining? Silahkan mulai mining sekarang juga dan raih peluang Dogecoin sebanyak-banyaknya!

Selamat menambang ya dan semoga berhasil !


Bagikan Artikel

Satu komentar

  1. Hi, guy~Thank you for your feedback and appreciation. In order to enhance the reading experience, our website has made some optimizations, so it is incompatible with Internet Explorer. If you are a diehard Internet Explorer fan, it is recommended to use the Microsoft Edge browser.

Tinggalkan Balasan

Don`t copy text!