Review Binance Indonesia 2022: Penipuan atau Tidak?

Pastinya sebagian besar dari para trader crypto di Indonesia sudah tahu apa itu Binance. Binance Indonesia merupakan sebuah bursa/exchange yang selalu diapresiasi karena reputasinya yang baik dan dikenal mampu memberikan jaminan keamanan dan keselamatan yang tinggi atas dana dan data pribadi para pelangganya. Bisa dikatakan dari dulu hingga sekarang, Binance selalu menjadi salah satu yang terbaik dalam hal volume trading, dan bagi para trader seperti Anda, Binance adalah sebuah exchange yang tidak boleh dilewati begitu saja. Mengapa demikian?

Pada artikel kali ini, saya akan mendefinisikan apa itu Binance?Haruskah Anda trading token atau koin crypto pada Binance? Apakah Binance sebuah scam dan penipuan? Untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini, saya akan membuat Binance review secara obyektif untuk Anda dengan poin-poin artikel yang menarik sebagai berikut:

Penasaran dengan pembahasan poin-poin di atas? Tidak usah menunggu lama lagi, mari kita mulai bedah satu per satu!

1. Apa itu Binance?

Binance adalah sebuah exchange crypto online yang didirikan di tahun 2017 di Hong Kong dimana para pengguna dapat melakukan trading pada mata uang kripto dan juga menyediakan wallet crypto (dompet kripto) untuk menyimpan koin digital mereka secara aman. Selain itu, Binance juga menawarkan sejumlah program bagi para penambang crypto dan membantu para trader untuk membuat keputusan investasi mereka. 

Untuk Anda ketahui saja, Binance juga memiliki token yang berbasis blockchain-nya yang bernama Binance Coin (BNB). Nama ‘Binance’ sendiri merupakan sebuah nama dari gabungan dua kata yaitu Bitcoin dan Finance, yang mengklaim mampu memproses sekitar 1,4 juta order per detik.    

2. Apakah Binance Indonesia Aman?

Pertanyaan paling mendasar yang pasti Anda ingin tahu jawabannya adalah apakah Binance aman? Apakah Binance penipu? 

Faktanya adalah Binance dijalankan oleh  InvestByBit Pty Ltd (ABN 98 621 652 579) di Australia, yang terdaftar dengan AUSTRAC. Karena itu, Binance harus tunduk kepada standar-standar regulator lokal, seperti halnya exchange crypto lainnya yang beroperasi di Australia. 

Selain itu, Binance juga dikenal sangat melindungi keamanan data dan dana para penggunanya, dengan menawarkan tingkat proteksi yang cukup tinggi, termasuk 2FA berkali-kali (otentikasi dua faktor), perangkat pengaturan withlist (daftar putih), pengelolaan alamat-alamat penarikan, kode-kode anti phishing, dan bahkan U2F (otentikasi faktor ke-2 yang universal). Semua ini tentunya akan membuat siapapun kecuali Anda mengakses dana pada akun Binance Anda! 

Informasi Umum Binance!

Tahun Berdiri2017
Volume TradingSekitar $ 15 miliar
Trading Minimum$10
Deposit Minimal$ 50
Jumlah Mata Uang Kripto Lebih dari 500 koin, termasuk Bitcoin, Ethereum, Litecoin, token BNB dll. 
Biaya-Biaya Trading dan TransaksiBiaya-biaya mulai dari 0,1 persenBiaya 0,5 persen untuk pembelian instanBiaya kartu debit 4,5 persen
Bahasa Pendukung8 Bahasa yaitu Cina, Inggris, Spanyol, Turki, Korea, Vietnam, Portugis, Rusia
PromosiTersedia
LeverageHingga 10x
Platform Trading Website, IOS & Android  

3. Kelebihan dan Kekurangan Binance

Meskipun dianggap sebagai salah satu exchange crypto yang paling aman di tahun 2022, namun Binance tidak lepas dari pro dan kontra pada penggunaannya. 

Berikut ini sejumlah kelebih dan kekurangan platform Binance yang wajib Anda perhatikan baik-baik!

Pros
  • Merupakan exchange kripto yang dianggap paling besar berdasarkan volume tradingnya.
  • Tersedia lebih dari 500 koin atau token mata uang kripto
  • Menawarkan fitur-fitur yang cukup menarik seperti staking, marketplace untuk NFT, margin trading, dan trading futures.
  • Tersedia dukungan komunitas yang luas.
  • Memiliki desain antarmuka yang keren yang cocok untuk para trader pemula dan profesional.
  • Menawarkan tema gelap yang cukup menarik perhatian
  • Tersedia platform trading dan layanan dalam bahasa Indonesia
Cons
  • Layanan pelanggan kurang baik – tidak ada dukungan live chat untuk melayani para anggotanya.
  • UI platform bisa jadi rumit dipelajari oleh para investor baru.
  • Cukup lambat merespon tiket dukungan.
  • Menawarkan biaya yang tinggi untuk deposit dengan kartu debit atau kredit.
  • Cukup bermasalah dalam hal regulasi keuangan di beberapa negara dan di AS sendiri, Binance dalam proses investigasi hukum.
  • Proses verifikasi identitas KTP Anda bisa membutuhkan waktu hingga 10 hari
  • Saat ini belum dapat melakukan deposit dengan mata uang Rupiah disebabkan sedang ada pemeliharaan/maintenance

4. Fitur-Fitur Utama Binance

Disini saya akan mencoba merangkum beberapa fitur penting yang dimiliki oleh platform Binance dengan sedikit penjelasan di bawahnya, sebagai berikut:

  • Menyediakan ratusan mata uang kripto paling populer

Sejauh ini, Binance telah menyediakan lebih dari 500 mata uang kripto untuk dibeli, dijual atau diperdagangkan secara mudah dan cepat. Dari ratusan crypto yang dimiliki, sebagiannya adalah mata uang digital yang sangat populer, dan sebagiannya adalah jenis crypto yang mungkin belum Anda dengar sama sekali. 

Baca Juga: 15 Peringkat Cryptocurrency Terbaik Tahun 2022

  •  Tersedia margin trading hingga leverage 10x

Dengan leverage trading sebesar ini, Anda akan mempunyai sebuah pengalaman interaktif dan juga menjadi sumber pendapatan yang menjanjikan. Tapi saya sarankan agar  Anda tetap pergunakan fasilitas ini sebijak mungkin ya supaya Anda tidak rugi besar. 

  • Fitur berupa marketplace untuk menjual NFTs (Non Fungible Tokens) 

Di Binance juga, ternyata Anda boleh menjual atau membeli berbagai aset NFT yang sedang ditawarkan dengan harga yang bervariasi. Biasanya NFT yang ditawarkan berupa koleksi karya seni dan benda koleksi digital lainnya. 

Baca Juga: Apa itu NFT? Inilah Cara Jual-Beli hingga Cara Membuatnya

  • Tersedia Launchpad

Dengan adanya fitur ini, Anda dapat mengakses sebuah platform peluncuran token Binance yang eksklusif untuk mendukung perkembangan dunia crypto.

  • Menawarkan berbagai opsi chart

Di Binance, ada tersedia sejumlah chart yang bisa dipilih oleh para pelanggan yang selalu diupdate dari waktu ke waktu. Dengan chart-chart ini, Anda bisa tahu pergerakan harga aset kripto yang sedang Anda perdagangkan itu  beberapa waktu yang lalu hingga saat ini. 

  • Menyediakan trading pada aset-aset Future dan Derivatif

Selain token dan koin crypto, di Binance juga Anda dibolehkan untuk trading pada berbagai aset Future dan Derivatif dengan margin leverage yang berbeda-beda. Bahkan Binance selama ini mengklaim sebagai bursa derivatif crypto terbesar di dunia dengan pembukaan akun hanya sekitar 30 detik saja. 

5. Bagaimana Cara Daftar Binance ?

Saya akan menyajikan langkah-langkah cara daftar Binance yang menurut saya cukup mudah dan cepat, sebagai berikut:

Langkah 1: Silahkan unduh aplikasi Binance terlebih dahulu

Anda dapat mengunduh aplikasi Binance secara gratis di salah satu app store populer, yaitu Google Play Store atau Apple Store. Saya akan memberikan contoh cara daftar Binance untuk perangkat mobile Android saya.

Langkah 2 : Silahkan masukkan lokasi tempat tinggal Anda yaitu Indonesia, kemudian klik bentuk panah di kanan bawah untuk proses selanjutnya, maka Anda harus memasukkan email Anda untuk dikirimkan link verifikasi pada email Anda. (Bagian ini tidak bisa saya screenshot sebab diproteksi oleh Binance untuk faktor keamanan)

Langkah 3: Setelah link verifikasi terisi, maka akan muncul halaman persyaratan berikutnya, dimana Anda harus melakukan verifikasi identitas dengan mengisi Informasi pribadi, mengunggah foto KTP, dan mengunggah foto pribadi (foto selfie). Harap diingat bahwa waktu verifikasi identitas Anda sangat lama sekitar 10 hari, jadi Anda perlu sabar menunggu.

Langkah 4: Silahkan lakukan penyetoran dana awal pada akun Anda dimana Anda bisa menyetor aset crypto Anda atau membelinya langsung di platform Binance.

Langkah 5: Jika dana sudah tersedia, maka silahkan lakukan trading dengan memilih salah satu crypto yang Anda sukai.

6. Bagaimana Cara Beli Crypto di Binance?

Sebenarnya sangat mudah membeli crypto di Binance, berikut ini langkah-langkahnya:

Langkah 1: Silahkan pilih menu pasar dimana tersedia ratusan token atau koin crypto untuk dipilih

Langkah 2: Silahkan pilih salah satu aset crypto yang Anda prediksi akan menguntungkan. Disini saya akan mencoba memilih aset Bitcoin atau BTC.

Langkah 3: Silahkan klik beli di bagian bawah kanan pada chart yang menampilkan harga Bitcoin saat ini di pasar dunia.

Langkah 4: Setelah mengklik beli, akan tampilan menu berikutnya berupa layar yang menampilkan jangkauan harga Bitcoin yang bisa dibeli dalam mata uang Rupiah antara Rp 220.000 hingga Rp 71 juta. Silahkan masukkan jumlah uang yang disukai untuk membeli aset Bitcoin. Lalu silahkan klik tombol beli crypto di bawahnya, dan proses beli crypto pun selesai.

7. Bagaimana Cara Staking di Binance?

Staking koin kripto dapat diartikan sebagai sebuah aksi mengunci mata uang kripto Anda dimana diharapkan tindakan itu akan mendatangkan imbalan tambahan berupa koin-koin digital untuk Anda. 

Ini merupakan sebuah fitur cukup menarik pada platform Binance yang disukai banyak pengguna karena akan memberikan passive income kepada mereka. Mau tahu cara-cara staking di Binance? Mari perhatikan langkah-langkah berikut ini!

Langkah 1: Silahkan login pada akun Binance Anda dan lakukan deposit awal. Setelah itu pada menu beranda, Silahkan pilih ‘lainnya’ lalu pilih menu ‘staking’.

menu staking binance

Langkah 2:  Silahkan tentukan pilihan staking, apakah ingin DeFi atau locked

locked atau DeFi binance

Langkah 3: Setelah Anda menentukan pilihan pada langkah kedua, maka sekarang silahkan pilih salah satu crypto yang disukai. Misalnya saja dipilih coin BNB dengan pilihan periode mengunci selama 30 hari. 

locked bnb

Langkah 4: Silahkan masukkan jumlah aset yang ingin dibeli, lalu konfirmasikan. Cara staking di Binance selesai! Ingat ya, setiap koin crypto yang ingin Anda kunci di Binance memiliki batasan jumlah minimal dan maksimal.

konfirmasi pembelian binance

8. Bagaimana Cara Deposit Binance ?

Berikut ini merupakan langkah-langkah melakukan deposit di platform Binance:

Langkah 1: Silahkan klik tombol setor dana

Langkah 2: Setelah mengklik, akan tampil layar yang menampilkan berbagai jenis mata uang fiat yang bisa dipilih. Disini saya mencoba mengklik IDR/Rupiah, tapi ada pemberitahuan tidak bisa dilakukan sebab sedang ada pemeliharaan pada sistem. Karena itu, saya mencoba menyetor dengan mata uang EURO. 

Langkah 3:  Anda akan ditawarkan 3 (tiga) metode pembayaran deposit, yaitu Kartu Bank (Visa/MC), Dompet Advcash, dan P2P Express. Silahkan pilih salah satunya dan klik tombol lanjutan yang berada di bawahnya, maka proses deposit dana selesai. Seperti sudah saya terangkan di atas, bahwa Binance tidak mengenakan biaya deposit sama sekali.

9. Bagaimana Cara Withdraw Binance ?

Berikut ini langkah-langkah melakukan penarikan dana (withdrawal) dalam mata uang Rupiah:

Langkah 1: Silahkan lakukan login dan masuk ke bagian wallet yang berada pada bagian kanan bawah.

https://coinvestasi.com/wp-content/uploads/2021/02/536617-472x1024.jpg

Langkah 2: Pada halaman menu overview, silahkan pilih tombol withdrawal/penarikan.

https://coinvestasi.com/wp-content/uploads/2021/02/536618-472x1024.jpg

Langkah 3: Akan muncul layar yang menampilkan menu crypto dan fiat, silahkan pilih crypto dan kemudian pilih mata uang Rupiah (IDRT/Rupiah Token).

https://coinvestasi.com/wp-content/uploads/2021/02/536619-472x1024.jpg

Langkah 4: Ini adalah merupakan langkah terakhir untuk penarikan dana, dimana Anda harus menuliskan sebuah alamat bagi akun platform dalam negeri. Silahkan masukkan jumlah uang yang ditarik, dan kemudian klik tombol ‘Withdrawal’ di bagian tengah bawah. Proses penarikan pada Binance pun selesai. 

https://coinvestasi.com/wp-content/uploads/2021/02/536620-472x1024.jpg

10. Biaya-Biaya Binance yang Perlu ditimbangkan

  • Biaya Deposit

Sesuai keterangan dari website resminya, Binance tidak mengenakan biaya deposit apapun. 

  • Biaya Penarikan

Mulai dari $ 10 hingga $ 30.

Untuk setiap penarikan, para pengguna membayar biaya flat untuk menutupi biaya-biaya transaksi perpindahan mata uang kripto keluar dari akun Binance mereka.

Biaya penarikan ditentukan oleh jaringan blockchain dan dapat berfluktuasi tanpa pemberitahuan terlebih dahulu karena faktor-faktor seperti kemacetan jaringan. 

  • Biaya transaksi

Binance mengenakan biaya 0,1% untuk trading pada platform dan  biaya 0,5% untuk pembelian/penjualan secara cepat. 

Jadi sebenarnya, biaya transaksi yang perlu Anda bayarkan akan bergantung kepada nilai transaksi Anda pada Binance, artinya semakin tinggi nilai transaksi Anda, maka semakin tinggi biaya transaksinya, dan begitu juga sebaliknya. 

11. Layanan Pelanggan Binance

Sejauh ini, tim layanan pelanggan bekerja selama 24 jam dan 7 hari yang melayani para pelanggan dengan berbagai bahasa dunia.  Terdapat sejumlah cara mengontak bagian customer service (layanan pelanggan) Binance sebagai berikut:

  • Melalui chat

Jika Anda sudah punya akun pada platform trading Binance, maka Anda dapat mengontak mereka secara langsung via chat. Caranya Anda cukup login ke platform Binance, dan silahkan temukan menu chat pada sebelah kanan halaman utama platform. 

  • Melalui isi formulir permintaan

Cara lain untuk mengontak staf pendukung Binance adalah dengan mengisi formulir permintaan dan mengirimkannya.

  • Melalui berbagai media sosial resmi Binance

Satu cara lagi untuk mengontak mereka adalah dengan menghubunginya melalui sejumlah media sosial resmi mereka seperti Facebook, Twitter, Youtube, Instagram, Telegram dll dimana Anda bisa komen atau menanyakan hal-hal apa saja terkait pengalaman trading crypto di Binance.

 12. Perbandingan antara Binance Vs Indodax

Sebelum menutup Binance review ini, saya akan membandingkan platform Binance dengan platform Indodax dari sisi efisien dan efektivitas trading. Cukup menarik juga, sebab saya akan membandingkan sejumlah aspek Binance dengan sebuah exchange kripto lokal yang sangat populer di kalangan para trader kripto di Indonesia. 

Mari kita lihat tabel berikut ini sama-sama ya!

AspekBinanceIndodax
RegulasiTidak memiliki regulasi trading dan investasi yang jelasBAPPEBTI (Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi), Kemendag RI, dan Kominfo RI
Fitur-fitur tersediaDibekali dengan fitur-fitur trading yang cukup lengkap bagi para trader pemula, seperti limit, market, stop limit, OCO (One Cancels the Other), penggunaan margin leverage, dan tersedia trading pada aset futureDibekali fitur-fitur trading yang cukup lengkap bagi para trader, namun kurang lengkap, seperti instan order, limit order, stop order
Trading minimum$ 10 atau setara Rp 150.000Mulai dari Rp 10.000
Jumlah Minimal deposit$ 50Rp 500.000
Jumlah Minimal penarikanTergantung dari jenis uang crypto Mulai dari Rp 25.000
LeverageMulai dari 20% hingga 125% 1:1
Biaya transaksi0,1% untuk trading pada platform dan  biaya 0,5% untuk pembelian/penjualan secara cepat.0,3% untuk setiap jenis mata uang kripto yang dipasangkan dengan mata uang Rupiah
Platform tradingWeb, Android, IOSWeb, Android dan IOS
Lama verifikasiDalam hitungan menitMulai 1 hari hingga 2 minggu
Jumlah mata uang kripto500 lebih 180 lebih
Bahasa pendukung8 (delapan) bahasa duniaInggris dan Indonesia
Layanan pendukungLive chat, isi formulir, media sosialLive chat, call center, email
Layanan-layanan lainnya selain tradingStaking, launchpool, BNB Vault, Staking ETH 2.0, fasilitas pembelian Saham TokenTidak ada, hanya layanan trading saja

Baca Juga: Indodax Review Terbaru 2022: Indodax Penipuan? Apakah Indodax Terpercaya?

13. Opsi Alternatif untuk Binance 

Jika Anda berpikir bahwa Binance tidak menawarkan apa-apa yang Anda cari, maka akan selalu ada opsi alternatif lain yang perlu Anda pertimbangkan. Ya, trading dan investasi aset crypto pada Binance bisa jadi rumit dan ribet bagi Anda dengan proses registrasi dan KYC (Know Your Customer) yang cukup ribet, verifikasi identitas yang sangat lama, harga aset crypto yang sangat mahal, dan biaya-biaya trading yang cukup memeras saldo akun Anda. 

Saya punya solusinya untuk Anda, yang menawarkan berbagai kelebihan yang tidak didapatkan pada platform Binance. Apa itu? Ya, Anda perlu mencoba trading dengan konsep CFD (Contract for Differences). Lalu apa itu CFDs

CFDs adalah sebuah kontrak kesepakatan antara Anda dan broker pada sebuah produk trading/investasi seperti aset crypto ini dimana Anda akan meraih keuntungan dari adanya selisih yang muncul antara harga beli dan harga jual pada aset tersebut. Perlu diketahui, konsep ini tidak akan membuat Anda dapat memiliki aset itu secara  fisik atau sungguhan. 

Lalu apa saja kelebihan-kelebihan trading aset crypto dengan CFDs ini? Mari kita simak poin-poin berikut ini!

  • Anda akan tetap mendapat keuntungan pada saat nilai crypto di pasar global sedang turun atau naik. 
  • Menawarkan lebih banyak kesimpelan dan kemudahan dalam trading crypto, salah satunya adalah Anda tidak perlu buat akun pada sebuah bursa crypto dan Anda juga tidak perlu mempunyai sebuah wallet crypto. Ini pasti akan menghemat waktu, biaya dan tenaga Anda, bukan begitu?
  • Dan yang terpenting dari ini semua adalah Anda tidak perlu modal yang besar untuk memulai trading pada aset crypto ini, sebab biasanya para broker online yang menawarkan konsep CFDs ini, akan memberikan Anda sebuah fasilitas bernama rasio leverage yang cukup besar yang akan memperbesar volume trading Anda meskipun modal Anda sangat terbatas. 

Apabila Anda tertarik dengan konsep CFDs ini, maka saatnya bagi Anda untuk memilih sebuah broker trading online yang aman dan terpercaya. Saya mengerti ada ratusan hingga ribuan broker yang menawarkan berbagai keunggulan trading untuk para pelanggannya, ini semua pasti membuat Anda bingung untuk menentukan sebuah pilihan broker yang tepat.

Tapi, jangan bingung, sebab saya akan merekomendasikan kepada Anda salah satu broker trading terbaik dan teraman di tahun 2022, bernama broker Mitrade. Ya, broker asal Australia ini menawarkan trading pada aset crypto dengan konsep CFDs tersebut. Lalu kenapa saya rekomendasikan Mitrade sebagai sebuah broker yang paling tepat di tahun ini? Berikut ini alasannya:

  1.  Broker Mitrade adalah sebuah broker yang legal karena sudah memperoleh lisensi operasional dari 2 badan keuangan regulator dunia sekaligus, yaitu ASIC (Australian Securities and Investments Commission) dan CIMA (Cayman Islands Monetary Authority).
  1. Memiliki reputasi global yang mengagumkan dimana dibuktikan dengan prestasinya yang gemilang dalam meraih berbagai penghargaan internasional seputar pengalaman para pelanggan yang sangat puas akan performa broker ini. Di antara prestasinya antara lain Broker Terbaik se-kawasan Asia, Platform trading seluler terbaik di dunia, dan banyak lagi. 
  1. Menawarkan berbagai opsi trading dan investasi yang menarik dan juga menguntungkan selain aset crypto seperti saham-saham AS, berbagai pasangan mata uang, komoditas, emas, dll.  
  1. Menawarkan segala kemudahan dan kecepatan dari proses pendaftaran dan pembuatan akun hingga proses deposit dan penarikan dana yang semuanya dapat dilakukan dalam hitungan menit saja.
  1. Tidak perlu biaya yang banyak untuk bisa membeli aset crypto berkat pemberian rasio leverage-nya yang cukup besar. Dengan deposit awal yang sangat terjangkau sebesar $ 50, Anda sudah bisa memiliki aset crypto yang diinginkan. 
  1. Tersedia akun demo secara gratis dengan uang virtual yang sangat besar  yaitu $ 50.000 yang bisa Anda gunakan untuk melatih dan mengasah skill trading Anda. Oh iya, pembuatan akun demo juga sangatlah mudah dimana prosesnya tidak lebih dari 5 menit saja.

Sebenarnya ada banyak keunggulan broker Mitrade yang masih belum disebutkan di atas, seperti pembebanan zero komisi, spread yang rendah, zero biaya transaksi pada aset crypto dan banyak lagi. Anda juga dapat mengakses Mitrade melalui platform tradingnya baik untuk versi web maupun versi mobile-nya. Jika Anda berminat mengetahui lebih lengkap mengenai broker Mitrade, silahkan saja baca artikel kami mengenai review Mitrade

Kesimpulan

Saya sudah menjelaskan secara lengkap apa itu Binance dan Binance Indonesia review yang mungkin Anda perlukan saat memilih sebuah exchange asing yang aman dan terpercaya. Platform trading Binance ini cukup baik bagi para trader crypto pemula dan para profesional yang mau untung besar.

Hanya saja, kita pernah mendengar sejumlah kasus yang dialami Binance di sejumlah negara seputar legalitas Binance, yang membuat para trader perlu berpikir dua kali sebelum memilih platform ini untuk menjamin keselamatan dan keamanan dana mereka. Untuk itu jika Anda mau dan tertarik, Anda bisa membuka akun trading pada sebuah broker trading online yang aman dan terpercaya serta menawarkan banyak kelebihan untuk trading seperti broker Mitrade dibandingkan platform Binance ini.

Selamat trading kripto ya, dan semoga sukses selalu!  

Bagikan Artikel

10 Komentar

  1. Halo bang, artikelnya menarik dibaca dan lengkap poin2 nya, boleh share ya artikel ini untuk temen2 saya? Terima kasih sebelumnya

  2. Saya pernah buka app binance tuk android..itu size nya 160 mb..jadi memang cukup besar..perlu wifi yang cepet juga…btw artikelnya bagus ya dan mudah difahami…saya suka baca artikel2 lainnya

  3. Well done…iya. binance saat ini sedang ada pemulihan sistem pembayaran rupiah..terus verifikasi identitas juga bisa makan waktu 2 mingguan…harus cari opsi lain ya

    • Terima kasih sudah membaca artikel kami tentang ulasan Binance, silahkan baca artikel-artikel lainnya dan jangan lupa untuk membagikannya ya!

  4. Menurut pengalaman gue, ya bener banget binance cukup repot proses registrasinya.. Bisa berhari hari gitu… Jadi perlu cari opsi lain yg lebih efisien aja

  5. Bagus artikelnya, bahasanya gampang dicerna, good job buat easylabur, semoga ke depannya jadi website paling populer di Indonesia

    • Terima kasih atas apresiasinya, dan juga merasa senang anda bisa bermaanfaat dari artikelnya,dan silahkan baca artikel-artikel kami yang lainnya ya

Tinggalkan Balasan