Cara Beli Emas Antam Online Dengan Mudah Panduan 2021

Banyak yang memperkirakan bahwa harga emas cenderung akan naik di masa depan. Jika Anda seorang investor pemula dan berniat terjun ke dunia trading dan investasi emas yang diproduksi oleh PT Aneka Tambang, maka Anda mesti tahu cara beli emas Antam secara tepat supaya Anda tidak akan menyesal nantinya.

Lalu apa saja sih langkah-langkah yang mesti Anda ambil untuk beli Emas Antam? Apakah bisa dibeli secara online? Sebelum membeli emas, hal-hal apa saja yang perlu Anda ketahui supaya kegiatan investasi Anda tak mengalami kendala yang berarti? Apa beli emas Antam punya kekurangan-kekurangannya? Jika ada, apakah saya bisa punya opsi lain untuk investasi yang menguntungkan?

Jangan khawatir, kami akan paparkan satu-satu persatu demi menjawab keresahan hati Anda. Anda berinvestasi, berarti Anda ingin untung, bukankah begitu? Dan pada artikel ini akan dibahas beberapa hal sebagai berikut:

Ingin tahu uraian lebih lanjutnya? Yuk, simak terus artikel ini sampai habis supaya bisa menambah wawasan Anda

Apakah Investasi Emas Antam Menguntungkan?

Sebelum membeli emas Antam, pasti Anda ingin tahu terlebih dahulu apakah investasi pada aset finansial ini menguntungkan atau tidak, bukan begitu? Sebab Anda akan menginvestasikan  modal Anda, dan Anda pastinya tidak mau kegiatan ini justru malah merugikan.

Emas Antam merupakan emas logam mulia (LM) yang dihasilkan oleh PT Aneka Tambang (ANTAM), salah satu BUMN Indonesia yang berdiri di tahun 1968 yang berupa emas batangan yang memiliki standar kemurnian sebesar 99,99%. 

 Jika Anda merasa cocok dengan beberapa keunggulan emas Antam seperti dijelaskan di bawah ini, maka investasi Anda pada aset ini akan menguntungkan.

  • Tersedia berbagai opsi ukuran yang bisa dipilih sesuai modal Anda

Sejak didirikan hingga saat ini, perusahaan ini sudah memperkenalkan sejumlah variasi ukuran yang bisa dipilih, dari yang paling kecil berukuran 0,5 gram, 1 gram,  hingga yang paling berat mencapai 1.000 gram. Berbagai pilihan ini (sekitar 12 variasi ukuran) terlihat sangat cocok bagi Anda sebab bisa disesuaikan dengan kemampuan finansial Anda.

  • Memiliki kualitas dan tingkat keamanan yang lebih baik

Jangan khawatir dengan kemurnian emas yang diproduksi PT Antam sebab emas Antam memiliki kemurnian 99,99% dan juga telah berhasil memperoleh sertifikat LBMA (London Bullion Market Association) yang berstandar tinggi  dan diakui secara internasional.  Dengan tingkat kemurnian sebesar itu, maka emas Antam sangat cocok untuk investasi baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang sebab akan lebih gampang  untuk dijual kembali nantinya.

Selain itu tingkat keamanannya juga cukup tinggi sebab setiap ukuran emas Antam akan dibekali sebuah  certi card pada kemasannya dimana Anda bisa memeriksa keasliannya melalui aplikasi bernama CertiEye langsung dari ponsel pintar Anda. Certicard adalah kartu yang berisi sertifikat emas Antam digital.

  • Aset emas bersifat likuid dan harganya cukup stabil

Aset emas apapun termasuk emas Antam akan bersifat likuid dimana Anda bisa mencairkannya atau menjualnya dalam waktu yang singkat kapan saja Anda memerlukan biaya. Selain itu, harganya juga cukup stabil terutama di tahun-tahun belakangan ini, bahkan cenderung mengalami kenaikan meskipun tidak terlalu signifikan. 

Hal-hal yang Anda Perlu Tahu Sebelum Beli Emas Antam

Jika Anda sudah berpikir bahwa investasi pada emas Antam merupakan suatu kegiatan yang menguntungkan, maka kini saatnya Anda mengetahui hal-hal apa saja yang layak Anda pertimbangkan sebelum beli emas Antam ini.

a. Persyaratan beli emas Antam

Hal pertama yang mesti Anda ketahui adalah bahwa membeli emas dari perusahaan ini akan dikenakan pajak. Sebenarnya ini berlaku untuk semua badan usaha, tidak hanya perusahaan Antam saja. Jadi ketentuannya adalah berdasarkan PMK No.34/PMK.O/2017 dinyatakan bahwa pembelian emas batangan dari badan usaha apapun akan dikenakan Pajak Penghasilan (PPh) pasal 22 sebesar 0,45 jika Anda punya NPWP dan 0,9% jika Anda tidak punya NPWP.

Tidak hanya itu, ternyata saat Anda menjual kembali emas Anda (buyback) ke PT Antam atau Butik Emas LM dengan besar lebih dari 10 juta Rupiah, maka Anda juga akan dibebankan pajak PPh 22 sebesar 1,5% jika Anda memiliki NPWP dan 3% jika Anda tidak memiliki NPWP itu. Lalu, Anda masih tetap minat dengan emas Antam? Pikirkan juga pajaknya ya!

b. Beli emas antam di tempat yang terpercaya

Meskipun bisa dilakukan secara online ( di luar situs resmi Antam) untuk membeli emas Antam, namun tidak begitu disarankan sebab sering berisiko penipuan atau investasi bodong.

Terus bagaimana, dong? Iya, satu-satunya jalan adalah Anda mesti pergi ke ke Unit Pengolahan dan Pemurnian Logam Mulia yang berada di Pulogadung, Jakarta Timur. Lalu, menurut banyak pengalaman, Anda mesti ambil antrian untuk bisa dilayani oleh staf disana. Itu artinya Anda mesti menunggu antrian sekitar 30 menit. Lumayan menghabiskan waktu, ya?

Jika Anda tidak mau pergi ke Pulogadung, Anda bisa saja kok pergi ke area pedagang emas, seperti daerah Cikini atau Blok M di Jakarta, terutama Toko Emas Ibukota dan Toko Emas Kaliem di Melawai Plaza yang kebetulan menjual hampir sama dengan harga yang ditawarkan di situs resmi PT Antam.

Masalahnya ada jika Anda berdomisili di luar Jakarta yang tidak punya tempat penjualan resmi emas Antam, maka Anda mesti mengeluarkan ongkos untuk menuju tempat-tempat tersebut, dan terkadang memberatkan kantong Anda sebab Anda harus merogoh kocek Anda lebih dalam untuk biaya transportasi.

Baca Juga: Di mana Beli Emas? Inilah 6 Tempat Aman dan Terpecaya

c. Harga emas Antam yang ingin dibeli

Seperti sudah dijelaskan di atas, ada 12 variasi ukuran emas Antam yang ditawarkan. Anda mesti mencari tahu berapa harga per gramnya yang ditawarkan hari itu sebab harganya akan selalu diupdate secara berkala. Anda bisa mencari tahu informasinya, misalnya dengang mengakses situs resmi PT Antam itu sendiri di www. antam.com atau www.logammulia.com, dan banyak lagi. Saat ini, emas batangan 1 gram dihargai cukup mahal yaitu Rp 937.000.

Anda perlu tahu juga selama ini harga emas Antam lebih mahal dari emas yang dijual di toko emas padahal level kemurniannya sama-sama tinggi yaitu sebesar 99,9% dan juga memiliki sertifikat. Hal ini disebabkan toko emas umumnya membeli secara tidak langsung di PT Antam, tapi lewat perusahaan ketiga yang memiliki banyak scrap atau emas tua. 

Selain itu, ada biaya-biaya produksi lainnya yang mempengaruhi harga emas Antam ternyata lebih mahal daripada harga di toko perhiasan, seperti biaya pemurnian atau pengolahan emas, manufaktur, percetakan hingga sertifikasi.

Intinya Anda perlu biaya cukup besar untuk membeli satu gram emas Antam.

Baca Juga: Prediksi Harga Emas 2021: Harga Emas Akan Naik atau Turun?

d. Sertifikat yang menunjukkan keaslian emas

Jika Anda membeli emas Antam, harap pastikan keaslian emasnya sebab sertifikat ini sangat berguna saat Anda ingin menjualnya kembali dengan harga yang lebih mahal. Biasanya emas Antam yang diperjualbelikan di Butik Emas Antam LM sudah memperoleh sertifikat dari  Responsible Gold dari LBMA yang berpusat di London, Inggris yang menjamin keasliannya.

Lalu bagaimana caranya jika saya mau periksa keaslian emas Antam?

Caranya mudah sekali, dan ada beberapa cara, dimana salah satunya Anda bisa mengakses situs logammulia.com atau menggunakan cara lainnya yaitu dengan melihatnya dengan sinar UV untuk melihat benang pendar yang berada di salah satu sisi sertifikat itu.

e. Pilih berat emas yang sesuai dengan modal Anda

Pilihan berat emas haruslah disesuaikan dengan modal Anda karena semakin berat harga emas, maka semakin tinggi pula harganya. Anda bisa melihat daftar berikut ini:

BeratHarga emas batangan saat ini  
0,5 grRp 518.000  
1 grRp 937.000  
2 grRp 1.814.000  
3 grRp 2.696.000  
5 grRp 4.460.000  
10 grRp 8.865.000  
25 grRp 22.037.000  
50 grRp 43.995.000  
100 grRp 87.912.000  
250 grRp 219.515.000  
500 grRp 438.820.000  
1000 grRp 877.600.000  

f. Mengecek kemurnian emas

Selain berat, Anda juga mesti mempertimbangkan tingkat kemurnian emas sebagai berikut:

10 karat41%
14 karat58%
15 karat62%
18 karat75%
19 karat78%
20 karat82%
21 karat86%
22 karat90%
23 karat94%
24 karat99%

 Untuk emas batangan Antam sendiri, biasanya sudah memiliki kemurnian 99% lebih atau 24 karat.

g. Harus mempunyai penyimpanan yang memadai

Nah, ini yang mungkin akan sedikit merepotkan pikiran Anda sebab emas fisik Antam harus disimpan di sebuah tempat penyimpanan yang sangat aman karena rentan mengalami risiko kehilangan dan pencurian atau tindakan-tindakan kejahatan lainnya. Pada umumnya para investor akan menyimpannya di sebuah brankas besi di rumah atau menitipnya di safe deposit box yang tersedia di banyak bank nasional.

Tapi, Anda mesti mempertimbangkan biaya-biaya tambahan yang tidak kecil untuk membeli fasilitas pengamanan itu atau menyimpannya di bank pilihan Anda. Misalnya saja jika Anda ingin menyimpannya di bank BCA berukuran kecil, maka Anda akan dikenakan biaya sewa.

Cara Beli Emas Antam Online Step By Step

Jika Anda sudah mempertimbangkan hal-hal di atas, dan Anda berminat untuk beli emas antam, maka disini kami akan paparkan langkah-langkah beli emas Antam yang perlu Anda ketahui seperti berikut ini:

Step 1 : Silahkan buka aplikasi atau situs resminya

untuk beli emas antam, langkah pertama yang mesti Anda lakukan adalah dengan membuka terlebih dahulu situ resminya yaitu www.logammulia.com

Step 2: Silahkan buat sebuah akun

Klik daftar atau masuk dengan akun FB dan google, kemudian mengisi semua kolom sesuai yang diinstruksikan Jangan lupa klik tombol persetujuan soal syarat dan ketentuan dari Logam Mulia dan kotak reCAPTCHA untuk validasi.

Oh,iya! Untuk mendaftar pertama kalinya, maka Anda perlu melampirkan sejumlah dokumen yang diperlukan seperti KTP dan NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak), dan juga salinan Kartu Keluarga (KK) untuk informasi ahli waris di masa depan. 

Terakhir, silahkan klik tombol Register Now.

Buat akun Logam mulia untuk beli emas antam

Step 3: Silahkan ubah lokasi terlebih dahulu

Anda perlu mengubah lokasi Anda untuk memberikan acuan harga pada lokasi yang dipilih. Selama ini, emas Antam dapat Anda peroleh di kota-kota besar selain Jakarta, seperti Bandung, Surabaya, Medan, Makasar dll.      

Step 4: Silahkan pilih produk emas yang anda suka

Silahkan cari produk yang ingin dibeli. Produk-produk yang dapat dibeli melalui website resminya ini adalah emas batangan certicard, emas batangan motif batik, emas batangan gift series, koin Dinar, koin Dirham dan Bezel dengan memperhatikan ketersediaan stok.    

Step 5: Silahkan cek keranjang belanja 

Jika anda telah tentukan jenis produk yang anda ingin membeli, tinggal klik tombol Tambah ke Keranjang saja, Anda disarankan untuk mengecek kembali detail pesanan Anda. Untuk segera memproses transaksi, klik ‘Check Out Now, dan jangan lupa pembelian ya online hanya dapat dilakukan pada hari kerja pukul 09.00 – 15.00 WIB.

Step 6: Silahkan lakukan konfirmasi pesanan

Anda disarankan untuk memeriksa kembali pesanan. Jika sudah ok, maka silahkan klik ‘Saya Menyetujui Syarat dan Ketentuan Logam Mulia’ lalu klik kembali ‘Bayar Sekarang.’  Pelanggan akan menerima email notifikasi berisi detail pesanan dan petunjuk pembayaran.

Step 7: Pilih Pengiriman dan Metode Pembayaran

Ada beberapa opsi pengiriman yang tersedia yaitu RPX, Paxel dan SAP Silahkan pilih salah satu dari ke 3 (tiga) opsi pengiriman yang menurut Anda paling nyaman dan mudah dengan ongkos pengiriman yang berbeda-beda, dihitung per gram nya. Semakin berat emas yang Anda beli, maka akan semakin besar pula ongkos pengiriman yang harus Anda bayar. Oh iya, Anda juga bisa mengambilnya secara langsung di Butik LM yang tersedia di kota Anda.

Anda perlu menggunakan virtual account dari beberapa bank lokal populer seperti bank Mandiri, BCA, BRI dan bank Permata untuk melakukan pembayaran dimana masa berlakunya adalah 45 menit sesudah konfirmasi orderan. Dengan account ini, maka Anda tidak usah lagi melakukan konfirmasi pembayaran sebab pembayaran secara otomatis akan batal jika sudah melewati batas waktu tersebut.      

Step 8: Silahkan tunggu pengiriman

Usai transaksi pembayaran selesai, maka tinggal tunggu emas Antam Anda di rumah. Pada umumnya, emas akan dikirim dalam waktu hingga 5 hari kerja. Perlu Anda ingat bahwa emas produksi lama tidak dapat ditukar dengan emas baru kecuali jika terdapat cacat produksi.

Kekurangan-Kekurangan Beli Emas Antam

Meskipun kami katakan di atas bahwa emas Antam adalah investasi yang menguntungkan, Anda juga wajib tahu kekurangan-kekurangan apa saja yang dimiliki saat membeli emas dari perusahaan ini. Ingin tahu kekurangan-kekurangannya? Yuk, simak terus artikel ini sampai habis dan apa saja opsi alternatif yang bisa ditawarkan!

Disarankan membeli emas dengan ukuran yang lebih besar

Mengapa demikian? Karena harganya akan lebih murah jika dibandingkan dengan membeli harga emas dengan ukuran yang lebih kecil. Misalnya saja Anda lebih baik membeli emas LM batangan 10 gram daripada 5 gram atau 3 gram, sebab akan lebih murah.

Tapi masalahnya, apakah semua orang memiliki modal yang besar untuk membeli emas dengan ukuran lebih besar? Tentu saja tidak! Sebab saat ini saja, harga emas Antam per gramnya sudah mencapai Rp 937.000, dan jika Anda disarankan untuk membeli 10 gram emas saja, maka Anda perlu mengeluarkan uang sebesar Rp 8.865.000.

Memang sih lebih murah, tapi bagaimana dengan modal Anda? Apa Anda sanggup? Jika sanggup sih, tidak masalah, tapi jika belum tersedia, maka Anda perlu menabung terlebih dahulu sampai uang Anda terkumpul untuk membeli 10 gram emas Antam. 

Pembelian emas Antam akan dikenai pajak

Iya, membeli emas Antam, maka Anda harus siap mengeluarkan dana tambahan untuk membayar pajaknya. Di atas sudah dijelaskan ya besaran pajaknya, jadi silahkan baca kembali artikel ini dengan lengkap! Sebenarnya tidak besar sih pajaknya, tapi jika Anda bermodal pas-pasan, maka pengenaan pajak ini mungkin akan memberatkan pengeluaran Anda.

Dan naluri investor bermodal kecil adalah meminimalisir pengenaan kewajiban pajak semampu mungkin, sebab dia ingin untung lebih banyak dari investasinya.  Bukankah begitu? Tapi sudah menjadi peraturan transaksi jual beli emas Antam di Indonesia bahwa mau tidak mau Anda harus membayar pajaknya, walaupun pajaknya tergolong rendah!

Harus menyimpan dan merawat dengan baik. Cukup merepotkan, bukan?

Iya betul sekali, saat membeli emas batangan Antam yang berbentuk fisik itu, Anda diharuskan merawat dan menyimpannya sebaik dan seaman mungkin. Dan untuk itu, Anda mesti menyediakan uang tambahan untuk mengamankan aset berharga ini dari risiko buruk yang mungkin saja terjadi. Anda bisa membeli brankas besi atau menyimpannya di bank terpercaya pilihan Anda.

Hanya dapat keuntungan dengan menunggu harganya naik

Salah satu kekurangan investasi emas Antam adalah Anda hanya memperoleh keuntungan saat harganya naik sebab dari selisih jual beli inilah, Anda akan mendapatkan profit. Dengan demikian,  Anda perlu menunggu bahkan hingga berbulan-bulan untuk memetik profit dari investasi Anda. Apakah Anda cukup bersabar menantikan harga aset Anda ini naik?

Tidak dapat melayani buyback secara online

Jika Anda berniat untuk menjual kembali emas Antam Anda, maka buyback hingga saat ini tidak bisa dilakukan secara online. Dengan demikian, Anda mesti pergi ke kantor Antam atau ke sejumlah toko emas terpercaya yang menawarkan buyback tersebut. Oleh karena itu, Anda perlu menyisihkan waktu dan tenaga Anda saat ingin pergi menuju tempat-tempat itu.

Adanya spread  antara harga beli dulu dan harga buyback

Pembebanan adanya spread antara harga beli yang dulu dan harga jual sekarang, alias buyback akan membuat kerugian dalam investasi emas Antam. Kok begitu? Iya, Anda mesti membayar biaya spread yang sudah ditetapkan. Dan perlu Anda ingat, biaya spread akan semakin besar jika transaksi jual beli dilakukan dalam jangka panjang. Jadi semakin lama waktu Anda berinvestasi, maka semakin tinggi biaya spread yang mesti Anda bayarkan.

Cukup merepotkan dan membuat Anda harus mengeluarkan dana lebih banyak lagi, bukan?

Oleh karena itu, kami menawarkan solusi baru yang bisa digunakan sebagai investasi alternatif yang menguntungkan. Mau tahu lebih jauh tentang hal ini? Yuk, baca terus artikel ini sampai habis!

Investasi Alternatif yang Bisa Dipilih

Opsi lain yang bisa Anda pilih untuk investasi emas adalah ikut bergabung dengan salah satu broker trading online terpercaya dan paling direkomendasikan di tahun 2021 seperti Mitrade.

Namun perlu diingat bahwa investasi emas pada sebuah broker akan menerapkan bentuk CFD dimana Anda tidak benar-benar memiliki emas fisik. Ini artinya Anda akan memperoleh profit dari adanya selisih transaksi jual beli emas jika prediksi Anda ternyata tepat di masa depan. Pada trading ini, Anda bisa melakukan going short dan going long.

Selain itu, jika modal Anda ternyata kecil, maka Anda akan diuntungkan dengan adanya fasilitas rasio leverage yang diberikan broker-broker tersebut yang akan memperbesar modal Anda sehingga Anda bisa membeli emas dengan harga yang tersedia dan bisa memperoleh profit yang besar juga.

Contohnya begini, misalnya harga emas sekarang $ 1744  per ons, maka dengan leverage 1:100, Anda bisa membeli emas hanya dengan $ 17,44 saja, dan percaya atau tidak, besaran profit yang akan diterima oleh Anda akan sama dengan profit  membeli emas secara fisik seharga itu. Wow, terlihat menggiurkan, bukan?

Oh iya dengan berinvestasi pada broker trading online, maka Anda tidak perlu lagi membayar pajak apa pun, mengeluarkan biaya untuk penyimpanan emas, pembelian asuransi dll. Bahkan broker populer seperti Mitrade tidak akan membebankan komisi sama sekali alias zero komisi, dan hanya mengenakan spread yang sangat rendah untuk investasi emas Anda.

Anda juga akan bisa menghemat waktu dan tenaga Anda sebab Anda hanya perlu sebuah platform trading untuk mengakses pasar emas global yang sangat dinamis ini.  Anda hanya perlu mendaftar untuk membuat akun dan melakukan deposit awal dalam hitungan menit saja. Cukup menggoda, bukan?

Nah, opsi alternatif ini layak Anda coba. Tapi harap perhatikan juga agar Anda memilih broker yang aman dan sudah teregulasi oleh badan pengawas keuangan dunia seperti broker Mitrade. Ok?

Jika anda tertarik dengan trading emas, Baca Juga artikel kami tentang: Cara Trading Emas Online: Terbukti Aman Dan Menguntungkan(Panduan lengkap 2021)

Kesimpulan

Beli emas Antam saat ini bisa menjadi salah satu opsi menarik untuk berinvestasi yang menguntungkan. Namun jika melihat beberapa kekurangan yang dipaparkan, ada kesan bahwa Anda akan perlu modal yang cukup besar untuk memulai investasi pada aset emas Antam ini.

Karena itulah, pembelian aset emas dengan bentuk CFD yang ditawarkan oleh banyak broker trading online terpercaya seperti Mitrade dapat menjadi alternatif lain yang bisa Anda coba. Jadi kapanpun dan dimanapun Anda mau investasi dengan modal sekecil apapun, Anda bisa mulai investasi aset emas sekarang juga.

Selamat berinvestasi emas,ya!


Bagikan Artikel

Tinggalkan Komentar

Don`t copy text!